Gigit Peruntungan Usaha Bakso Gulung

Kreativitas dalam usaha kuliner memang kerap memberikan keuntungan. Meski dengan usaha dan jenis yang sama, tapi jika diakselerasi dengan kreativitas mampu mendongkrak usaha yang digeluti. Apalagi, jika tampil kekinian dengan segala inovasi dan mampu mengikuti tren kuliner kekinian alias jaman sekarang.

Seperti yang dilakukan oleh Eric Indra Prana. Ia menciptakan menu bakso gulung kribo. Sajian ini berupa bakso yang dililit dengan telur dan bihun dan ditambah tepung krispi biar lebih kriuk. Camilan sejenis ini, biasanya banyak ditemui dengan memakai sosis.

Usaha camilan ini baru Eric mulai sekitar dua bulan lalu. Ia membuka gerai pertamanya di Rancaekek, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Sejak awal, Eric memang ingin memberi peluang bagi orang lain. Oleh karena itu, saat membuka gerainya pertamanya, dia juga langsung membuka peluang kemitraan. Kini, sudah ada beberapa calon mitra yang berminat. "Saya optimistis bila potensi usaha ini akan bagus kedepan karena bakso selalu disukai dari jaman dulu sampai sekarang," katanya.

Menyasar kalangan menengah, Eric menjual bakso Rp 2.500 per tusuk. Untuk menunya hanya ada satu yaitu bakso gulung dengan empat pilihan saus yaitu original, piza, balado, dan keju.

Tertarik dengan usaha ini? Bakso Gulung Kribo menawarkan kemitraan dengan investasi Rp 9 juta. Fasilitas yang didapatkan mitra adalah satu unit booth, perlengkapan masak lengkap, bahan baku awal sebanyak 200 tusuk bakso gulung dan pelatihan. Supaya kualitas terjaga, mitra wajibkan untuk mengambil tepung krispi dari pusat.

Berdasarkan perhitungan Eric, mitra akan bisa mengembalikan modalnya dalam waktu sekitar dua sampai tiga bulan.

Dengan catatan, dalam sehari dapat menjual sekitar 200 tusuk. Setelah dikurangi biaya bahan baku dan operasional, porsi keuntungan bersih yang bisa di kantongi mitra sekitar 50%.

Sadar akan produknya masih baru, Eric getol melakukan promosi lewat media digital seperti pemasangan iklan Facebook, Instagram, website, dan lainnya.

BERITA TERKAIT

DSSA Suntik Anak Usaha Senilai Rp 4,5 Miliar

NERACA Jakarta –Dukung pengembangan bisnis anak usaha, PT Dian Swastatika Sentosa Tbk (DSSA) menambah modal pada anak usaha, PT Buana…

Usaha Kecil Disebut Serap Paling Banyak Pekerja

NERACA Jakarta – Survei Organization of Economic Cooperation Development (OECD) menunjukkan sektor usaha kecil dan menengah (UKM) menyerap paling banyak…

Indah Kiat Suntik Modal Anak Usaha

NERACA Jakarta – Danai pengembangan bisnis anak usaha, PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk (INKP) tambah modal dasar PT…

BERITA LAINNYA DI PELUANG USAHA

Pertemuan IMF –WB Momentun Perkenalkan Produk UMKM Nasional Dikancah International

Pertemuan tahunan IMF – World Bank (WB)  yang berlangsung di Nusa Bali harus bisa menjadi momentum memperkenalkan produk  usaha mikro,…

Sruput Dinginnya Usaha Minuman Bubble

Meski tidak seheboh dulu minuman bubble . Tapi usaha ini masih menyimpan potensi. Pemain baru usaha ini juga masih muncul…

Jajaki Gurihnya Usaha Jajan Martabak

Jajanan Martabak merupakan salah satu kudapan yang sangat familiar di lidah masyarakat Indonesia. Disajikan dengan berbagai varian rasa, martabak tak…