PNM Targetkan 600 Pemodal Mikro

NERACA

Banda Aceh--- PT Permodalan Nasional Madani menargetkan bisa melayani 600 Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM. Sehinga dapat melayani akses permodalan yang tersebar pada 2.500 kecamatan di Tanah Air. “Kehadiran ULaMM nantinya diharapkan dapat memberikan akses modal bagi kalangan usaha kecil mikro di Tanah Air, " kata Dirut PT PNM, Parman Nataatmadja disela-sela peresmian Kantor PT PNM cabang Banda Aceh oleh Mantan Menteri Negara BUMN Musatafa Abubakar di Banda Aceh, Minggu.

Disebutkan Parman, jumlah ULaMM yang ada saat ini tercatat sebanyak 477 unit dan telah memberikan dukungan finansial dan pembangunan kapasiatas usaha mikro kecil bagi 85.020 pelaku usaha mikro kecil yang tersebar di 26 provinsi di Tanah Air.

Dijelaskannya, hingga Akhir Februari 2012 total pembiayaan yang disalurkan PT PNM melalui melalui ULaMM mencapai Rp5,141 triliun. Pihaknya optimistis dengan hadirnya ULaMM diseluruh pelosok tanah air akan mampu memberikan pelayanan kepada seluruh usaha kecil mikro yang membutuhkan pembiayaan sebagai upaya meningkatkan usaha.

Parman menambahkan, di Provinsi Aceh memiliki delapan ULaMM yakni Pasar Aceh, Ulee Kareng, Bireuen, Lhokseumawe, Sigli, Meulaboh, Langsa dan Kuala Simpang. Adapun total pembiayaan yang telah disalurkan melalui ULaMM hingga akhir tahun 2011 di provinsi berpenduduk sekitar 4,6 juta jiwa itu mencapai Rp56 miliar dengan jumlah nasabah 1.025 UMK dengan tingkat NPL 1,58%.

Pihaknya akan bekerja maksimal agar UMK yang ada di Aceh dapat terus mengembangkan usahanya melalui dampingan modal dan peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia di masa mendatang. **cahyo

Related posts