Perkuat Ekspor, PPI Gandeng Diaspora Indonesia

NERACA

Jakarta - Dewan Bisnis Diaspora Indonesia (IDBC) menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dengan PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI Persero) guna memperkuat ekspor produk Indonesia ke luar negeri. Penandatanganan MoU antara Wakil Presiden IDBC Astrid Vasile dan Direktur Perdagangan Internasional PPI (Persero) A. Yaniarsyah Hasan berlangsung di Jakarta, Rabu (8/8). “Tujuan MoU dengan diaspora ini adalah untuk kita bersama-sama menyatukan kekuatan untuk meningkatkan ekspor Indonesia,” ujar A. Yaniarsyah.

Astrid menjelaskan bahwa diaspora memang mempunyai pengetahuan terkait dengan kebijakan setempat dan produk-produk apa saja yang sesuai dengan karakteristik pasar di luar negeri. “Diaspora tahu produk UKM yang cocok dipasarkan di sana (luar negeri) sehingga dapat membantu mengidentifikasi dan mempromosikan produk tersebut guna mempenetrasi pasar luar negeri,” jelas Astrid.

Ia menambahkan bahwa untuk saat ini pihaknya fokus dalam membantu pengusaha Indonesia memiliki pemahaman yang sama dari segi kualitas produk, memilih mitra bisnis, dan mengenali kebijakan dagang Australia agar bisa memasukan produknya ke negara tersebut. “Sementara fokus ke Australia dulu, tetapi ini tetap akan memberikan manfaat ekonomi yang besar terhadap Indonesia dan juga Australia,” pungkasnya.

Pengamat perdagangan Indonesia-Australia, Leny Maryouri percaya bahwa adanya MoU ini menjadi langkah awal dalam mempercepat proses ekspor dan impor. “Ini pintu masuk bagi PPI untuk bersinergi dengan diaspora dalam peningkatan laju perdagangan antar beberapa negara, terutama dalam hal ekspor produk Indonesia ke luar negeri dan juga beberapa produk impor,” ujar Leny.

Ketika ditanya produk ekspor-impor yang potensial antara Australia dan Indonesia, doktor jebolan Universitas Curtin, Australia, itu menjawab, “Dari Indonesia contohnya kopi dan rempah-rempah yang demand-nya semakin tinggi dan saat ini banyak Australia impor dari Laos dan Vietnam. Sementara dari Australia ke Indonesia seperti daging dan hasil peternakan,” pungkasnya.

BERITA TERKAIT

NFC Indonesia Kuasai 99% Saham DCE - Perkuat Bisnis Periklanan Digital

NERACA Jakarta – Geliat pertumbuhan bisnis digital, memacu PT NFC Indonesia Tbk (NFCX) melalui anak usahanya PT Digital marketing Solution…

Menteri Susi: 10.000 Orang Berintegritas Indonesia Disegani

Menteri Susi: 10.000 Orang Berintegritas Indonesia Disegani NERACA Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyatakan jika Indonesia mempunyai…

EKSPOR RAJUNGAN INDONESIA

Nelayan membongkar rajungan hasil tangkapan di Karangsong, Indramayu, Jawa Barat, Minggu (12/8). Nilai ekspor daging rajungan Indonesia pada 2017 mencapai…

BERITA LAINNYA DI BERITA EKONOMI

Pentingnya Memanfaatkan Energi Baru dan Terbarukan

      NERACA   Jakarta - Pemanfaatan Energi Baru dan Terbarukan (EBT) merupakan penentu tercapainya kedaulatan energi. Indonesia pun…

Taiwan akan Jadikan Indonesia Basis Produksi di Asia

      NERACA   Jakarta - Pemerintah New Taipei City bekerjasama dengan Taiwan External Trade and Development Council di…

LG Targetkan Penjualan AC Komersil Naik 30% - Sertifikasi Uji Hemat Listrik

      NERACA   Jakarta – PT LG Electronics Indonesia (LG) baru saja mengantongi uji hemat listrik dari lembaga…