Indofood Edukasi Remaja Pentingnya Hidup Sehat - Kurangi Permasalahan Gizi

Sehat itu mahal, rupanya slogan tersebut belum semuanya disadari oleh masyarakat dalam kehidupan sehari- hari dalam menjaga pola makan dan pola hidup sehat. Padatnya kesibukan dan mobilitas yang tinggi, terkadang menyita mereka untuk memulai hidup sehat dari hal yang kecil. Namun kini seiring dengan pesatnya pertumbuhan digital dan mefasilitasi mereka yang memiliki kesibukan untuk mendapatkan informasi tentang kesehatan, Ruangguru, PT Indofood Sukses Makmur Tbk (Indofood), dan Positive Deviance Resource Centre Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (PDRC FKM UI) mengumumkan kolaborasi dengan meluncurkan program Hidup Sehat Yuk! Berupa konten edukasi digital mengenai kesehatan yang dapat diakses di aplikasi Ruangguru.

Belva Devara, Co-Founder dan CEO Ruangguru mengatakan, sebagai startup penyedia layanan dan konten pendidikan berbasis teknologi pertama di Indonesia, pihaknya tidak hanya menyediakan konten belajar yang berkualitas, namun juga ingin memberikan nilai lebih dengan menghadirkan layanan edukasi kesehatan berbasis digital,”Kami percaya kecerdasan anak ditunjang oleh kesehatan dan juga pemenuhan gizi yang seimbang. Oleh karena itu, kolaborasi ini diharapkan bisa memberikan dampak yang luas bagi anak-anak di Indonesia,” ujarnya di Jakarta, kemarin.

Sementara Direktur Indofood yang juga Co-Chair Scaling Up Nutrition Business Network Axton Salim, menambahkan, permasalahan gizi utama adalah stunting. Upaya preventif untuk mengurangi permasalahan gizi bangsa tersebut harus dimulai sejak dini. “Kami percaya bahwa edukasi melalui aplikasi digital dirasakan lebih sesuai dengan kebiasaan generasi Z, sehingga kerja sama ini diharapkan dapat membantu menjangkau lebih banyak remaja dalam waktu yang lebih singkat.”harapnya.

Asal tahu saja, berdasarkan laporan baseline SDG tentang anak Indonesia tahun 2017 yang diterbitkan oleh Bappenas dan UNICEF, beban ganda malnutrition Indonesia merupakan masalah yang sangat serius. Pada tahun 2013, 12% anak di bawah usia 5 tahun terkena wasting (berat badan rendah dibanding tinggi badan) dan jumlah yang sama mengalami overweight (kelebihan berat badan). Sementara itu di tahun yang sama ada sekitar 37% anak dibawah 5 tahun mengalami stunting.

Melihat hal tersebut, Indofood dan PDRC FKM UI telah berinisiatif untuk melakukan pendidikan tentang pentingnya gizi seimbang dan kesehatan kepada remaja dengan topik mengenai 1000 hari pertama kehidupan, anemia pada remaja, gizi seimbang, dan kesehatan remaja yang semula dilakukan melalui penyuluhan secara langsung, kini dikemas dengan pendekatan yang jauh lebih modern dan relevan dengan gaya belajar anak saat ini.

Mengingat perlunya pengetahuan tentang gizi agar menjangkau lebih banyak remaja putri dalam waktu yang cepat, Indofood dan PDRC FKM UI menggandeng Ruangguru yang merupakan penyedia layanan pendidikan berbasis teknologi terbesar di Indonesia. Saat ini Ruangguru memiliki lebih dari 8,5 juta pengguna. Nantinya, melalui aplikasi Ruangguru akan tersedia konten pelajaran bernama Hidup Sehat Yuk! yang dapat dinikmati oleh pengguna ruangbelajar kelas 7-12. Konten tersebut terdiri dari video belajar, kuis, rangkuman, dan juga latihan topik.

Guru besar FKM UI, Endang L. Achadi menegaskan, masalah kesehatan dan gizi harus ditangani segera. Stunting sebagai contoh, bukan sekadar masalah ukuran tubuh, tetapi yang lebih penting adalah anak yang stunting kemungkinan besar juga mengalami hambatan pertumbuhan dan perkembangan organ-organ lainnya, seperti otak, jantung, dan ginjal, sehingga berpengaruh terhadap kemampuan kognitif (kecerdasan) dan risiko berbagai penyakit tidak menular (PTM) saat dewasa, seperti hipertensi, diabetes, dan penyakit jantung.

Selain itu, masalah kesehatan yang banyak dihadapi remaja putri adalah anemia yang disebabkan oleh konsumsi makanan yang tidak bergizi seimbang. “Kami sangat mengapresiasi kolaborasi yang dilakukan oleh Indofood dan Ruangguru untuk membantu remaja mulai menyadari pentingnya gizi dan kesehatan untuk masa depan Indonesia yang lebih cerah dan gemilang,”tandasnya.

Pada pelucuran program Hidup Sehat Yuk, hadir content creator Gita Savitri selaku brand ambassador Ruangguru yang memaparkan fakta dan masalah kesehatan yang sering dihadapi remaja, kemudian dilanjutkan oleh aktor Iqbaal Ramadhan untuk memaparkan solusi yang dibuat berdasarkan kerja sama Ruangguru, Indofood, dan PDRC FKM UI. Keduanya, merupakan figur generasi muda Indonesia yang peduli terhadap pendidikan di Indonesia.

BERITA TERKAIT

Memilih Pemimpin Amanah, Jangan yang Hidup Mewah

  Oleh : Joko Aristanto, Pemerhati Ekonomi, Sosial dan Politik               Posisi ke-85 pada daftar 100 orang terkaya di…

Indonesia-Inggris Perkuat Kerja Sama Sektor Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Indonesia-Inggris Perkuat Kerja Sama Sektor Lingkungan Hidup dan Kehutanan NERACA Katowice, Polandia - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Sabtu, 8…

Bhinneka Life Edukasi Guru Ekonomi Pahami Literasi Pengelolaan Keuangan

Bhinneka Life Edukasi Guru Ekonomi Pahami Literasi Pengelolaan Keuangan NERACA Semarang, Jateng - Direktur SDM dan Umum Bhinneka Life, Rully…

BERITA LAINNYA DI CSR

Kolaborasi Kitabisa.com dan Baznas - Gojek Gotong Royong “Bangun” Palu dan Donggala

Peduli atas nama kemanusiaan untuk korban gempa dan tsunami Palu dan Donggala, Gojek bersama mitra driver dan konsumennya ikut ambil…

Peduli Dunia Pendidikan - PetroChina Salurkan Beasiswa Pelajar Berprestasi

Sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR) pada dunia pendidikan, SKK Migas-PetroChina Internasional Jabung Ltd menyalurkan…

Bersama Rumah Zakat - Pertamina Tanam 10 Ribu Pohon Magrove di Aceh Besar

PT Pertamina (Persero) MOR I Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Krueng Raya, Kabupaten Aceh Besar, bersama Rumah Zakat Aceh menanam…