Tren Warna 2012

Neraca. Unsur warna adalah unsur penting dalam hal penataan eksterior dan interior sebuah rumah. Warna dapat mempengaruhi mood manusia ketika berada dalam sebuah ruangan. Disetiap tahunnya, dunia eksterior dan interior memiliki kecenderungan pada tren warna sendiri.

Keindahan suatu rumah itu dapat diperoleh dari desain interior yang sesuai dengan kebutuhan penghuninya. Salah satu hal yang sangat menentukan keindahan desain interior adalah warna ruangan. Dinamisasi ruang yang terbentuk menghasilkan estetika menarik, tidak hanya diperoleh dari sentuhan furniturnya saja, tapi juga dari tampilan warna yang dihasilkan. Jika ingin merenovasi ataupun sekedar memberi sentuhan warna baru di rumah agar terasa segar.

Berikut adalah acuan tren warna dari Dulux. Yang menjadi tren utama di tahun 2012 adalah Warna Merah. Merah yang akan menjadi tren adalah merah yang bernuansa oranye dan teracota. Sentuhan warna ini akan tampil lebih alami namun tetap cantik. Warna merah ini juga diharapkan menjadi simbol bagi tahun yang lebih baik (kemakmuran) serta lebih menantang di tahun 2012. Ada baiknya menempatkan warna ini di sudut ruang yang mampu menimbulkan kesan ceria.

Managing director dari AxzoNobel Decorative Paint untuk Asia Pasifik, Jeremy Rowe berpendapat bahwa warna merah menggambarkan optimisme, hasrat, kesenangan serta energi. Merah adalah warna yang menarik oleh sebagian besar manusia, membuat hal apapun jika berwarna merah akan selalu menarik perhatian.

Jeremy menambahkan, warna merah adalah istimewa di dunia karenanya banyak digunakan untuk kegiatan simbolis. Warna merah selalu identik dengan perayaan hari raya, hari besar dan keberuntungan di beberapa negara. Merah juga ada dalam darah, bunga-bunga, jantung manusia dan menggambarkan pemikiran yang baru tiada batas.

Warna tren 2012 lainnya adalah Oranye. Tren warna oranye tahun ini akan berkesan lebih natural. Terlebih lagi dengan menampilkan sentuhan warna tanahnya. Warna oranye juga dapat membuat suasana rumah menjadi lebih cerah. Agar kesan itu terlihat menarik, sebaiknya aplikasikan warna oranye sebagai aksen pada salah satu dinding favorit hunian anda.

Warna Hijau. Warna hijau yang akan menjadi tren di tahun ini terlihat lebih gelap dan bernuansa alami seperti lumut. Kesan warna yang dihasilkan tidak hanya memberi suasana segar tapi juga memberi kesan cozy pada rumah anda. Sentuhan warna hijau lumut juga akan terlihat manis, jika digunakan sebagai aksen warna pada ruang keluarga anda. Nuansa yang ditampilkan pun akan mengubah ruang anda jadi lebih sejuk.

Biru. Bagi anda pecinta warna ini, tren warna biru tahun 2012 lebih mengarah gradasi warna agak gelap. Kesan yang ditawarkan lebih anggun dan klasik. Warna biru ini juga akan berkesan alami jika di olah dengan warna pudar. Kelebihan warna biru tahun ini sangat sesuai jika dipadupadankan dengan kayu tua yang natural serta benda-benda antik lainnya.

Selain warna-warna diatas, Warna Kuning juga merupakan warna tren 2012. Sentuhan warna kuning tahun ini akan lebih gelap kehijauan seperti warna curry. Warna kuning akan terbentuk lebih hangat dan alami. Warna tersebut akan terlihat selaras jika digunakan bersama warna-warna netral seperti krem dan coklat. Lakukan kombinasi warna itu menyesuaikan keinginan ruang yang akan anda bentuk. Agar tujuan sentuhan warna yang diinginkan dapat terlihat menawan dipandang mata.

Ungu. Bagi penggemar warna ungu, sama halnya seperti biru. Tren warna ungu tahun 2012 akan mengarah lebih gelap serta berkesan pudar. Nuansa sentuhan warna kecoklatan juga masih hadir seperti tahun lalu. Warna ungu tahun ini juga akan menawarkan kesan misterius namun romantis pada saat yang bersamaan.

Selain itu, warna netral cenderung terkesan hangat. Warna-warna tersebut adalah krem, beige dan khaki. Untuk tren tahun 2012 warna yang akan banyak diminati adalah warna khaki. Warna ini sangat sesuai untuk diaplikasikan sebagai warna dasar ataupun utama pada rumah anda. Warna ini juga dapat memberikan kehangatan serta dapat dengan mudah menyatu dengan warna-warna lain.

Netral (dingin) Warna netral yang cenderung dingin adalah warna-warna gradasi abu-abu. Saat ini, rumah bergaya minimalis memang sedang menjadi tren. Sehingga, pilihan warna keabu-abuan sangat umum digunakan.

Related posts