Mengelola Investasi Tanah Yang Menguntungkan

Di tengah perkembangan properti yang sangat pesat saat ini, investasi tanah dan saham di sepanjang tahun 2012 tetap akan menjadi investasi paling menguntungkan. Investasi yang cenderung mendatangkan keuntungan terus-menerus.

Neraca. Berinvestasi tanah dan saham tetap akan menjadi investasi paling menggiurkan. Ini dibuktikan dengan semakin banyak investor yang tak melewatkan kesempatan untuk membeli tanah. Karena investasi ini dinilai lebih stabil dalam hal harga.

Fauzi Ichsan, Senior Economist and Government Relations Head Standard Chartered Indonesia, menuturkan bahwa tanah merupakan investasi yang terus bertambah setiap tahunnya. Sebab kenaikan harga tanah pertahunnya sekitar 15-20%, “Angka ini menguntungkan karena kenaikan suku bunga sendiri hanya 5%-7% setahun. Tapi bangunan apalagi apartemen masih stagnan pada tahun ini karena sudah oversupply," ujar Fauzi.

Suku bunga global dan regional yang rendah menyebabkan banyak investor mengalihkan dananya dari deposito ke tanah. Sedangkan untuk saham akan lebih menggiurkan karena berbagai korporasi akan diprediksikan akan berkembang pesat. Sehingga akan membawa angin segar terhadap pemilik sahamnya dan bagi yang belum punya sahamnya akan berlomba-lomba mendapatkannya.

"Sebab perbaikan kondisi pasca krisis di Eropa diprediksikan sudah tuntas di semester II mendatang. Jadi animo dan kecendrungan korporasi akan lebih optimistis lagi. Dampaknya Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) akan meningkat," tegas Fauzi.

Banyak investor juga membeli tanah sebagai alat spekulasi. Misalnya, di daerah tersebut pemerintah merencanakan akan membangun jalan tol atau jalan layang. Maka, investor akan berspekulasi akses jalan yang baik akan meningkatkan harga tanah. Atau, membangun properti di dekat daerah tersebut akan sangat menguntungkan usahanya.

Pasar tanah yang belum dikembangkan, dikendalikan oleh sekelompok pembeli dan penjual yang melakukan transaksi hak-hak atas tanah. Biasanya para pengembang membeli tanah dari pemilik tanah di suatu kawasan, kemudian pengembang mengembangkan tanah tersebut menjadi rumah, ruko, trade center, town house, mal, ruang perkantoran dan lainnya. Dengan membeli tanah, membangun, memugar dan menjual properti, para investor properti akan mendapatkan nilai tambah dari harga mentah yang telah dikembangkan saat membeli.

Selain itu, investor akan mendapat apresiasi, yakni kenaikan harga tanah dan bangunan yang akan didapatkan selama masa pengembangan atau selama properti itu belum dijual. Maka, harga tanah akan naik, dengan kenaikannya yang lebih tinggi dari tingkat inflasi.

Pahami Strategi

Dalam kondisi normal, kenaikan harga tanah kavling yang dijual pengembang berkisar 10%–15%. Kalau untuk tanah yang belum dikembangkan harganya bisa mencapai 25%–100 % per tahun. Keuntungan tanah ini diminati oleh para investor yang lebih konservatif atau spekulan yang lebih agresif.

Investasi tanah dengan tanah dapat menjadi pilihan yang tepat bagi anda yang ingin mendapatkan keuntungan yang signifikan dalam jangka panjang. Jadi, bagi anda yang ingin melakukan investasi jangka pendek, investasi ini kurang tepat untuk anda pilih. Investasi dapat anda lakukan dengan berbagai cara.

Anda yang mempunyai investasi saham karena keuntungan yang dapat berlipat ganda dengan cepat. Namun demikian ada pula yang sangat tidak tertarik dengan investasi saham karena dapat jatuh dengan tiba-tiba dan menyebabkan kerugian yang sangat tinggi.

Ada pula orang yang sangat gemar melakukan investasi dengan emas karena hobi mengoleksi perhiasan emas dan juga sangat tertarik dengan keuntungan yang dapat diraup dari investasi ini.

Selain itu, investasi dapat pula dilakukan dengan membeli asuransi. Hal ini kurang begitu dilirik karena risikonya sangat besar. Selain itu, premi asuransi juga dinilai sangat memberatkan bagi beberapa orang.

Investasi berupa properti juga bisa sangat menguntungkan jika investor telah mengetahui bagaimana cara melakukan dengan benar dan aman. Dari semua investasi tersebut, investasi jangka panjang yang cukup menguntungkan dan bisa dipilih adalah investasi tanah.

Investasi tanah dinilai sangat menjanjkan karena beberapa persepsi. Pada kenyataannya, investasi ini memang lebih menguntungkan dibandingkan investasi jangka panjang lainnya. Keuntungan investasi ini akan terus meningkat karena permintaan tanah setiap tahun meningkat draktis sehingga harganya pun akan meningkat.

Dengan demand yang semakin naik, harga tanah tidak mungkin bisa turun. Bahkan ada kemungkinan bahwa orang akan bisa mendapatkan keuntungan melalui investasi ini dalam waktu tidak terlalu lama. Tidak perlu menunggu hitungan tahun, dengan perhitungan tepat investasi ini akan memberikan hasil yang memuaskan. Namun demikian, hal ini juga tidak mudah. Perlu pemikiran yang matang untuk melakukan investasi ini karena investasi ini tentunya memiliki resiko tersendiri.

Nah yang harus diketahui seberapa besar keuntungan yang akan bisa mereka dapatkan. Jika tidak, mereka tidak akan bisa melakukan investasi tanah dengan maksimal untuk keuntungan yang besar. Selain itu, observasi juga sangat penting untuk mengetahui bagaimana prospek investasi ini dibandingkan dengan investasi lain.

Memahami segala sesuatu yang berkaitan dengan investasi ini sangat penting untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Karena investasi ini sifatnya jangka panjang, hendaknya investor juga mempersiapkan diri untuk menunggu dan melakukan beberapa persiapan untuk memaksimalkan penantian mereka untuk menguntungkan.

Mereka harus menghitung apakah dalam beberapa tahun wilayah tersebut akan berkembang sehingga nilai investasi mereka akan dapat meningkat pesat. Dalam hal ini, mereka butuh pendapat dari para profesional untk mendapatkan posisi yang paling tepat untuk mereka gunakan sebagai investasi.

Selain itu, investor juga harus mengetahui tentang latar belakang tanah yang mereka pilih untuk investasi untuk memastikan bahwa mereka membeli tanah yang yang legal. Tidak jarang investor berhasil membeli tanah dengan harga murah dengan prospek yang cukup menjanjikan. Akan tetapi hal ini itu berubah tragis ketika mereka tahu bahwa beberapa faktor seperti yang telah disebutkan di atas. Selain itu, investor juga harus mengetahui medan di mana mereka bermain.

Bagi yang berinvestasi untuk proyek besar tentulah harus menerapkan startegi yang berbeda dengan yang berinvestasi hanya untuk keperluan pribadi. Berinvestasilah dengan aman dan cerdas maka anda akan dapat menuai hasilnya dengan aman dan cerdas maka anda akan dapat menuai hasilnya dengan segera. Investasi tanah dengan trategi yang cerdas akan dapat memberikan keuntungan yang maksimal.

Related posts