Mandiri Utama Finance Luncurkan Produk Syariah

NERACA

Jakarta – Melihat potensi pasar yang besar, PT Mandiri Utama Finance (MUF) meluncurkan produk pembiayaan berbasis syariah. Direktur Utama MUF Stanley Setia Atmadja mengatakan pertumbuhan penjualan mobil baru mencapai 7%, bahkan sepeda motor lebih tinggi lagi hingga 11%. “Ini artinya pembiayaan kendaraan cukup besar terlebih lagi dengan penduduk muslim di Indonesia yang mayoritas dan hadirnya produk syariah disambut cukup baik,” ungkap Stanley saat peluncuran MUF Syariah di Jakarta, Selasa (18/9).

Stanley mengatakan hadirnya produk MUF Syariah ini bisa menjadi solusi pembiayaan yang penuh berkah bagi masyarakat Indonesia. “Melalui produk MUF Syariah ini, kami berharap dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat muslim Indonesia pada khususnya untuk memiliki kendaraan impian sesuai dengan prinsip dan tuntunan agama islam,” katanya. Hadirnya produk MUF Syariah ini, menjadikan MUF sebagai satu-satunya perusahaan pembiayaan BUMN di Indonesia yang telah siap memasarkan produk pembiayaan otomotif dengan prinsip syariah.

Semua aspek dalam pembiayaan MUF Syariah diawasi dan didampingi oleh Dewan Pengawas Syariah yang telah direkomendasikan oleh Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN MUI). Ketua Dewan Pengawas Syariah MUF Yunahar Ilyas menyebutkan bahwa pihaknya memastikan semua unsur pembiayaan sesuai dengan prinsip islam. “Dengan begitu, masyarakat tak perlu lagi untuk menggunakan produk pembiayaan syariah ini,” katanya.

Dijelaskan lebih lanjut, produk MUF Syariah ini menggunakan akad mudharabah yang mana akad ini merupakan akad jual beli yang bebas riba. Melalui skema ini, MUF Syariah akan menegaskan harga beli atau harga perolehan kepada konsumen serta margin sebagai keuntungan MUF Syariah. Selanjutnya konsumen melakukan pembayaran secara angsuran sesuai dengan jangka waktu yang telah disepakati.

Disamping itu juga, MUF Syariah juga memberikan penawaran seperti pilihan jenis kendaraa yang beragam baik mobil atau motor baru ataupun yang bekas, tenor pembiayaan hingga 5 tahun serta proses yang mudah dan cepat. Untuk di 2018, MUF Syariah telah siap berada di 8 kota yaitu Jakarta Duren Tiga, Tangerang, Subang, Magelang, Kediri, Gresik, Surabaya dan Pekanbaru. Selanjutnya, pihak MUF Syariah berharap bisa memperluas layanan hingga ke 111 cabangnya di seluruh Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama, MUF juga melakukan kerjasam dengan Bank Mandiri Syariah tentang layanan dan pemanfaatan produk perbankan syariah. Melalui kerjasama tersebut, kedua perusahaan yang mempunyai induk Bank Mandiri ini sepakat untuk kerjasama dalam bidang pembiayaan, pendanaan, pemasaran produk, edukasi dan literasi syariah.

“Kami mendukung penuh baik modal ataupun fasilitas pembiayaan. Karena niat baik kita adalah untuk memperbesar market share ekonomi syariah yang hanya 5%. Kami juga merasa bangga bisa mendukung MUF dalam pembiayaan produk syariah. Karena ini merupakan wujud sinergi Mandiri Group di dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah sesuai dengan kebijakan pemerintah yang dituangkan melalui Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS),” kata Dirut Bank Mandiri Syariah, Toni EB Subari.

BERITA TERKAIT

PP Properti Hadirkan Produk Pro Milenial

PP Properti Hadirkan Produk Pro Milenial NERACA Bekasi - Direktur utama PT PP Properti Tbk Taufik Hidayat mengatakan bahwa pihaknya…

Mencari Pasar Ekspor Baru Produk Sawit

Sepanjang Oktober 2018, volume ekspor minyak sawit Indonesia menunjukkan peningkatan yang menggembirakan, antara lain melalui lonjakan permintaan dari China. Ekspor…

KPK Luncurkan Panduan Pencegahan Korupsi Dunia Usaha

KPK Luncurkan Panduan Pencegahan Korupsi Dunia Usaha NERACA Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meluncurkan buku panduan pencegahan korupsi untuk…

BERITA LAINNYA DI INFO BANK

Pendapatan Premi Asuransi Jiwa Naik Tipis

      NERACA   Jakarta - Pendapatan premi industri asuransi jiwa hanya naik tipis sebesar 1,2 persen secara tahunan…

2019, CIMB Niaga Syariah Targetkan Pembiayaan Rp35 Triliun

    NERACA   Bogor – Bank CIMB Niaga Syariah menargetkan untuk bisa menyalurkan pembiayaan di 2019 mencapai Rp35 triliun.…

Bank Muamalat Dukung Silaknas ICMI

    NERACA   Jakarta - PT Bank Muamalat Indonesia Tbk. ("Bank Muamalat") mendukung pelaksanaan Silaturahmi Kerja Nasional (Silaknas) Ikatan…