Mobile Phone Capai 10 Miliar pada 2016

Neraca. Lalu lintas data seluler diperkirakan meningkat 18 kali lipat mencapai 10,8 exabyte setiap bulan atau 130 exabyte setiap tahun, hingga 2016. Lonjakan itu sebagian besar disebabkan peningkatan drastis jumlah perangkat mobile yang terkoneksi ke Internet.

Jaringan selular terkemuka, Cisco, memprediksi jumlah perangkat mobile akan mencapai sekitar 10 milyar pada 2016 mendatang. Sementara jaringan data akan mengangkut sekitar 130 eksabita per tahun, setara dengan sekitar 33 milyar DVD. Cisco juga meramalkan sekitar 8 miliar lalu lintas data terjadi melalui smartphone.

Cisco juga yakin akan ada 5 miliar dari perangkat tablet. Jika pasar tablet memang benar membengkak seperti perkiraan, maka akan terjadi lompatan 25% dari angka global saat ini. Selain itu, Cisco memperkirakan bahwa pada tahun 2016, sedikitnya 21% dari pengguna tablet, semata-mata hanya mengandalkan pada data broadband mobile untuk terhubung ke internet.

Secara keseluruhan akan terjadi lalu lintas data via perangkat mobile sebesar 10,8 exabyte per bulan, atau 130 exabyte per tahun di seluruh dunia. Tiga tahun yang lalu Cisco pernah memperkirakan peningkatan akan permintaan layanan 4G di seluruh dunia. Dan perkiraan itu terbukti benar adanya.

meningkatan trafik data mobile menunjukkan laju pertumbuhan tahunan gabungan (CAGR) sebesar 78 persen selama periode tersebut. Lonjakan trafik Internet mobile di tahun 2015 dan 2016 sendiri diperkirakan tiga kali lipat dari angka perkiraan Internet mobile di tahun 2012.

Tren yang tumbuhan tersebut termasuk:

Lebih Banyak Perangkat Mobile Terkoneksi: Akan ada lebih dari 10 miliar perangkat mobile yang terkoneksi ke Internet pada tahun 2016, termasuk modul machine-to-machine (M2M).

Peningkatan Kemampuan Komputasi: Perangkat mobile akan memiliki kemampuan lebih kuat sehingga dapat mengkonsumsi dan menghasilkan lebih banyak trafik data.

Lebih banyak konten streaming: Konsumen menghendaki lebih banyak konten on-demand atau streaming dibandingkan konten yang diunduh, trafik cloud mobile akan meningkat, tumbuh 28 kali lipat dari 2011 sampai 2016, CAGR sebesar 95 persen.

Peningkatan Kecepatan Jaringan Mobile:Dengan kecepatan lebih tinggi maka akan menghasilkan lebih banyak konsumsi, dan Cisco memperkirakan kecepatan koneksi mobile (termasuk jaringan 2G, 3G dan 4G) akan meningkat sembilan kali lipat sepanjang 2011 sampai 2016.

Lebih Banyak Video Mobile: Pengguna mobile menginginkan pengalaman terbaik yang juga berarti menginginkan video mobile, yang mencakup 71 persen dari keseluruhan trafik data mobile pada 2016.

BERITA TERKAIT

BNI Syariah Bukukan Laba Rp246 miliar

      NERACA   Jakarta - BNI Syariah membukukan laba bersih Rp246 miliar pada triwulan III-2017, tumbuh 14,6 persen…

Bank Sumut Targetkan Kelola Dana Nasabah Prioritas Rp400 miliar

      NERACA   Medan - Bank Sumut menargetkan jumlah nasabah prioritas hingga akhir 2017 mencapai 300 dengan total…

Nilai Emisi Obligasi Capai Rp 115,03 Triliun

PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat total emisi surat utang atau obligasi sejak awal tahun hingga Oktober 2017 ini mencapai…

BERITA LAINNYA DI

Sisa Kanal 3G Jadi Rebutan - Pemerintah Undur Jadwal Lelang

    NERACA Persaingan operator seluler makin tak terbendung. Peningkatan kualitas layanan serta tranformasi teknologi komunikasi adalah sebagian dari pemicunya,…

Operator Seluler Tangkap Peluang Ramadan - Momentum untuk Bersilaturahmi

Ramadan memberikan berkah tersendiri bagi operator. Ini dipicu karakter masyarakat Indonesia yang memanfaatkan Ramadan sebagai momentum untuk bersilaturahmi maupun mempererat hubungan…

Kuota Habis, Internet Tetap Jalan

NERACA AlwaysOn, memberi keleluasaan mengakses internet tanpa khawatir dibatasi kuota maupun masa aktif yang terlalu singkat. Akses internet telah menjadi…