Citigroup Dan Macquaire Beli 3,7 Juta Saham Petrosea

Citigroup Global Markets Limited dan Macquaire Capital (Singapore) Pte Limited telah melaksanakan opsi membeli saham-saham tambahan PT Petrosea Tbk (PTRO). Direktur PT Indika Energy Tbk (INDY) Aziz Sarmand menjelaskan, jumlah saham tersebut sebanyak 3,782 juta lembar saham dengan harga penawaran Rp36 ribu per saham.

Sehingga nilai transaksi ini sebesar Rp136,15 miliar. "Transaksi tersebut dilakukan pada 24 Februari lalu," kata Aziz dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis (1/3).

Dia menuturkan, tujuannya adalah sebagai pelaksanaan dari ketentuan dalam perjanjian pembelian (purchase agreement) di mana dua lembaga keuangan asing tersebut bertindak sebagai initial purchaser mendapatkan opsi untuk membeli saham Petrosea tersebut.

Indika Energy melepas sebanyak 28.997.000 lembar saham PT Petrosea Tbk (PTRO), setara dengan 28,75 persen dari total sahamnya dengan harga penawaran Rp36 ribu per saham.

Azis menambahkan, perseroan melakukan private placement atas saham Petrosea ini. Untuk itu perseroan telah menandatangani dokumen perjanjian, termasuk perjanjian pembelian (purchase agreement) pada 3 Januari lalu.

Di mana Indika bertindak sebagai selling shareholder dengan Petrosea, Citigroup Global Market Limited dan Macquarie Capital (Singapure) Pte Ltd sebagai initial publisher. Sementara Mandiri sekuritas bertindak sebagai co manager.

Dalam perjanjian tersebut disebutkan Indika akan melepas 25.215.000 saham Petrosea (25%), dengan opsi untuk membeli saham tambahan sebanyak 3.782.000. Apabila saham opsi dilaksanakan seluruhnya maka akan berjumlah sebanyak 28.997.000 saham atau mewakili 28,75% dari total saham Petrosea.

Dengan harga penawaran Rp36 ribu per saham, (termasuk saham opsi) maka total nilainya sebesar Rp1,044 triliun. Transaksi ini dilakukan Indika Energy lantaran kewajiban untuk melakukan pengalihan saham Petreosea kepada publik minimal sebesar 16,6% atau sekira 16.743.720 lembar saham yang merupakan hasil pelaksanaan tender offer yang dilakukan oleh INDY setelah mengambil alih saham Petrosea. (bani)

Related posts