Pelaksanaan RDI, Masih Ada Dana Perusahaan Efek di KSEI

PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) membenarkan masih adanya dana perusahaan efek (PE) milik investor yang berada di KSEI. Direktur Utama KSEI Ananta Wiyogo mengatakan, dana yang berada di KSEI memang diperbolehkan untuk ditempatkan di sana. Namun, dia menggarisbawahi, hal itu akan mempengaruhi modal kerja bersih disesuaikan (MKBD) PE.

"Dana di KSEI itu statusnya boleh ditempatkan di KSEI, tapi tetap itu akan mempengaruhi modal kerja bersih disesuaikan (MKBD)," katanya di Jakarta akhir pekan kemarin.

Saat dikonfirmasi bagaimana penerapan Rekening Dana Investor (RDI), dan berapa jumlah investor yang belum melakukan pemisahan rekening dana, dia masih enggan menjelaskan lebih jauh. Namun, dia memastikan jika proses tersebut sudah berjalan sebagaimana mestinya. "Yang jelas mereka mindahin uang, dan semua proses berjalan. Kalau untuk yang lainnya, nanti akan dijelaskan pada waktunya," tambahnya.

Sebagaimana diketahui, pada 1 Februari 2012, Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) selaku otoritas pasar modal menetapkan berlakunya pemisahan dana investor di pasar modal dengan dana perusahaan efek atau broker.

Sejak lahirnya Undang-Undang (UU) No 8 Tahun 1995 tentang Pasar Modal, baru pada 1 Februari 2012 inilah harta nasabah benar-benar terpisah secara tegas dengan harta Perusahaan Efek (PE) selaku Perantara Pedagang Efek (PPE). (bani)

Related posts