Ical: Pelajar SMK Harus Mandiri - Kota Sukabumi

Sukabumi - Dalam rangkaian rodshownya selama dua hari ke berbagai sekolah kejuruan di Kota Sukabumi, Aburizal Bakrie yang juga mantan Menko Kesra pada Kabinet Indonsia bersatu (KIB) I mengunjungi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Kota Sukabumi. Di sekolah kejuruan yang terkenal dengan memproduksi alat pertanian,membuat film dan merakit motor tersebut, Aburizal Bakrie yang akrab disapa ical itu memberikan motivasi kepada siswa SMK dan SMA di Kota Sukabumi dalam merintis usaha.

Dalam kunjungannya itu, Ical didampingi Ketua DPD Partai Golkar Jabar, H Irianto MS Safiuddin (Yance), Walikota Sukabumi H M Muslikh Abdussyukur, Wakil Walikota Sukabumi H Mulyono, anggota DPR RI Dapil Sukabumi Dewi Asmara, dan Ketua DPD Golkar Kota dan Kabupaten Sukabumi.

Dalam kesempatan tersebut Ical mengatakan, kegiatan ini dalam rangka memberikan suatu motivasi ke sekolah-sekolah SMK (kejuruan), sehingga mereka bisa menghidupi sendiri, membiaya sendiri. Jadi, Ical berharap agar pelajar tidak hanya berorientasi mencari pekerjaan, tapi harus berfikir untuk membuka usaha.

Sementara itu, Kepala SMKN 1 Kota Sukabumi H Wahyuto MT mengatakan, kedatangan Ketum Partai Golkar tersebut menambah motivasi siswanya agar lebih baik di masa mendatang. Bahkan, ke depan Wahyuto berharap bisa bekerjasama dengan perusahaan di bawah bendera Grup Bakrie. ”Kami ingin menjajaki kerjasama magang dengan perusahaan Bakrie, karena sekolah yang saya pimpin ini program studinya sesuai dengan kebutuhan perusahaan”, kata dia.

Wahyuto menjelaskan, anak didiknya sudah pandai merakit motor dimana tahun 2011 sekolah yang sarat dengan prestasi tersebut sudah merakit 55 motor, dan 24 motor sudah dipasarkan. Selain merakit motor, sekolahnya juga saat ini sedang memproduksi alat pertanian, diantaranya mesin pencabut rumput dan pencacah jerami.

Untuk pencacah jerami memang sudah dipasarkan ke berbagai daerah di tanah air berkat kerjasama dengan Dinas Pertanian di sejumlah daerah diantaranya Garut, Sumedang, dan Karawang. (arya)

Related posts