Tingkatkan Pelayanan, XL Kuras Dana Rp 9,2 Miliar

Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada konsumen, operators seluler PT XL Axiata Tbk (EXCL) mengalokasikan dana US$ 1 juta atau sekitar Rp9,2 miliar, "Investasi didorong untuk lebih memaksimalkan layanan kepada pelanggan, melalui peningkatan kualitas sistem, sumber daya manusia, maupun proses akses informasi," kata Direktur Service Management XL Ongki Kurniawan, di Jakarta akhir pekan kemarin.

Menurut Ongki, inovasi dan inisiatif baru telah dilakukan sejak pertengahan 2011, dan efektif telah mampu meningkatkan kinerja unit "customer services" (CS) dalam memberikan solusi atas keluhan, sekaligus meningkatkan edukasi kepada pelanggan.

Dia menjelaskan investasi sebesar US$ 1 juta akan digunakan untuk pengadaan simulasi device. Simulasi device merupakan piranti berteknologi yang memungkinkan operator CS dapat mengidentifikasi perangkat telekomunikasi yang digunakan pelanggan saat menghubungi petugas. "Melalui perangkat tersebut petugas CS dapat langsung mengarahkan pelanggan mendapatkan solusi atas keluhan yang disampaikan," ujarnya.

Sementara itu General Manager Customer Service PT XL Axiata Cut Noosy mengatakan, XL memiliki 5 jalur penanangan keluhan yaitu 818 (Interactive Voice Response/IVR), Concact Center 817, Korespondensi, XL Center, dan melalui Social Media.

Kata Cut, Contact Center 817 masih merupakan favorit pelanggan untuk menyampaikan keluhan karena dianggap langsung dapat berbicara dengan apra petugas CS selama 24 jam dalam sehari. "Contact Center 817 dilayani oleh 850 orang petugas, XL Center tersedia di 112 titik dengan 600 tenga CS profesional, dan melalui Xplor center yang akan dibuka pada tiga lokasi di Jakarta," ujarnya.

Selain itu, XL juga membuka layanan pelanggan melalui sosial media twitter ataupun facebook yang juga banyak dikunjungi oleh pelanggan. (bani)

BERITA TERKAIT

Penyaluran Dana Desa Capai Rp59,2 Triliun

      NERACA   Bogor - Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan Boediarso Teguh Widodo mengatakan realisasi dana desa…

Mega Manunggal Targetkan Laba Rp 200 Miliar - Proyeksi Kinerja 2018

NERACA Jakarta - PT Mega Manunggal Properti Tbk (MMLP) akan membangun dua sampai tiga gudang di tahun depan. Dengan begitu perusahaan ini…

PII Galang Dana Lewat Surat Utang - Bidik Dana Kelola Rp 21 Triliun

NERACA Jakarta – Merambah bisnis industri keuangan, PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau Indonesia Port Corporation (IPC) membentuk anak usaha…

BERITA LAINNYA DI BURSA SAHAM

Pasok Permintaan PLN - DWGL Kejar Produksi 8 Juta Ton Batu Bara

NERACA Jakarta – Resmi mencatatkan saham perdananya di pasar modal pada perdagangan Rabu (13/12), PT Dwi Guna Laksana Tbk (DWGL)…

Samindo Anggarkan Capex US$ 13,8 Juta

NERACA Jakrta - Tahun depan, PT Samindo Resources Tbk (MYOH) perusahaan penyedia jasa pertambangan batu mengalokasikan capex sebesar US$ 13,8…

Permintaan Ban TBR Meningkat - GJTL Genjot Produksi Jadi 3.500 Ban Perhari

NERACA Jakarta - Mengandalkan pasar ekspor dalam menggenjot pertumbuhan penjualan, PT Gajah Tunggal Tbk (GJTL) terus meningkatkan kapasitas produksi dan…