Tingkatkan Pelayanan, XL Kuras Dana Rp 9,2 Miliar

Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada konsumen, operators seluler PT XL Axiata Tbk (EXCL) mengalokasikan dana US$ 1 juta atau sekitar Rp9,2 miliar, "Investasi didorong untuk lebih memaksimalkan layanan kepada pelanggan, melalui peningkatan kualitas sistem, sumber daya manusia, maupun proses akses informasi," kata Direktur Service Management XL Ongki Kurniawan, di Jakarta akhir pekan kemarin.

Menurut Ongki, inovasi dan inisiatif baru telah dilakukan sejak pertengahan 2011, dan efektif telah mampu meningkatkan kinerja unit "customer services" (CS) dalam memberikan solusi atas keluhan, sekaligus meningkatkan edukasi kepada pelanggan.

Dia menjelaskan investasi sebesar US$ 1 juta akan digunakan untuk pengadaan simulasi device. Simulasi device merupakan piranti berteknologi yang memungkinkan operator CS dapat mengidentifikasi perangkat telekomunikasi yang digunakan pelanggan saat menghubungi petugas. "Melalui perangkat tersebut petugas CS dapat langsung mengarahkan pelanggan mendapatkan solusi atas keluhan yang disampaikan," ujarnya.

Sementara itu General Manager Customer Service PT XL Axiata Cut Noosy mengatakan, XL memiliki 5 jalur penanangan keluhan yaitu 818 (Interactive Voice Response/IVR), Concact Center 817, Korespondensi, XL Center, dan melalui Social Media.

Kata Cut, Contact Center 817 masih merupakan favorit pelanggan untuk menyampaikan keluhan karena dianggap langsung dapat berbicara dengan apra petugas CS selama 24 jam dalam sehari. "Contact Center 817 dilayani oleh 850 orang petugas, XL Center tersedia di 112 titik dengan 600 tenga CS profesional, dan melalui Xplor center yang akan dibuka pada tiga lokasi di Jakarta," ujarnya.

Selain itu, XL juga membuka layanan pelanggan melalui sosial media twitter ataupun facebook yang juga banyak dikunjungi oleh pelanggan. (bani)

BERITA TERKAIT

Tingkatkan Pangsa Pasar - Kimia Farma Bakal Akuisisi Phapros

NERACA Jakarta – Kembangkan ekspansi bisnis, PT Kimia Farma Tbk (KAEF) akan membeli 47.901.860 lembar atau 56,77 dari total saham…

Ketum PBNU Dorong Penggerak NU Care-LAZISNU Semangat Kelola Dana Kemanusiaan

Sleman, Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj mendorong seluruh penggerak NU Care-LAZISNU se-Indonesia memiliki semangat yang besar dalam mengelola…

Pemkot Depok Lelang Jabatan Pengelola APBD Rp 600 Miliar - Setelah Dua Kursi Kepala Dinas Kosong

Pemkot Depok Lelang Jabatan Pengelola APBD Rp 600 Miliar Setelah Dua Kursi Kepala Dinas Kosong NERACA Depok - ‎Pemerintah Kota…

BERITA LAINNYA DI BURSA SAHAM

Laba Adira Finance Terkoreksi 28,81%

Sepanjang tahun 2018 kemarin, PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (ADMF) mencatatkan laba bersih Rp1,815 triliun atau turun 28,81% dibanding periode…

Optimisme Ekonomi Tumbuh Positif - Pendapatan Emiten Diperkirakan Tumbuh 9%

NERACA Jakarta – Mempertimbangkan keyakinan masih positifnya pertumbuhan ekonomi dalam negeri menjadi alasan bagi BNP Paribas IP bila pasar saham…

MNC Sekuritas Kantungi Mandat Tiga IPO

Keyakinan PT Bursa Efek Indonesia (BEI) bila tahun politik tidak mempengaruhi minat perusahaan untuk go publik, dirasakan betul oleh PT…