Harga All New Brio Kemungkinan Bakal Diumumkan Pada September

PT Honda Prospect Motor (HPM) berencana mengumumkan harga All New Brio pada bulan September atau Oktober 2018, setelah diluncurkan pertama kalinya pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 di ICE-BSD City, Tangerang, Banten.

Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual PT HPM, Jonfis Fandy, menjelaskan bahwa penetuan harga Brio generasi kedua itu memerlukan waktu karena termasuk kategori low cost green car (LCGC).

"Biasanya akan ada evaluasi. Mungkin September-Oktober ini akan diumumkan harganya. Karena ini termasuk LCGC, kami tidak bisa semena-mena menetapkan harga jual All New Brio," kata Jonfis Fandy di ICE-BSD City, disalin dari Antara.

Kendati demikian, Jonfis memastikan bahwa All New Brio sudah siap dipesan dan akan didistribusikan kepada konsumen mulai Oktober 2018. Sejak pertama kali diluncurkan pada 2012 hingga saat ini, Honda Brio meraih total penjualan sebesar 237.272 unit di Indonesia. Penjualan Honda Brio di Indonesia mencapai 58 persen dari total penjualan Brio di seluruh dunia yang menjadikan Indonesia sebagai "leading country" dalam pengembangan model ini.

Pada 2018, Honda R&D Asia Pacific Co Ltd (HRAP) yang berfokus pada penelitian dan pengembangan mobil di wilayah Asia & Oseania, mulai mengembangkan Honda Brio generasi kedua dengan peningkatan pada semua aspek yang ada di generasi pertamanya.

Brio terbaru menggunakan mesin 1.2L i-VTEC 4 silinder terdiri dari katup tunggal dengan ekspansi di bagian rasio katup (exhaust delay) yang disempurnakan agar konsumsi bahan bakar lebih baik dengan mengurangi gesekan di setiap bagian mesin.

Honda juga telah mengurangi jumlah emisi dengan mengkombinasikan exhaust manifold dengan kepala silinder, dan menempatkan catalytic converter langsung dibawah exhaust manifold untuk meningkatkan pendinginan di ruang pembakaran.

HPM memperkenalkan generasi kedua dari kendaraan city car, Honda Brio, untuk pertama kalinya di dunia (world premiere). Honda Brio generasi kedua diluncurkan pertama kalinya di Tanah Air karena Indonesia dinilai sebagai pasar terpenting Honda di lingkup regional hingga global.

"Indonesia merupakan salah satu pasar terpenting bagi Honda di skala regional maupun global, dengan penjualan mobil tertinggi bagi Honda di wilayah Asia & Oceania," kata Chief Officer Regional Operations (Asia and Oceania) Honda Motor Co, sekaligus President & CEO Asian Honda Motor Co, Masayuki Igarashi.

"Pencapaian tersebut didukung oleh model-model yang dikembangkan secara lokal, seperti Honda Brio, Honda Mobilio dan Honda BR-V," kata Masayuki Igarashi.

Ia menambahkan, "Peluncuran All New Honda Brio merupakan komitmen Honda untuk mempertahankan momentum tersebut, sekaligus memenuhi kebutuhan konsumen di Indonesia."

Hingga saat ini, total 237.272 unit Honda Brio sudah terjual di seluruh Indonesia. Honda Brio pertama kali diluncurkan di Indonesia pada 2012, disusul Honda Brio Satya pada 2013 sebagai mobil LCGC (Low Cost Green Car).

Pada 2016, Honda Brio mengalami penyegaran dari sisi tampilan yang semakin premium dan fitur yang semakin lengkap. Tak hanya itu, Honda juga memperkenalkan varian Honda Brio RS yang menawarkan karakter lebih sporty.

Honda Brio generasi kedua dikembangkan untuk meningkatkan seluruh aspek dari generasi sebelumnya berdasarkan kebutuhan konsumen. Brio terbaru menekankan sisi desain yang semakin dinamis dan sporty, dimensi yang lebih besar, serta ruang kabin dan bagasi yang semakin lapang.

BERITA TERKAIT

Pasar Bereaksi Positif pada Capres-Cawapres

Oleh: Ahmad Wijaya Pengumuman dua pasangan calon presiden dan wakil presiden pada Kamis (9/8) sudah ditunggu-tunggu oleh pelaku pasar yang…

Sarana Menara Rencanakan Buyback Saham 5% - Jaga Pertumbuhan Harga Saham

NERACA Jakarta – Berdasarkan hasil rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB), emiten infrastruktur telekomunikasi PT Sarana Menara Nusantara Tbk.…

PNM Luncurkan Mekaar Syariah pada Awal Agustus

PNM Luncurkan Mekaar Syariah pada Awal Agustus NERACA Yogyakarta - PT Permodalan Nasional Madani (PNM) melalui program Membina Ekonomi Keluarga…

BERITA LAINNYA DI OTOMOTIF

Produksi Alat Mekanis Multiguna Pedesaan Digenjot

Pemerintah terus memacu produktivitas dan daya saing industri otomotif di dalam negeri agar mampu memenuhi kebutuhan konsumen domestik dan semakin…

Kemenperin Sebut Laju Industri Otomotif Kian Melesat

Industri otomotif merupakan salah satu dari lima sektor manufaktur yang tengah diprioritaskan pengembangannya karena akan menjadi pionir dalam penerapan revolusi…

Industri Otomotif Siap Perluas Penggunaan B20

Industri otomotif menyatakan kesiapannya dalam memperluas penggunaan Biodiesel 20 untuk seluruh kendaraan bermesin diesel di Indonesia. "Kami siap mendukung implementasi…