BNI Salurkan Layanan Pembiayaan Pelabuhan IPC

 

NERACA

 

Jakarta - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI menyalurkan layanan pembiayaan atas jasa kepelabuhanan yang digunakan oleh pelanggan PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau IPC melalui program "Port Service Financing" (PSF). Program PSF ini merupakan bagian dari komitmen BNI untuk menyalurkan kredit Supply Chain Financing (SCF) dengan total plafon sekitar Rp500 miliar.

"Pada kesempatan pertama BNI akan menyalurkan total kredit SCF sebesar Rp20 miliar kepada perusahaan yang menjadi pengguna setia layanan dari IPC," kata Direktur Hubungan Kelembagaan BNI Adi Sulistyowati dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (8/8). PSF bertujuan untuk menjamin kepastian pelayanan jasa kepelabuhanan setiap saat dan ditunjang dengan pembayaran yang mudah serta dapat dipantau langsung melalui "BNI direct".

Sebagai tahap awal program PSF ini, BNI telah menyiapkan Rp20 miliar yang dikhususkan pada dua layanan yaitu layanan jasa kapal dan jasa barang. Dengan demikian, sasaran perdana program PSF adalah Perusahaan Keagenan Kapal dan Perusahaan Bongkar Muat (PBM). Ke depan, diharapkan program tersebut tersedia untuk seluruh jenis pelayanan jasa kepelabuhanan.

Selain itu, BNI juga mendukung program "IPC Smart Card" yaitu kartu elektronik yang digunakan sebagai kartu akses masuk gate Pelabuhan Tanjung Priok. Kartu tersebut juga dapat digunakan untuk bertransaksi di tol maupun supermarket, pembelian tiket transportasi, serta menjadi sarana pembayaran di tenant-tenant yang ada di pelabuhan.

Berdasarkan data, terdapat sekitar 12.000 kendaraan yang keluar masuk gerbang pelabuhan Tanjung Priok ini setiap harinya, mulai dari truk hingga kendaraan roda dua. IPC Smart Card dengan fitur BNI TapCash di dalamnya diharapkan dapat mengurangi antrean di gerbang masuk karena transaksinya dilakukan secara elektronik.

"Sebagai bank yang berkomitmen menjadi partner keuangan dengan total financial solution, kami juga turut terlibat dalam pengembangan IPC Smart Card yang memiliki fitur BNI TapCash di dalamnya. Fitur tersebut memungkinkan transaksi baik di gerbang masuk maupun di dalam Pelabuhan Tanjung Priok terjadi secara 'cashless' atau tanpa uang tunai," ujarnya.

Direktur Utama IPC Elvyn G. Masassya, dalam kesmpatan yang sama, menyambut sinergi dua BUMN itu sebagai upaya korporasi untuk memberikan kemudahan bagi seluruh pelanggan pelabuhan selama 24 jam sehari dan tujuh hari seminggu. "Dengan adanya program baru tersebut diharapkan dapat meningkatkan pelayanan, kenyamanan dan efisiensi bagi para pelanggan IPC. Program ini merupakan bentuk nyata dari upaya manajemen untuk menjadikan IPC sebagai perusahaan berkelas dunia dan berbasis digital," ungkapnya.

Peluncuran IPC Smart Card ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Direktur Hubungan Kelembagaan BNI Adi Sulistyowati dan Direktur Operasi & Sistem Informasi IPC Prasetyadi di Jakarta, Selasa (7 Agustus 2018). Penandatanganan tersebut disaksikan oleh Direktur Utama IPC Elvyn G Masassya serta jajaran Direksi IPC. Ada pun penyaluran SCF tersebut juga ditandai dengan penandatanganan piagam oleh Direktur Bisnis Kecil dan Jaringan BNI Catur Budi Harto dan perwakilan dari pengguna layanan IPC.

 

BERITA TERKAIT

Kredit Perbankan Meningkat 12,40%

    NERACA Jakarta – Bank Indonesia (BI) mengatakan kredit perbankan meningkat 12,40 persen secara year on year (yoy) pada triwulan I-2024,…

Bank Saqu Catat Jumlah Nasabah Capai 500 Ribu

    NERACA Jakarta – Layanan perbankan digital dari PT Bank Jasa Jakarta (BJJ) yaitu Bank Saqu mencatat jumlah nasabah…

Bank DKI Gandeng Komunitas Mini 4WD untuk Dukung Transaksi Non Tunai

    NERACA Jakarta – Bank DKI menggandeng komunitas Mini 4WD untuk memperkenalkan aplikasi JakOne Mobile sebagai upaya mendukung penerapan…

BERITA LAINNYA DI Jasa Keuangan

Kredit Perbankan Meningkat 12,40%

    NERACA Jakarta – Bank Indonesia (BI) mengatakan kredit perbankan meningkat 12,40 persen secara year on year (yoy) pada triwulan I-2024,…

Bank Saqu Catat Jumlah Nasabah Capai 500 Ribu

    NERACA Jakarta – Layanan perbankan digital dari PT Bank Jasa Jakarta (BJJ) yaitu Bank Saqu mencatat jumlah nasabah…

Bank DKI Gandeng Komunitas Mini 4WD untuk Dukung Transaksi Non Tunai

    NERACA Jakarta – Bank DKI menggandeng komunitas Mini 4WD untuk memperkenalkan aplikasi JakOne Mobile sebagai upaya mendukung penerapan…