Desa Wisata di Tobasa Siap Sambut Pengunjung

Jalan-jalan ke Danau Toba, tidak lengkap rasanya jika belum mengunjungi desa adat, salah satunya Desa Wisata Meat, Kecamatan Tampahan di Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), untuk mencoba sensasi rumah tinggal adat khas Batak. Desa Wisata Meat berjarak sekitar 30 menit dari Bandara Silangit, termasuk ideal bagi wisatawan. Namun, untuk menjangkau Meat, disarankan menggunakan jasa travel atau sewa mobil karena tidak ada angkutan umum ke sana.

Salah satu keunggulan Desa Wisata Meat adalah view Danau Toba yang ciamik dan bisa dijumpai di sepanjang jalan. Pemandangan alamiah yang indah ini bisa menyegarkan mata jika lelah di perjalanan, dan beristirahat di rumah tinggal Desa Wisata Meat adalah pilihan tepat.

Fasilitas Desa Wisata Meat pun mendapatkan dukungan penuh dari Kementerian Pariwisata (Kemenpar). Melalui Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata, bantuan diserahkan berupa 10 kasur, 20 seprei, 20 sarung bantal dan guling, 20 bantal dan guling dan buku tamu, Rabu (12/9).

Menurut Kasubid Destinasi Area IB Kementerian Pariwisata Andhy Marpaung, bantuan diberikan sebagai bentuk kepedulian Kemenpar terhadap pengembangan Desa Wisata dan rumah penginapan di Danau Toba. "Dukungan untuk pengembangan destinasi desa wisata dan homestay ini akan terus kita lakukan. Apalagi, Danau Toba adalah destinasi prioritas yang telah ditetapkan sebagai 10 Bali Baru," papar Andhy, sebelum menyerahkan bantuan dikutip dari CNN Indonesia.com.

Hal senada disampaikan Kabid Destinasi Area I Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Kemenpar, Widjanarko. Ia berharap barang-barang yang diserahkan bisa membantu pengembangan homestay.

"Desa Meat mempunyai potensi dengan alamnya yang bagus. Makanya kita perkuat dengan bantuan ini. Semoga bantuan yang kita berikan bisa dimanfaatkan dengan baik. Dan turut memicu perkembangan Desa Wisata Meat agar lebih baik lagi dan semakin ramai," paparnya.

Penyerahan bantuan diterima Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Toba Samosir Audy Murphy Sitorus dan Kepala Desa Desa Wisata Meat Jandri Simanjuntak. Murphy berharap bantuan juga diberikan untuk pengembangan SDM pariwisata. "Untuk mengelola sebuah homestay dan desa wisata, dibutuhkan sumber daya manusia yang bisa mengelolanya. Oleh karena itu, kita berharap ada dukungan untuk pengembangan SDM juga," harapnya.

Sementara itu, Asisten Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Regional I Kementerian Pariwisata Lokot Ahmad Enda, memberikan apresiasi kepada Desa Wisata Meat."Meat bagus. Karena konsep homestay yang dikembangkan masih mempertahankan bangunan adat Suku Batak. Itu bagus dan bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan. Karena menginap di rumah adat Batak tidak bisa mereka jumpai setiap saat," paparnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya pun memberikan acungan jempol atas kehadiran homestay di Desa Wisata Meat. Apalagi Desa Meat berada di Danau Toba, yang menjadi destinasi prioritas.

BERITA TERKAIT

Kemenpar Siapkan Paket Wisata Danau Toba

Untuk menggenjot jumlah wisatawan ke Danau Toba, Kementerian Pariwisata menyiapkan paket wisata Wonderful Huta Toba untuk menggaet wisatawan mancanegara asal…

Meizu 16th Siap Ramaikan Pasar Smartphone Indonesia

Meizu turut meramaikan pasar smartphone flagship Indonesia dengan merilis Meizu 16th. Sama seperti sejumlah produk flagship lain, Meizu 16th disokong…

Brewin Mesa Siap Operasikan Apartemen Mewah The Lana - Populerkan Konsep Dual-Key

Brewin Mesa Siap Operasikan Apartemen Mewah The Lana Populerkan Konsep Dual-Key NERACA  Jakarta – The Lana, proyek apartemen mewah yang…

BERITA LAINNYA DI WISATA INDONESIA

Kemenpar Siapkan Paket Wisata Danau Toba

Untuk menggenjot jumlah wisatawan ke Danau Toba, Kementerian Pariwisata menyiapkan paket wisata Wonderful Huta Toba untuk menggaet wisatawan mancanegara asal…

Ragam Atraksi di Pasar Cikundul Pikat Wisatawan

Pasar Cikundul yang telah diluncurkan 9 September lalu telah meramaikan wisata pemandian Air Panas Sukabumi karena menyajikan beragam atraksi menarik,…

Pemerintah Bakal 'Paksa' Pengembang Bangun Fasilitas Difabel

Kementerian Sosial akan menyiapkan panduan penyediaan fasilitas umum ramah difabel dengan mengadopsi model terbaik di dunia dengan tetap memperhatikan kearifan…