Cinderamata Khas Nusantara Banyak Diburu Atlet

Saat perhelatan ajang olahraga terbesar se-Asia memasuki hari-hari terakhir, para atlet maupun team official tak ingin melewatkan kesempatan begitu saja. Mereka ingin berburu cinderamata khas Asian Games 2018. Hal itu diutarakan team official dari Kazakhatan Ramazanov Talant, Rabu (29/8) bahwa alasan pihaknya kembali mendatangi Smesco Indonesia sebagai salah satu destinasi wisata belanja delegasi Asian Games, bersama Grand Indonesia, Senayan City dan Plaza Senayan. “Saya mau beli oleh-oleh untuk teman di Kazakhatan. Sayang sekali tidak ada toko di area tempat kami menginap,” ujarnya.

Dari pantauan di lapangan para pengunjung mulai dari wisatawan lokal hingga mancanegara lebih mencari dan berminat untuk membeli boneka Atung dan Kaka.

Selain merchandise khas Asian Games, kerajinan tangan berupa tas rotan khas Lombok menjadi item paling dicari oleh para turis Asian Games.

Bogatryrev Yevgeniy turis sekaligus team official asal Kazakhatan ini pun menghabiskan waktu sekira 10 menit di Paviliun NTB tersebut. "Saya membeli tas ini untuk hadiah istri.  Selain unik, tas ini terlihat lebih fashionable. Dan di luar negeri, tas itu memang sedang populer banget," ujarnya.

Sejumlah turis yang datang ke Indonesia dalam rangka Asian Games ini pun memilih diantar berbelanja ke Smesco lantaran harga yang ditawatkan relatif lebih murah dibandingkan dengan gerai-gerai lain. Semisal di Grand Indonesia dan Plaza Indonesia.

Meski tidak mengetahui patokan mahal dan murah, turis telah membandingkan harga dari satu gerai ke gerai lain. Adapun harga tas yang dimaksud di gerai khusus pernak-pernik Nusantara di Smesco ini dibanderol Rp 200 hingga 400 ribu. Patokan harga tersebut tergantung bentuk dan ukurannya.

Tas rotan beleke terpajang di stan khusus NTB. Terlihat di sana ada beberapa bentuk tas rotan. Di antaranya model kotak, bulat, prisma, dan lonjong. Sedangkan warnanya senada, yakni cokelat muda cerah dengan cat kayu yang mengkilap.

Smesco sejak ditetapkan panitia INASGOC sebagai destinasi wisata belanja Asian Games 2018, setiap harinya dikunjungi atlet, team official, wartawan, dan turis lokal. Smeco Indonesia juga kedatangan dari delegasi Mongolia terdiri Atlet dan non Atlet.

Mereka tertarik membeli miniatur kendaraan seperti becak, bajaj, dan  berbagai pernak-pernik khas Asian Games mulai dari kaos motif monas, dan jembatan ampera.

Staff pelatih tim basket asal Qatar yang turut andil dalam gelaran Asian Games di Jakarta, Zaidan Hasyim (42 tahun) mengaku puas berbelanja di Smesco Indonesia. Hal itu karena beberapa produk yang diinginkannya dapat diperoleh di Smesco Indonesia.

Datang bersama rekannya, Zaidan langsung memilih-milih produk UKM yang dipajang di Smesco Indonesia. Tampak Zaidan langsung menuju booth dari Nusa Tenggara Barat (NTB). Rupanya Zaidan tampak menikmati segala macam produk NTB yang dipajang. Kemudian keliling berputar-putar ke booth Sumatra Utara, Bali, Yogjakarta dan lainnya.

Zaidan mengaku senang produk - produk yang disuguhkan di Smesco. Menurutnya produknya berkualitas dan sangat unik. Dia mengaku rata-rata produk yang dijual berbeda dengan tempat lainnya. Setelah lama berputar-putar, Zaidan memilih shal, souvenir dan produk - produk lainnya. Nilai transaksi saat berbelanja bersama rekannya, Zaidan menghabiskan dana total Rp4.460.500.

"Di Indonesia banyak memiliki produk yang unik seperti ini, dan ini tidak ada di negara lain seperti di Thailand, Jepang atau negara lainnya, saya sangat senang ke sini (Smesco Indonesia)," kata Zaidan saat ditemui usai berbelanja di Smesco Indonesia, Minggu (26/8).

Selain unik, Zaidan mengaku produk-produk UKM di Smesco tergolong murah. Varian produk yang unik, bagus dan murah membuatnya betah berlama-lama di Smesco Indonesia. Dia berharap nantinya akan ada kesempatan lagi untuk berkunjung ke Indonesia sehingga bisa kembali membeli produk-produk unik lainnya.

"Indonesia punya banyak keberagaman tradisional budaya, semua harga yang ada di sini (Smesco Indonesia) termasuk murah dan pantas saya beli dengan harga yang cukup seperti ini. Ini pengalaman luar biasa," tukasnya.

Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran Koperas dan UKM (LLP-KUKM), Emilia Suhaimi berharap nantinya seluruh tim dan  official negara-negara  peserta Asian Games 2018 ini bisa menjadikan semua produk-produk Indonesia sebagai cinderamata untuk dibawa pulang. “Kita harapkan mereka jadikan produk-produk kita sebagai kenang-kenangan  setelah perhelatan Asian Games 2018 ini,” kata Emilia. (dbs)

 

BERITA TERKAIT

Jurus Jitu Selamatkan UMKM

Jurus Jitu Selamatkan UMKM  Pelaku UMKM sebenarnya tidak membutuhkan subsidi bunga. Yang sangat mendesak diperlukan adalah penguatan modal untuk memulai…

Tegakkan Protokol Kesehatan di Pilkada 2020

Tegakkan Protokol Kesehatan di Pilkada 2020 Dalam konteks masih terjadinya penularan dengan grafik yang masih naik, sejumlah pihak meminta pemerintah…

Jangan Buru-Buru Menutup Wilayah

Jangan Buru-Buru Menutup Wilayah Strategi intervensi berbasis lokal, strategi intervensi untuk pembatasan berskala lokal ini penting sekali untuk dilakukan, baik…

BERITA LAINNYA DI

Jurus Jitu Selamatkan UMKM

Jurus Jitu Selamatkan UMKM  Pelaku UMKM sebenarnya tidak membutuhkan subsidi bunga. Yang sangat mendesak diperlukan adalah penguatan modal untuk memulai…

Tegakkan Protokol Kesehatan di Pilkada 2020

Tegakkan Protokol Kesehatan di Pilkada 2020 Dalam konteks masih terjadinya penularan dengan grafik yang masih naik, sejumlah pihak meminta pemerintah…

Jangan Buru-Buru Menutup Wilayah

Jangan Buru-Buru Menutup Wilayah Strategi intervensi berbasis lokal, strategi intervensi untuk pembatasan berskala lokal ini penting sekali untuk dilakukan, baik…