Tiga Hal Penting dalam Perusahaan Untuk Menghadapi Persaingan global

Neraca. Sebuah perusahaan yang mampu berbuat bagi negaranya, umumnya diukur dalam tiga hal penting, yakni mampu menjadi tempat berkarya yang layak bagi anak bangsa (employment), kemudian memberikan efek ganda bagi masyarakat sekitar (multiplier effect) serta membayar pajak yang benar bagi negara.

Astra bersama grup usahanya menampung tenaga kerja yang besar, yakni mencapai 168.703 anak bangsa. Itu jumlah yang besar. Kemudian, efek ganda dari kehadiran Grup Astra juga dirasakan oleh industri kecil dan masyarakat sekitarnya.

PT Astra International Tbk (“Astra”) bersama anak perusahaannya telah menjalankan tugasnya sebagai perusahaan yang layak disebut mampu berbagi bersama bangsa, karena telah melakukan tiga hal penting tadi. Hal ini diungkapkan oleh Jusuf Kalla (Wakil Presiden RI 2004-2009) ketika berbicara sebagai narasumber dengan tema “Berbagi Bersama Bangsa” dalam acara dialog pada lomba inovasi (InnovAstra 28) beberapa hari lalu.

Di tengah persaingan global dan perkembangan industri yang semakin kompetitif semangat inovasi harus terus ditumbuhkan untuk memberikan karya terbaik bagi masing-masing perusahaan di Indonesia. InnovAstra sebuah acara tahunan yang diselenggarakan PT Astra International Tbk sejak tahun 1982 kembali digelar dan hari Jumat, 24 Februari 2012 adalah hari penganugerahan bagi para pemenang. Seluruh unit bisnis yang berjumlah 158 perusahaan di Grup Astra, yang terdiri dari enam divisi bisnis, yaitu Divisi Otomotif, Jasa Keuangan, Alat Berat dan Pertambangan, Agribisnis, Infrastruktur dan Logistik serta Teknologi Informasi ikut serta dalam lomba inovasi tersebut.

InnovAstra merupakan ajang kompetisi tahunan yang bertujuan untuk mengembangkan budaya berinovasi dan perbaikan baik di tingkat karyawan maupun perusahaan Grup Astra di seluruh Indonesia. Kompetisi ini bertujuan menanamkan nilai-nilai filosofi Astra “Catur Dharma” yang berorientasi kepada penciptaan nilai tambah, peningkatan kepuasan pelanggan, kerjasama dan upaya mencapai prestasi yang terbaik. Dengan lomba ini diharapkan akan lahir ide-ide baru dan munculnya terobosan-terobosan baru hingga inovasi yang terus menjadi budaya di Astra.

Related posts