Sri Mulyani Dinobatkan Jadi Menteri Keuangan Terbaik

NERACA

Bali - Sri Mulyani Indrawati memperoleh penghargaan sebagai Menteri Keuangan terbaik di kawasan Asia Timur dan Pasifik versi majalah Global Markets. Penghargaan tersebut diberikan kepada Sri Mulyani di sela-sela Pertemuan Tahunan IMF-WB di Nusa Dua, Bali, Sabtu (13/10) malam.

Global Markets menilai Sri Mulyani layak menerima penghargaan ini karena mampu mengelola kondisi fiskal dengan defisit anggaran terjaga dibawah tiga persen. Hal ini terlihat dari realisasi penerimaan pajak yang mencapai 91 persen dari target dan penyerapan belanja pemerintah sebesar 97 persen pada 2017 atau lebih tinggi dari tahun-tahun sebelumnya.

Sri Mulyani juga mempunyai peran yang signifikan dalam menurunkan angka kemiskinan yang saat ini telah tercatat mencapai satu digit dan menekan tingkat kesenjangan. Dalam kata sambutannya, Sri Mulyani mengatakan raihan prestasi ini bukan hanya pencapaian pribadi, karena hasil ini juga merupakan kerja keras seluruh pegawai Kementerian Keuangan.

"Tentu kita harus meneliti standar mereka. Jika menyebutkan bahwa efektivitas dan kredibilitas APBN, saya rasa itu kriteria yang cukup baik karena menunjukkan apa yang selama ini Kementerian Keuangan lakukan," katanya.

Ia mengatakan upaya pengelolaan fiskal bukan merupakan hal yang mudah dalam kondisi perekonomian global dilanda ketidakpastian. Namun, Sri Mulyani akan terus melakukan upaya terbaik agar realisasi penerimaan pajak tidak meleset terlalu jauh dari target melalui sejumlah program ekstensifikasi.

Beberapa di antaranya melalui perolehan data Wajib Pajak dari program pengampunan pajak maupun pertukaran akses informasi secara otomatis. Selain itu, ia memastikan adanya perbaikan kualitas belanja pemerintah agar bisa meningkatkan tingkat kesejahteraan dan kemakmuran bagi masyarakat.

Global Markets merupakan majalah berita terkemuka di bidang ekonomi internasional yang 30 tahun terakhir telah menjadi salah satu acuan bagi para pelaku dan institusi di sektor ekonomi dan keuangan internasional. Sebelumnya, Sri Mulyani juga telah memperoleh beberapa penghargaan seperti Menteri Keuangan terbaik Asia 2006 oleh Emerging Markets Forum di Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia di Singapura pada 2006.

Selain itu, Sri Mulyani ikut dinobatkan sebagai Menteri Keuangan terbaik 2006 oleh majalah Euromoney dan wanita paling berpengaruh ke-23 di dunia versi majalah Forbes 2008. Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini juga dinobatkan sebagai menteri terbaik dunia pada World Government Summit di Dubai, Februari 2018.

BERITA TERKAIT

OJK : Kepercayaan Terhadap Pasar Keuangan Meningkat

    NERACA Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan ada indikasi bahwa kepercayaan investor terhadap pasar keuangan Indonesia pada…

Bhineka Life dan OJK Gelar Literasi Keuangan untuk Guru

    NERACA   Bandung - PT Bhinneka Life Indonesia (Bhinneka Life) bekerja sama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional…

Pemkot Bandung Optimistis Raih Predikat Terbaik SP4N

Pemkot Bandung Optimistis Raih Predikat Terbaik SP4N NERACA Bandung - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung optimistis meraih predikat terbaik dalam Sistem…

BERITA LAINNYA DI BERITA EKONOMI

Pentingnya Informasi Geospasial untuk Perencanaan Pembangunan

    NERACA   Jakarta - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro menekankan pentingnya informasi geospasial bagi perencanaan pembangunan…

ADB Setujui Pinjaman US$500 juta untuk Pemulihan Bencana

      NERACA   Jakarta - Bank Pembangunan Asia (ADB) menyetujui pinjaman bantuan darurat senilai 500 juta dolar AS…

Kawal Pengembangan Inovasi Obat dan Makanan Indonesia - Kolaborasi BPOM-RI &Kemenristek Dikti

    NERACA   Jakarta – Menurut Industry Facts and Figures 2017 yang dipublikasikan Kementerian Perindustrian, pada tahun 2016 industri…