Mazda CX-5 Baru Tawarkan Desain Berbeda dan Kontrol Responsif

Mazda siap memasarkan crossover SUV Mazda CX-5 yang telah diperbarui, tidak hanya dalam desain, model ini juga mendapatkan tambahan mesin 2.5 liter turbo sebagai pilihan. Mazda Motor Corporation juga sudah membuka pemesanan (pre-order) Mazda CX-5 baru itu dimulai dari diler-diler di Jepang, dan model itu akan mulai dipasarkan 22 November mendatang.

Mazda CX-5 baru ini menawarkan desain yang berbeda, kontrol responsif, dan diklaim lincah dalam situasi berkendara sehari-hari, kata Mazda dalam pernyataan resminya, disalin dari Antara. Selain varian standar, Mazda juga menawarkan edisi khusus CX-5 Exclusive Mode, sebagai varian tertinggi yang menggabungkan material pilihan dan modernitas.

Dijual di 120 negara dan menyumbang seperempat volume penjualan Mazda, CX-5 merupakan saingan Honda CR-V, Kia Sportage, Mitsubishi Outlander Sport, dan sekelasnya. Berbeda dengan model sebelumnya, Mazda CX-5 baru ini tersedia juga dalam pilihan mesin bensin SKYACTIV-G 2.5T, selain yang 2.0-liter, membuatnya sebagai model pertama di Jepang dengan powertrain turbocharged 2,5 liter.

Untuk model bermesin diesel SKYACTIV-D 2,2 tersedia untuk pertama kalinya dengan transmisi manual 6-percepatan. Sebagai varian tertinggi, CX-5 Exclusive Mode interiornya digarap lebih halus dengan bahan kualitas tinggi, seperti kulit Nappa dan panel dekoratif woodgrain yang menciptakan kabin lebih soft. Mazda mengatakan akan terus melakukan pembaruan berkala model-model yang sudah dikeluarkan.

Sebelumnya, Mazda Motor Corp mengumumkan semua kendaraan yang diproduksi pada tahun 2030 akan menggabungkan elektrifikasi, sementara 5 persen mobilnya akan menjadi kendaraan sepenuhnya listrik (EV).

Produsen mobil Jepang itu bergabung dengan perusahaan mobil global lain yang berencana untuk mengurangi emisi dengan memproduksi lebih banyak kendaraan bermesin hibrida-bensin, hibrida plug-in, dan baterai EV.

"Pada 2030, Mazda mengharapkan bahwa mesin pembakaran internal dikombinasikan dengan beberapa bentuk elektrifikasi akan mencapai 95 persen dari kendaraan yang dihasilkannya dan kendaraan listrik baterai akan mencapai 5 persen," kata pembuat mobil itu dalam sebuah pernyataan dilansir Reuters.

Mazda telah mengatakan bahwa pihaknya berencana memasarkan all-battery EV pada tahun 2020. Kemudian pada hari ini mereka mengungkapkan akan mengembangkan dua baterai EV, satu yang akan didukung sepenuhnya oleh baterai dan yang lain yang akan memasangkan baterai dengan rentang extender yang didukung oleh mesin putar mobil.

Sementara itu, Distributor resmi Mazda di Indonesia, PT Eurokars Motor Indonesia (EMI), mematok target penjualan sebanyak 8.000 unit hingga akhir tahun 2018.

Presiden Direktur PT EMI Roy Arman Arfandy optimistis target tersebut dapat tercapai dengan proyeksi akan terjadi peningkatan penjualan pada kuartal kedua tahun ini. Adapun penjualan Mazda sepanjang 2017 hanya berjumlah 3.861 unit. "Target di Indonesia 8.000 unit," kata Roy Arman Arfandy.

Sepanjang periode Januari-April 2018, Mazda membukukan penjualan partai besar dari pabrik ke diler (wholesales) sebanyak 1.791 unit, atau rata-rata 448 unit per bulan. Padahal untuk mencapai 8.000 unit per bulan, Mazda  setidaknya membutuhkan penjualan rata-rata 670 unit per bulan.

Untuk itu, Roy meyakini akan ada kenaikan penjualan pada kuartal kedua menjadi rata-rata 500 sampai 600 unit per bulannya. Optimisme Mazda di Indonesia juga terlihat dari penjualan selama pameran IIMS 2018 yang di luar ekspektasi PT EMI.

BERITA TERKAIT

Lindungi UKM Industri Otomotif

NERACA Jakarta – Sebagai upaya melindungi UKM (Usaha Kecil Menengah) industri otomotif khususnya produsen knalpot, Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM)…

Warna Baru Filano Hybrid-Connected Lebih Berkelas

NERACA Jakarta – Produk CLASSY Yamaha terus memiliki banyak peminat, seperti Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected. atas dasar itulah Yamaha Grand Filano…

ECSTAR Oil 0W-16 SN Siap Lindungi Komponen Mesin

NERACA Jakarta – Sebagai perusahaan otomotif yang bertanggung jawab dalam menyediakan layanan purna jual yang bertujuan untuk menjaga kualitas produknya,…

BERITA LAINNYA DI Otomotif

Lindungi UKM Industri Otomotif

NERACA Jakarta – Sebagai upaya melindungi UKM (Usaha Kecil Menengah) industri otomotif khususnya produsen knalpot, Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM)…

Warna Baru Filano Hybrid-Connected Lebih Berkelas

NERACA Jakarta – Produk CLASSY Yamaha terus memiliki banyak peminat, seperti Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected. atas dasar itulah Yamaha Grand Filano…

ECSTAR Oil 0W-16 SN Siap Lindungi Komponen Mesin

NERACA Jakarta – Sebagai perusahaan otomotif yang bertanggung jawab dalam menyediakan layanan purna jual yang bertujuan untuk menjaga kualitas produknya,…