Penjualan APLN Baru Capai 40% Dari Target - Bisnis Properti Lesu

NERACA

Jakarta –Di kuartal tiga 2018, PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN) berhasil membukukan nilai pemasaran atau marketing sales sebesar Rp1,94 triliun atau baru sekitar 40% dari target perseroan tahun ini Rp4,9 triliun. Kinerja pemasaran sepanjang tahun ini, menurut perseroan memang masih berat bagi emiten properti, termasuk perseroan.

Kata Cesar Dela Cruz, Direktur Keuangan Agung Podomoro Land, dengan target sebesar Rp4,9 triliun, artinya perseroan harus mengejar nilai pemasaran hampir Rp3 triliun pada kuartal keempat ini. Namun, Cesar mengatakan target Rp4,9 triliun termasuk turut memperhitungkan rencana penjualan lahan senilai Rp750 miliar yang mana kemungkinan tidak jadi direalisasikan.

Bila demikian, berarti perseroan akan mengejar target sekitar Rp4,2 triliun atau tersisa sekitar Rp2,3 triliun lagi.”Memang pasarnya masih lesu, masih soft. Mungkin sesudah Oktober saya baru bisa sampaikan berapa kira-kira kalau targetnya mau disesuaikan lagi,”ujarnya di Jakarta, kemarin.

Cesar menuturkan, perseroan belum akan meluncurkan proyek baru di sisa tahun ini untuk mendukung pemasaran, sebab permintaan properti secara umum masih lemah. Namun, perseroan menyiapkan strategi pemasaran khusus untuk memberikan promosi bagi pelanggan perseroan.

Program ini merupakan bagian dari peringatan 49 tahun Agung Podomoro Land. Perseroan memberikan harga khusus kepada pelanggan untuk seluruh proyek perseroan dan memberikan kemudahan metode pembayaran.”Tahun ini Agung Podomoro sudah 49 tahun, kami bikin program misalnya pembayarannya 49 kali angsuran untuk mengajak orang masuk,” katanya.

Wibisono, Head of Investor Relation Agung Podomoro Land, mengatakan bahwa bila dibandingkan pada periode yang sama tahun lalu, kinerja marketing sales perseroan hingga September tahun ini mengalami penurunan. Hingga September 2017, marketing sales perseroan mencapai Rp2,8 triliun. Akan tetapi, capaian tersebut termasuk penjualan lahan industri 216 hektare di Karawang senilai Rp1,4 triliun.

Disampaikannya, bila nilai penjualan khusus tersebut tidak ikut dihitung, maka capaian marketing sales per September 2017 adalah Rp1,4 triliun.”Kalau tahun ini hingga kuartal ketiga mencapai Rp1,9 triliun, tetapi pure hanya jualan hunian tanpa ada jualan lahan industri. Jadi, kalau apple to apple sebenarnya naik,” katanya.

Adapun, hingga akhir semester pertama tahun ini, APLN sudah membukukan marketing sales Rp1,42 triliun. Dengan demikian, pada periode kuartal ketiga saja, capaian marketing sales hanya Rp520 miliar. Hingga akhir tahun lalu, APLN berhasil membukukan marketing sales sebesar Rp5,07 triliun. Target sebesar Rp4,9 triliun tahun ini relatif lebih kecil dibandingkan tahun lalu.

BERITA TERKAIT

Indonesia Motorcycle Show 2018 Bukukan Penjualan 1.332 Unit

Pameran Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018 resmi ditutup pada Minggu (4/11). Selama lima hari penyelenggaraan, ajang pameran kendaraan roda dua…

Andri Sukses Merakit Bisnis Ratusan Juta Rupiah - Kisah Pelapak Bukalapak

Komitmen Bukalapak sebagai perusahaan teknologi yang memiliki visi memberdayakan UKM di seluruh Indonesia melalui pemanfaatan teknologi, terus dilakukan dengan berbagai…

Sulap Ponsel Android Lama jadi Baru

Tak dimungkiri, permasalahan yang dihadapi pengguna smartphone Android adalah adopsi sistem operasi yang tidak merata. Sejumlah vendor smartphone kerap kesulitan…

BERITA LAINNYA DI BURSA SAHAM

HRUM Targetkan Penjualan 4,8 Juta Ton

Hingga akhir tahun 2018, PT Harum Energy Tbk. (HRUM) menargetkan volume produksi dan penjualan batu bara mencapai 4,8 juta ton.…

BNBR Private Placement Rp 9,38 Triliun

Lunasi utang, PT Bakrie & Brothers Tbk. (BNBR) berencana mengonversi utang dengan melakukan Penambahan Modal Tanpa Hak Memesan Efek Terlebih…

Danai Pelunasan Utang - Chandra Asri Rilis Obligasi Rp 500 Miliar

NERACA Jakarta – Jelang tutup tahun, emisi penerbitan obligasi masih ramai dan salah satunya PT Chandra Asri Petrochemical Tbl (TPIA)…