Langkah Tepat Berinvestasi

Neraca. Seperti halnya saat kita melakukan investasi rumah, faktor lokasi merupakan faktor yang sangat penting untuk diperhatikan kali pertama. Dalam memilih lokasi tanah yang akan dibeli, kita harus memperhatikan lebih detail tentang keadaan tanah, apakah tanah tersebut datar atau memiliki kemiringan tertentu.

Faktor peruntukan

Faktor peruntukan sangat penting untuk kita ketahui sebelum kita membeli tanah. Kita harus mengetahui rencana pembangunan pemerintah atas tanah yang akan kita beli. Ada tanah yang diperuntukkan untuk bangunan hunian, perkantoran, pergudangan, dan lain-lain. Jangan sampai kita membeli tanah yang kecil, padahal peruntukan tanah tersebut ternyata untuk gudang.

Faktor harga

Dalam melakukan investasi tanah, usahakan kita mendapatkan harga di bawah pasaran, misalnya dengan membeli tanah dengan ukuran yang sangat luas dan keadaan wilayah tanah yang belum berkembang. Hal tersebut tentunya bisa dinegosiasikan dengan pemilik tanah. Usahakan juga mendapatkan harga yang lebih rendah karena dibutuhkan dana yang tidak sedikit untuk menjaga tanah tersebut dari hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Faktor legalitas

Kita harus memiliki kejelasan mengenai status hukum atas tanah yang kita miliki. Jangan sampai kita membeli tanah yang merupakan tanah sengketa sehingga suatu saat menimbulkan permasalahan hukum yang memakan biaya yang tidak sedikit. Jika hal itu terjadi, dapat dipastikan yield investasi kita akan berkurang drastis.

3. Faktor keamanan

Seperti telah kita singgung sebelumnya, jika kita membeli sebidang tanah untuk investasi, akan lebih baik kita mengeluarkan biaya tambahan untuk membangun pagar sekeliling tanah yang kita miliki dan melakukan pengawasan secara herkala. Tanah yang dibiarkan telantar sangat rentan terhadap masalah penyerobotan.

4. Faktor pematangan

Ketika melakukan investasi tanah, sebaiknya kita melakukan usaha pematangan, misalnya berupa pembangunan fondasi keliling. Selain akan menimbulkan kesan bahwa tanah tersebut tidak ditelantarkan, hal tersebut juga akan memudahkan kita ketika menjual kepada calon konsumen pada kemudian hari.

Itulah faktor-faktor yang perlu kita perhatikan ketika melakukan investasi tanah. Pastikan kita membeli tanah dengan harga yang tepat dan menjualnya pada waktu yang tepat sehingga tujuan investasi kita dapat tercapai.

Related posts