Perkuat Jiwa Nasionalisme - BTN Ajak Peserta Siswa Mengenal Nusantara

Sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan dan juga dalam rangka menyambut hari ulang tahun  Kemerdekaan Republik Indonesia ke -73, PT Bank Tabungan Negara (Persero) menyukseskan serangkaian program BUMN Hadir Untuk Negeri, salah satunya adalah program Siswa Mengenal Nusantara (SMN). Program yang sudah dilaksanakan sejak tahun 2015 merupakan program pertukaran siswa yang diinisiasi Kementerian BUMN yang bertujuan menanamkan rasa bangga dan cinta tanah air kepada siswa SMA/SMK/SLB.

Tahun ini, Bank BTN melibatkan 23 siswa-siswi Provinsi Bengkulu yang terpilih dari 60 siswa yang telah diseleksi mengikuti program SMN untuk diberangkatkan ke Mamuju, Sulawesi Barat. Siswa tersebut akan mengikuti rangkaian kegiatan SMN selama kurang lebih 12 hari di Mamuju dan ibukota Jakarta.”Kami sangat bangga dengan para siswa-siswi Bengkulu yang antusias mengikuti program SMN, kami harap mereka mendapat pengalaman berharga dengan belajar dan mengeksplorasi seni dan budaya daerah lain dan mengenal beragam potensi ekonomi dan wisata daerah,” kata Direktur Bank BTN, Dasuki Amsir dalam siaran persnya saat melepas siswa-siswi peserta SMN di Kota Bengkulu, Jumat (3/8).

Pada kesempatan yang sama, Dasuki juga mengapresiasi jajaran pemerintah provinsi Bengkulu  yang terlibat dalam menyukseskan Program SMN di Bengkulu, mulai dari proses seleksi, pelepasan hingga penerimaan SMN. “Kerjasama dan koordinasi serta kekompakan yang ditunjukkan Pemprov Bengkulu sangat baik menyukseskan serta mendukung program SMN, kami harapkan Bengkulu dapat lebih maju dan berkembang lewat Progam BUMN Hadir untuk Negeri,” kata Dasuki.

Siswa yang terpilih mengikuti SMN sebanyak 23 orang, diantaranya 20 pelajar yang duduk di kelas XI dan tiga pelajar difabel dari SLB.  Para siswa SMN dari Bengkulu di Mamuju dijadwalkan akan mengunjungi sejumlah lokasi penting, diantaranya objek wisata Lombang-lombang, Alam Kanang,pulau Karampuang, Pantai Manakarra dan situs sejarah seperti Masjid Imam Lapeo, dan study tour melihat langsung pabrik cokelat dan beras, serta studi banding ke sejumlah sekolah unggulan di Mamuju.

Para siswa juga mendapat kesempatan memelajari proses tenun Sutera Mandar khas Mamuju.  Selama di Mamuju, para siswa akan didampingi oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. “Program SMN tahun ini berbeda karena sarat dengan ilmu yang diharapkan dapat lebih menguatkan jiwa nasionalisme diantaranya materi Bela Negara seperti penerapan ideologi Pancasila, dan Bhinneka Tunggal Ika dalam kehidupan sehari-hari dan nilai-nilai kebangsaan yang bisa meningkatkan kecintaan mereka terhadap tanah air,” kata Dasuki.

Setelah mengikuti rangkaian acara di Mamuju, para siswa Bengkulu akan melawat ke Kantor Bank BTN di Jakarta. Mereka akan dibekali pengetahuan mengenai produk perbankan, sejarah Bank BTN dan peran serta Bank BTN dalam mendukung pemerintah khususnya dalam Program Sejuta Rumah.  Setiap siswa nanti  mendapatkan tabungan “Juara”, produk tabungan khusus pelajar dari Bank BTN. “Literasi keuangan sangat penting diajarkan ke anak-anak, karena mereka sudah memiliki mimpi masa depan, atau rencana-rencana khusus yang ingin mereka wujudkan dengan menabung,” kata Dasuki.

Sementara itu peserta SMN yang terpilih dari Mamuju akan diterima di Bengkulu untuk mempelajari keanekaragaman adat istiadat, kekayaan alam dan nilai-nilai budaya di Bengkulu. “Bengkulu memiliki sejumlah situs sejarah perjuangan bangsa meraih kemerdekaan yang bisa mengingatkan generasi muda tentang perjuangan para pahlawan,” kata Dasuki. 

Situs sejarah yang dimaksud diantaranya, Rumah Pengasingan Bung Karno, Benteng Marlborough, Rumah Fatmawati. Selain situs sejarah, para siswa juga diajak melihat langsung bunga langka Raflesia Arnoldi. Dua puluh enam siswa SMN yang dari Mamuju juga mendapat kesempatan  langsung mempelajari proses produksi  teh celup, kopi Robusta dan pembuatan sirup jeruk Kalamansi  yang menjadi ciri khas Bengkulu.  Selain study tour ke kebun teh dan kopi tersebut, siswa SMN juga mengenal lebih jauh kain Besurek, khas Bengkulu di kabupaten Kapahiang.

Selain SMN, Bank BTN  juga akan menggarap serangkaian bangtuan untuk pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat diantaranya, pembangunan taman bacaan, renovasi sekolah, beasiswa, elektrifikasi, perbaikan sarana dan prasarana umum. Sebagai puncak dari acara BUMN Hadir untuk Negeri di Bengkulu,  Bank BTN berencana menggelar Upacara Bendera 17 Agustus yang dirangkai dengan kegiatan jalan sehat dan pasar murah bagi warga Bengkulu. “Sebagai BUMN, dengan peranan sebagai agent of development kami memiliki komitmen untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat  lewat bantuan langsung, dan kesuksesan kami membantu pemerintah tak lepas dari sinergi yang dilakukan antar BUMN,” kata Dasuki.

 

BERITA TERKAIT

IHSG Melemah di Tengah Penguatan Bursa Asia

NERACA Jakarta – Mengakhiri perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) Rabu (17/4) sore, indeks harga saham gabungan (IHSG) ditutup…

Danai Refinancing - Ricky Putra Globalindo Jual Tanah 53 Hektar

NERACA Jakarta – Perkuat struktur modal guna mendanai ekspansi bisnisnya, emiten produsen pakaian dalam PT Ricky Putra Globalindo Tbk (RICY)…

Libur Ramadan dan Lebaran - Trafik Layanan Data XL Axiata Meningkat 16%

NERACA Jakarta – Sepanjang libur Ramadan dan hari raya Idulfitr 1445 H, PT XL Axiata Tbk (EXC) atau XL Axiata…

BERITA LAINNYA DI Bursa Saham

IHSG Melemah di Tengah Penguatan Bursa Asia

NERACA Jakarta – Mengakhiri perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) Rabu (17/4) sore, indeks harga saham gabungan (IHSG) ditutup…

Danai Refinancing - Ricky Putra Globalindo Jual Tanah 53 Hektar

NERACA Jakarta – Perkuat struktur modal guna mendanai ekspansi bisnisnya, emiten produsen pakaian dalam PT Ricky Putra Globalindo Tbk (RICY)…

Libur Ramadan dan Lebaran - Trafik Layanan Data XL Axiata Meningkat 16%

NERACA Jakarta – Sepanjang libur Ramadan dan hari raya Idulfitr 1445 H, PT XL Axiata Tbk (EXC) atau XL Axiata…