Tingkatkan Pelayanan, XL Kuras Dana Rp 9,2 Miliar

Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada konsumen, operators seluler PT XL Axiata Tbk (EXCL) mengalokasikan dana US$ 1 juta atau sekitar Rp9,2 miliar, "Investasi didorong untuk lebih memaksimalkan layanan kepada pelanggan, melalui peningkatan kualitas sistem, sumber daya manusia, maupun proses akses informasi," kata Direktur Service Management XL Ongki Kurniawan, di Jakarta akhir pekan kemarin.

Menurut Ongki, inovasi dan inisiatif baru telah dilakukan sejak pertengahan 2011, dan efektif telah mampu meningkatkan kinerja unit "customer services" (CS) dalam memberikan solusi atas keluhan, sekaligus meningkatkan edukasi kepada pelanggan.

Dia menjelaskan investasi sebesar US$ 1 juta akan digunakan untuk pengadaan simulasi device. Simulasi device merupakan piranti berteknologi yang memungkinkan operator CS dapat mengidentifikasi perangkat telekomunikasi yang digunakan pelanggan saat menghubungi petugas. "Melalui perangkat tersebut petugas CS dapat langsung mengarahkan pelanggan mendapatkan solusi atas keluhan yang disampaikan," ujarnya.

Sementara itu General Manager Customer Service PT XL Axiata Cut Noosy mengatakan, XL memiliki 5 jalur penanangan keluhan yaitu 818 (Interactive Voice Response/IVR), Concact Center 817, Korespondensi, XL Center, dan melalui Social Media.

Kata Cut, Contact Center 817 masih merupakan favorit pelanggan untuk menyampaikan keluhan karena dianggap langsung dapat berbicara dengan apra petugas CS selama 24 jam dalam sehari. "Contact Center 817 dilayani oleh 850 orang petugas, XL Center tersedia di 112 titik dengan 600 tenga CS profesional, dan melalui Xplor center yang akan dibuka pada tiga lokasi di Jakarta," ujarnya.

Selain itu, XL juga membuka layanan pelanggan melalui sosial media twitter ataupun facebook yang juga banyak dikunjungi oleh pelanggan. (bani)

BERITA TERKAIT

Menkes Minta Perempuan Tingkatkan Pengetahuan Tentang Gizi

Menteri Kesehatan Nila Moeloek meminta para perempuan khususnya kepada para ibu untuk meningkatkan pengetahuan tentang gizi guna mencegah terjadinya kasus…

Bank Sumut Targetkan Kelola Dana Nasabah Prioritas Rp400 miliar

      NERACA   Medan - Bank Sumut menargetkan jumlah nasabah prioritas hingga akhir 2017 mencapai 300 dengan total…

BNP Paribas Bidik Dana Kelola Rp 31 Triliun

Maraknya perusahaan manajer investasi mengeluarkan produk investasi dalam menghimpun dana masyarakat lebih besar lagi juga dilakukan BNP Paribas Investment Partners.…

BERITA LAINNYA DI BURSA SAHAM

Hary Tanoe Terima Gelar Kehormatan Sulsel

NERACA Makassar - Chairman MNC Group, Hary Tanoesoedibjo menerima gelar warga kehormatan dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) yang diberikan…

BEI Suspensi Perdagangan Saham Malacca

Setelah masuk dalam pengawasan PT Bursa Efek Indonesia (BEI), berikutnya perdagangan saham PT Malacca Trust Wuwungan Insurance Tbk (MTWI) dihentikan…

Panorama Bikin Anak Usaha Mitra Global

Menggeliatnya bisnis pariwisata saat ini memacu PT Panorama Sentrawisata Tbk (PANR) untuk lebih agresif mengembangkan bisnisnya. Teranyar, perseroan membentuk anak…