Garudafood Perluas Pasar di Asia Tenggara - Targetkan Volume Ekspor Tumbuh 10%

NERACA

Jakarta- Setelah sukses mencatatkan saham perdananya di pasar modal, PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk (GOOD) terus memacu ekspansi bisnis dengan rencana meningkatkan volume penjualan ekspor perseroan lebih dari 10%. Saat ini volume penjualan ekspor perseroan berkisar 5% dari total penjualan perseroan.

Direktur Utama PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk, Hardianto Atmadja mengatakan, Garudafood mengincar negara-negara Asia terutama di Asia Tenggara dalam proses peningkatan volume ekspor produk-produknya.”Kami harapkan minimal double digit ekspor itu secara perlahan hingga 2-3 tahun kedepan karena market ekspor itu cukup menjanjikan. Jadi milestone kami menjadi perusahaan yang go internasional kedepannya," ujarnya di Jakarta, kemarin.

Lebih lanjut, saat ini perseroan sedang berfokus untuk meningkatkan fasilitas produksi di tiga pabrik yang dimiliki perseroan. Tahun ini, Garudafood mengalokasikan anggaran belanja modal (capital expenditure/capex) senilai Rp 800 miliar untuk pengembangan usahanya. Hingga saat ini anggaran belanja modal sudah direalisasikan sebesar 70%.

Disampaikan Hardianto, capex sebenarnya selalu menambah fasilitas produksi. Sedangkan untuk tahun depan perseroan belum memiliki proyeksinya. Karena kalau penambahan mesin setidaknya butuh waktu 6 bulan mulai dari pemesanan. Sedangkan pada tahun ini, Garudafood menargetkan pendapatan dan leba bersih perseroan tahun ini tumbuh di atas rata-rata industri yakni lebih dari 10%.”Karena dari sisi volume penjualan saja per April itu sudah tumbuh 13% year on year (YoY). Kuartal IV juga tren-nya lebih bagus biasanya karena ada hari raya Natal dan Tahun Baru,"kata Hardianto.

Tahun depan, lanjutnya, perseroan berencana menambah satu pabrik barunya. Lokasi dari pabrik tersebut direncanakan tidak jauh dari beberapa fasilitas produksi yang telah dimilik Garudafood. Saat ini perusahaan mengoperasikan tiga fasilitas produksi dan pabrik di Pati Jawa Tengah, Gresik Jawa Timur dan di Kawasan Industri Rancaekek Sumedang, Jawa Barat yang seluruhnya memproduksi produk-produk Garudafood.”Ini masih rencana, jadi kita tunggu tanggal mainnya. Yang pasti ada pabrik baru di tahun depan, dan kami akan announce serta prospeknya nanti seperti apa," ungkap Hardianto.

Sebagai informasi, pada debut perdana di pasar modal saham GOOD melesat tajam yakni sebesar 49,81% dari harga penawaran perdana yang senilai Rp 1.284 per lembar saham menjadi Rp 1925 per lembar. Volume transaksi GOOD pada saat pembukaan tercatat sebanyak 1.585 unit saham saham senilai Rp 305,11 juta.

Kata Komisaris Utama Garudafood, Sudhamek Agoeng, aksi korporasi go public sudah direncanakan sejak 10 tahun silam. Namun, rencana itu baru terealisasi saat ini. Melalui IPO, Garudafood berhasil meraih dana senilai RP979,48 miliar. Garudafood menerbitkan saham baru sebanyak 762,84 juta termasuk saham yang diterbitkan kepada Pelican Company Ltd. sebanyak 727,84 juta dalam dalam rangka konversi mandatory convertible bond (MCB).”IPO merupakan milestone bagi perusahaan keluarga. Ini tahapan baru, karena harus ada transformasi dari perusahaan keluarga menjadi perusahaan terbuka,”ujarnya.

Sudhamek menuturkan, transformasi yang harus dilakukan adalah meningkatkan transparansi dan good corporate governance (GCG). Sementara Direktur dan Corporate Secretary Garudafood, Paulus Tedjosutikno menambahkan, sebagai produsen produk makanan dan minuman, Garudafood mencatatkan kinerja yang sangat solid. Selama periode 4 bulan hingga April 2018, penjualan tercatat naik 13,5% menjadi Rp2,9 triliun dari Rp2,5 triliun untuk periode yang sama pada 2017.

Kinerja keuangan yang baik dari Garudafood didukung dengan produk–produk yang digemari oleh masyarakat. Garudafood saat ini memproduksi dan menjual produk makanan dan minuman di bawah lima merek unggulannya yaitu Gery, Garuda, Chocolatos, Leo dan Clevo.

BERITA TERKAIT

Pasar Ekspor Meningkat - KPAS Tingkatkan Kapasitas Produksi 300%

NERACA Jakarta – Tahun depan, emiten produsen kapas PT Cottonindo Ariesta Tbk (KPAS) berencana meningkatkan kapasitas produksi sebesar 300% menjadi…

Ramaikan Harbolnas - Bukalapak Targetkan Transaksi Rp 1,6 Triliun

NERACA Jakarta - Meriahkan hari belanja online nasional (Harbolnas) di akhir tahun ini, Bukalapak yang selalu berpatisipasi selalu menghadirkan banyak…

BI: Ekonomi Banten Tumbuh Sangat Baik Pada 2018

BI: Ekonomi Banten Tumbuh Sangat Baik Pada 2018 NERACA Serang - Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Banten Rahmat Hernowo…

BERITA LAINNYA DI BURSA SAHAM

Perumnas Terbitkan MTN Rp 300 Miliar

Danai pengembangan bisnisnya, Perusahaan Umum Pembangunan Perumahan Nasional (Perumnas) akan menerbitkan surat utang jangka menengah atau medium term notes (MTN)…

BEI Suspensi Saham Perdana Bangun

PT Bursa Efek Indonesia (BEI) melakukan suspensi atau penghentian sementara perdagangan saham PT Perdana Bangun Pusaka Tbk (KONI) setelah sebelumnya…

Indosat Lunasi Obligasi Rp 224,59 Miliar

Meskipun performance kinerja keuangan masih negatif, kondisi tersebut tidak membuat PT Indosat Tbk (ISAT) untuk nunggak bayar obligasi yang jatuh…