Kejar Target Pembiayaan, BRI Syariah Gandeng Grab

NERACA

Jakarta - PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Syariah menggandeng Grab Food atau perusahaan transportasi daring untuk mendorong penyaluran pembiayaan agar target tahun 2018 tercapai. Direktur Bisnis Ritel BRI Syariah, Widodo Januarso seperti dikutip Antara, kemarin, mengatakan target pembiayaan BRI Syariah tahun 2018 mencapai Rp1,5 triliun, dan dengan menggandeng Grab Food diharapkan terealisasi Rp2 Miliar, atau 20 persen dari total target.

Dalam kerja sama ini, kata dia, BRI Syariah memberikan fasilitas Pembiayaan Faedah Mikro bagi UMKM kuliner yang tergabung dalam rekanan Grab Food. "Kami juga akan mendapatkan manfaat dari kerja sama ini berupa data dan jaringan UMKM yang tergabung dalam Grab Food yang cukup luas," katanya.

Ia berharap kerja sama itu dapat memberikan nilai tambah bagi UMKM mitra Grab Food dan pengguna fasilitas itu juga semakin menjadi pilihan utama masyarakat. "Selain itu, mitra Grab Food juga akan mendapat keuntungan lebih, bagi yang memiliki agunan akan mendapatkan fasilitas pembiayaan dengan minimum 70 persen," katanya.

Alasan dipilihnya Grab, kata Widodo, karena menjadi salah satu penyedia layanan pengantaran makanan dan minuman dengan sistem daring yang populer di kalangan masyarakat. "Maka dari itu, kerja sama ini kami yakini bisa mempermudah penyaluran fasilitas Pembiayaan Faedah Mikro, sehingga pengusaha kuliner rekanan Grab Food bisa lebih meningkatkan kualitasnya," katanya.

Managing Director Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata mengatakan kerja sama ini sangat bagus, dan pihaknya menyambut baik kerja sama dengan BRI Syariah. "BRI Syariah merupakan satu-satunya Bank Syariah yang dapat menyalurkan subsidi KUR syariah bagi tenaga kerja sektor informal di Indonesia," katanya.

Ia berharap melalui kerja sama itu dapat memberikan nilai tambah bagi rekanan atau mitra Grab Food yang tersebar di seluruh Indonesia untuk mendapatkan tambahan modal dan membantu mengembangkan bisnis kuliner. Saat ini, kata dia, Grab Food mempunyai mitra sebanyak 60 ribu UMKM yang tersebar di 28 Kota. "Kami harap dengan kerja sama ini, semakin banyak mitra yang tergabung dengan Grab Food, dan mendapatkan fasilitas pembiayaan," katanya.

Sementara itu, kerja sama ditandai dengan penandatangan "memorandum of understanding" (MoU) oleh Direktur Bisnis Ritel BRI Syariah Widodo Januarso dan Managing Director Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata di Surabaya.

BERITA TERKAIT

IIF Target Salurkan Pembiayaan Infrastruktur Rp10 Triliun

  NERACA   Jakarta – PT Indonesia Infrastructure Finance (IIF) menargetkan bisa menyalurkan pembiayaan untuk infrastruktur mencapai Rp10 triliun. Hal…

Bukalapak Kembangkan Ekonomi Masyarakat - Gandeng Pusat Zakat Umat Islam

NERACA Jakarta– Bukalapak sebagai salah satu perusahaan teknologi terbesar di Indonesia berkomitmen untuk memperluas penetrasi literasi digital di Indonesia guna…

MMKSI Raih Capaian Positif dan Lampaui Target Penjualan di GIIAS 2018

MMKSI Raih Capaian Positif dan Lampaui Target Penjualan di GIIAS 2018 NERACA Jakarta - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales…

BERITA LAINNYA DI INFO BANK

Kinerja Positif, Bank DKI Raih Tiga Penghargaan

      NERACA   Jakarta - Catatkan kinerja keuangan positif pada triwulan II 2018, Bank DKI raih tiga penghargaan…

TunaiKita Ekspansi di 159 Kota dan Kabupaten Indonesia

      NERACA   Jakarta - Perusahaan Financial Lending Tunaikita mendukung target pemerintah mencapai finansial inklusi 75 persen di…

CIMB Niaga Bukukan Laba Konsolidasi Rp1,8 Triliun

      NERACA   Jakarta - PT Bank CIMB Niaga Tbk, membukukan perolehan laba bersih konsolidasi sebesar Rp 1,8…