Bank BJB Didik UKM Mahasiswa Unpar

NERACA

Bandung--PT Bank Pembangunan Daerah Jabar Banten Tbk (Bank BJB) menggandeng Universitas Parahyangan Bandung dalam program pendampingan dan pembinaan pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM). "Program ini merupakan sinergitas dengan potensi kampus untuk pendampingan dan pembinaan UKM, dengan sistem dan modul yang disusun bersama diharapkan UKM bisa tumbuh dengan baik ke depannya," kata Direktur Utama Bank, BJB Bien Subiantoro di Bandung, Sabtu.

Langkah itu, kata Bien, sinergis dengan program Bank BJB dalam pengembangan sektor UKM, selain menyalurkan kredit mikro, kecil dan menengah, juga mempersiapkan pelaku usaha agar bankable. "Salah satunya, kami juga menawarkan mahasiswa Unpar bisa magang di Waroeng BJB disamping melakukan pendampingan langsung ke UKM," ujarnya

Bien menyebutkan, target Bank BJB akan meningkatkan ekspansi kredit mikro sehingga penyalurannya mencapai pertumbuhan 100 persen yakni dari Rp3 miliar pada 2011 menjadi Rp6 miliar pada 2012.

Rektor Universitas Parahyangan Robertus Wahudi menyatakan pihaknya menyambut baik sinergitas dengan Bank BJB dalam pengembangan dan edukasi UKM di Jawa Barat. Tahap pertama, Unpad akan membina 60 pelaku UKM yang menjadi debitur Bank BJB. "Kami di Unpar memiliki misi sama dalam pengembangan UMKM, sehingga terjalin sinergitas. Tahap pertama kami membina 60 UKM, selanjutnya akan dikembangkan," kata Robertus Wahyudi.

Menurut Robertus Wahyudi, para peserta program pembinaan ini akan mengikuti workshop yang berisi ilmu teori dan praktis tentang UKM. Kemudian, akan ada pendalaman atau coaching class untuk merumuskan bentuk-bentuk usaha yang dapat atau sedang digeluti pelaku UKM. "Program ini akan dilaksanakan secara berkesinambungan, tahap pertama sampai akhir tahun 2012," katanya. **cahyo

Related posts