Kejar Target Pembiayaan, BRI Syariah Gandeng Grab

NERACA

Jakarta - PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Syariah menggandeng Grab Food atau perusahaan transportasi daring untuk mendorong penyaluran pembiayaan agar target tahun 2018 tercapai. Direktur Bisnis Ritel BRI Syariah, Widodo Januarso seperti dikutip Antara, kemarin, mengatakan target pembiayaan BRI Syariah tahun 2018 mencapai Rp1,5 triliun, dan dengan menggandeng Grab Food diharapkan terealisasi Rp2 Miliar, atau 20 persen dari total target.

Dalam kerja sama ini, kata dia, BRI Syariah memberikan fasilitas Pembiayaan Faedah Mikro bagi UMKM kuliner yang tergabung dalam rekanan Grab Food. "Kami juga akan mendapatkan manfaat dari kerja sama ini berupa data dan jaringan UMKM yang tergabung dalam Grab Food yang cukup luas," katanya.

Ia berharap kerja sama itu dapat memberikan nilai tambah bagi UMKM mitra Grab Food dan pengguna fasilitas itu juga semakin menjadi pilihan utama masyarakat. "Selain itu, mitra Grab Food juga akan mendapat keuntungan lebih, bagi yang memiliki agunan akan mendapatkan fasilitas pembiayaan dengan minimum 70 persen," katanya.

Alasan dipilihnya Grab, kata Widodo, karena menjadi salah satu penyedia layanan pengantaran makanan dan minuman dengan sistem daring yang populer di kalangan masyarakat. "Maka dari itu, kerja sama ini kami yakini bisa mempermudah penyaluran fasilitas Pembiayaan Faedah Mikro, sehingga pengusaha kuliner rekanan Grab Food bisa lebih meningkatkan kualitasnya," katanya.

Managing Director Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata mengatakan kerja sama ini sangat bagus, dan pihaknya menyambut baik kerja sama dengan BRI Syariah. "BRI Syariah merupakan satu-satunya Bank Syariah yang dapat menyalurkan subsidi KUR syariah bagi tenaga kerja sektor informal di Indonesia," katanya.

Ia berharap melalui kerja sama itu dapat memberikan nilai tambah bagi rekanan atau mitra Grab Food yang tersebar di seluruh Indonesia untuk mendapatkan tambahan modal dan membantu mengembangkan bisnis kuliner. Saat ini, kata dia, Grab Food mempunyai mitra sebanyak 60 ribu UMKM yang tersebar di 28 Kota. "Kami harap dengan kerja sama ini, semakin banyak mitra yang tergabung dengan Grab Food, dan mendapatkan fasilitas pembiayaan," katanya.

Sementara itu, kerja sama ditandai dengan penandatangan "memorandum of understanding" (MoU) oleh Direktur Bisnis Ritel BRI Syariah Widodo Januarso dan Managing Director Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata di Surabaya.

BERITA TERKAIT

Dukung Rumah Terjangkau MBR - BTN Siap Ambil Peran Pembiayaan Rumah

NERACA Bali - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk siap menjadi integrator dalam menggerakkan sektor riil melalui pembiayaan perumahan di…

Kemenperin Gandeng IMIP Gelar Diklat 3 in 1 Industri Logam

NERACA Jakarta – Kementerian Perindustrian dan PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) sepakat menjalin kerja sama dalam upaya mencetak tenaga…

Pasar Modal Syariah Tumbuh Signifikan

NERACA Jakarta-  Positifnya kinerja industri pasar modal juga seirama dengan perkembangan industri pasar modal syariah di tahun ini. Bahkan Otoritas…

BERITA LAINNYA DI INFO BANK

Pendapatan Premi Asuransi Jiwa Naik Tipis

      NERACA   Jakarta - Pendapatan premi industri asuransi jiwa hanya naik tipis sebesar 1,2 persen secara tahunan…

2019, CIMB Niaga Syariah Targetkan Pembiayaan Rp35 Triliun

    NERACA   Bogor – Bank CIMB Niaga Syariah menargetkan untuk bisa menyalurkan pembiayaan di 2019 mencapai Rp35 triliun.…

Bank Muamalat Dukung Silaknas ICMI

    NERACA   Jakarta - PT Bank Muamalat Indonesia Tbk. ("Bank Muamalat") mendukung pelaksanaan Silaturahmi Kerja Nasional (Silaknas) Ikatan…