Tingkatkan Pelayanan, XL Kuras Dana Rp 9,2 Miliar

Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada konsumen, operators seluler PT XL Axiata Tbk (EXCL) mengalokasikan dana US$ 1 juta atau sekitar Rp9,2 miliar, "Investasi didorong untuk lebih memaksimalkan layanan kepada pelanggan, melalui peningkatan kualitas sistem, sumber daya manusia, maupun proses akses informasi," kata Direktur Service Management XL Ongki Kurniawan, di Jakarta akhir pekan kemarin.

Menurut Ongki, inovasi dan inisiatif baru telah dilakukan sejak pertengahan 2011, dan efektif telah mampu meningkatkan kinerja unit "customer services" (CS) dalam memberikan solusi atas keluhan, sekaligus meningkatkan edukasi kepada pelanggan.

Dia menjelaskan investasi sebesar US$ 1 juta akan digunakan untuk pengadaan simulasi device. Simulasi device merupakan piranti berteknologi yang memungkinkan operator CS dapat mengidentifikasi perangkat telekomunikasi yang digunakan pelanggan saat menghubungi petugas. "Melalui perangkat tersebut petugas CS dapat langsung mengarahkan pelanggan mendapatkan solusi atas keluhan yang disampaikan," ujarnya.

Sementara itu General Manager Customer Service PT XL Axiata Cut Noosy mengatakan, XL memiliki 5 jalur penanangan keluhan yaitu 818 (Interactive Voice Response/IVR), Concact Center 817, Korespondensi, XL Center, dan melalui Social Media.

Kata Cut, Contact Center 817 masih merupakan favorit pelanggan untuk menyampaikan keluhan karena dianggap langsung dapat berbicara dengan apra petugas CS selama 24 jam dalam sehari. "Contact Center 817 dilayani oleh 850 orang petugas, XL Center tersedia di 112 titik dengan 600 tenga CS profesional, dan melalui Xplor center yang akan dibuka pada tiga lokasi di Jakarta," ujarnya.

Selain itu, XL juga membuka layanan pelanggan melalui sosial media twitter ataupun facebook yang juga banyak dikunjungi oleh pelanggan. (bani)

BERITA TERKAIT

Jual Tanobel Sehat Nutrisi - CLEO Raup Dana Segar Rp 11 Miliar

NERACA Jakarta - PT Sariguna Primatirta Tbk (CLEO) mengantungi dana segar senilai Rp11 miliar dari penjualan saham perseroan di PT…

Baznas Depok Himpun Dana Rp7,8 Miliar

Baznas Depok Himpun Dana Rp7,8 Miliar NERACA Depok - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Depok Jawa Barat berhasil menghimpun…

Tunggu Pernyataan Efek Efektif OJK - Krida Jaringan Bidik Dana IPO Rp 30 Miliar

NERACA Jakarta – Menyatakan siap mencatatkan sahamnya di pasar modal, PT Krida Jaringan Nusantara Tbk tengah menunggu pernyataan efektif penerbitan…

BERITA LAINNYA DI BURSA SAHAM

BPII Terima Dividen Tunai Rp 12,99 Miliar

PT Batavia Prosperindo Internasional Tbk (BPII) pada tanggal 12 Juni 2019 memperoleh dividen tunai tahun buku 2018 sebesar Rp12,99 miliar…

Kerugian Steady Safe Susut Hingga 54%

Meskipun masih mencatatkan rugi di kuartal pertama 2019, PT Steady Safe Tbk (SAFE) mengklaim rugi bersih yang dibukukan senilai Rp1,809…

Volume Penjualan SMCB Masih Terkoreksi

Lesunya pasar semen dalam negeri dirasakan betul oleh PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SMCB). Perusahaan yang dulunya PT Holcim Indonesia…