GE Fasilitasi Siswa Yogyakarta Belajar Kewirausahaan

Neraca. Kantor PT GE Lighting Indonesiadi Sleman, Yogyakarta, menerima sekitar 100 siswa hasil seleksi dari berbagai SMA/SMK di Yogyakarta dalam kegiatan “Job Shadow” yang diselenggarakan olehPrestasi Junior Indonesia(PJI). Job Shadowmerupakan salah satu kegiatan penunjang dari program pendidikan kewirausahaanStudent Companyyang dikoordinir oleh PJI dan disponsori oleh GE Foundation, pada empat sekolah SMA/SMK terpilih di Sleman. Prestasi Junior Indonesia (PJI) adalah bagian dari organisasi terbesar di dunia yaitu Junior Achievement (JA) Worldwide yang bergerak di bidang pendidikan kewirausahaan, bisnis dan ekonomi.

Kemitraan GE Foundation dengan PJI melalui pelatihan kewiraswastaan telah mendidik 12.500 siswa dari 7 SMAN di Jakarta dan Bogor yang diadopsi GE untuk belajar tentang perekonomian, bisnis, dan kewiraswastaan dari para pengajar yang berasal dari relawan GE (GE Volunteers). Hingga kini sebanyak 336 karyawan GE yang tergabung dalam GE Volunteers turut terlibat dan telah berpartisipasi di 247 kelas serta di setiap kegiatan kemitraan. Lewat berbagai kegiatan tersebut para GE Volunteers ini telah menjadi tutor dengan memberikan, membagi ilmu dan pengalamannya kepada para pelajar SMA di sekolah terpilih.

Seperti halnya perusahaan, di dalamStudent Companyini juga terdapat struktur dengan posisi-posisi seperti presiden direktur, bagian marketing, bagian finance, HRD, IT dan sebagainya. KegiatanJA Job Shadowini terdiri dari 3 (tiga) tahap, yaitu tahap pertamaPerfect Match,tahap kedua Site Visitdan tahap ketigaLooking Back.

KegiatanJob Shadowseperti inimemperkenalkan kepada siswa pada tempat kerja dan peluang karir yang tersedia. PengalamanJob Shadowmenginspirasi siswa tentang kewirausahaan dengan cara mendekatkan siswa pada dunia kerja sesungguhnya. Kegiatan ini akan diikuti oleh 100 orang siswa dari 4 sekolah SMA/SMK di Sleman (SMAN 1 Sleman, SMKN 2 Depok, SMKN 1 Seyegan, dan SMKN 1 Godean) yang tergabung dalam program ekstra kurikulerStudent Companybinaan PJI.

Dengan terlibat langsung dalam dunia kerja, mereka akan memperoleh gambaran mengenai bidang kerja dan jurusan kuliah yang menarik serta sesuai untuk mereka. Program Job Shadow ini memberikan pengalaman dan bekal bagi mereka untuk menjalankan bisnis di Student Companynya masing-masing. Kegiatan ini diikuti oleh 100 orang siswa dari 4 sekolah SMA/SMK di Sleman (SMAN 1 Sleman, SMKN 2 Depok, SMKN 1 Seyegan, SMKN 1 Seyegan dan SMKN 1 Godean) yang tergabung dalam program ekstra kurikuler Student Company binaan Prestasi Junior Indonesia.

GE Foundationmemberikan pendanaan bagi PJI untuk menjalankan program pendidikan kewirausahaan yang dimulai tahun 2007 di Jakarta dan kini telah diperluas dengan dimulainya sesi di Yogyakarta ini. Awal tahun ini PJI mendapatkan tambahan donasi dariCEO GE TransportationLorenzo Simonelli untuk menunjang program mereka di Yogyakarta. Sementara itu para relawan GE Volunteers selalu mendampingi PJI sejak awal sebagai mentor bagi para siswa peserta program.

SaatSite Visit, yaitu kunjungan ke perusahaan GE (General Electric), siswa melakukanshadowingbersama para manager di GE (volunteersGE ) yang sesuai dengan departemen mereka di Student Company.Job Shadow, sebutan para relawan GE untuk sesi ini memberi kesempatan bagi siswa untuk melihat langsung bagaimana para manager GE, yang bidang profesinya terkait dengan posisi siswa dalamStudent Company, menggunakan keahlian dan pengetahuannya untuk memajukan perusahaan. Tahap terakhirLooking Back merupakan evaluasi, diharapkan siswa mampu menganalisis dari apa yang mereka lihat, dengar dan alami. Dengan demikian pengalamanshadowingtersebut merupakan bekal bagi mereka untuk menjalankan bisnis diStudent Companynya masing-masing.

Selain pendidikan kewirausahaan,GE, GE Foundation, sertaGE Volunteerstelah membantu warga Yogyakarta dalam menghadapi bencana gempa di Bantul serta letusan Merapi dengan menyediakan pemurni air GE, serta memperbaiki saluran air dari sistem pemipaan sampai pengadaan MCK di 3 desa sekitar Merapi. Program yang terakhir ini mendapatkan penghargaan “Millennium Development Goals (MDG) Awards” Indonesia dari Kantor Utusan Presiden RI untuk MDG, Januari 2012 lalu.

Related posts