Ditunggu Calon Dirut Bank Sulteng

NERACA

Palu---Bank Indonesia Palu saat ini menunggu nama-nama calon direktur utama dan komisaris PT Bank Sulteng yang hingga saat ini belum diajukan gubernur. "Bank Indonesia menunggu secepatnya karena Bank Sulteng saat ini sedang pincang, tanpa pemimpin," kata Deputi Pemimpin Bank Indonesia Palu Wuryanto di Palu,

Menurut Wuyanto, pengisian jabatan direktur utama di Bank Sulteng seharusnya sesegera mungkin agar bisa meningkatkan kinerja bank milik Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah ini. Karena itu, BI akan malakukan tes kepatutan dan kelayakan calon direktur utama dan komisaris jika namanya sudah diajukan gubernur.

Lebih jauh Wuryanto berharap para calon berasal dari kalangan profesional dan mengerti seluk beluk perbankan karena kondisi Bank Sulteng saat ini dinilai belum normal. Jabatan Direktur Utama Bank Sulteng telah kosong sejak 28 Februari 2012 setelah Ilham Soeroer yang menjadi dirut saat itu dicopot melalui rapat umum pemegang saham luar biasa.

Pencopotan itu terjadi karena pemegang saham menilai kinerja Ilham buruk dan tidak bisa menyelesaikan masalah kredit macet selama satu tahun masa kepemimpinannya. Sementara itu, Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola mengaku sudah mengantongi sejumlah calon direktur umum dan calon komisaris Bank Sulteng.

Gubernur mengatakan paling cepat Mei 2012 mengajukan nama-nama calon komisaris dan direktur utama Bank Sulteng. Saat ini sejumlah nama yang mengemuka dan diprediksi menjadi komisaris adalah Karim Hanggi (Ketua Partai Hanura dan mantan Bupati Buol), Irianto Malingong (mantan Bupati Banggai), serta Yusuf Butudoka (mantan Dirut Bank Sulteng). **cahyo

Related posts