Kereta Sehat PT KAI Sambangi Warga Gandrungmangu - Berikan Layanan Pengobatan Gratis

Dalam rangka membuka akses dan menjangkau layanan kesehatan kepada masyarakat luas, PT Kereta Api Indonesia (Persero) belum lama ini memberikan layanan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis bagi warga Gandrungmangu, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah dengan menggunakan kereta sehat di Stasiun Gandrungmangun.”Kegiatan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan ini merupakan bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibilty) PT KAI khususnya Daop 5 Purwokerto yang dilaksanakan di Stasiun Gandrungmangun," kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi 5 Purwokerto, Supriyanto di Stasiun Gandrungmangun, Desa Gandrungmangu, Kecamatan Gandrungmangu, Cilacap, Rabu (18/7).

Dia menjelaskan, pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis tersebut untuk masyarakat dari sejumlah desa di sekitar Stasiun Gandrungmangun. Pihaknya mengundang sekitar 300 warga untuk mengikuti kegiatan tersebut meskipun tidak menutup kemungkinan jumlah yang hadir melebihi warga yang diundang.

Pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis, lanjutnya dilakukan di dalam kereta sehat dan dilayani oleh tiga dokter umum, dua dokter gigi, tenaga medis, optisien, dan apoteker. Pihaknya juga memberikan layanan pemeriksaan inspeksi visual dengan asam asetat (IVA) untuk mendeteksi kanker serviks sedini mungkin,”Rail Clinic' atau kereta sehat ini merupakan generasi keempat yang dilengkapi dengan sejumlah fasilitas seperti laboratorium, USG, ruang farmasi, ruang pemeriksaan gigi, dan sebagainya. Selain itu juga dilengkapi dengan 'Rail Library' atau Kereta Pustaka Digital yang ditujukan untuk anak-anak sekolah,”ungkapnya.

Supriyanto mengatakan, pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis tersebut rutin dilaksanakan di setiap daop secara bergantian minimal dua kali dalam setahun. PT KAI (Persero) saat ini memiliki empat rangkaian Kereta Sehat yang tersebar di Pulau Jawa dua unit dan Sumatra dua unit. Sementara salah seorang warga Desa Gandrungmangu, Sugino mengaku terbantu dengan adanya layanan kesehatan gratis dari PT KAI,”Kebetulan sejak tadi malam saya mengalami diare sehingga saya berobat ke sini. Saya sangat berterima kasih dengan adanya kegiatan ini," katanya.

Sebagai informasi, bedanya rail clinic ke empat ini dengan sebelumnya ada tambahan fasilitas perpustakaan elektonik dan manual, bukan fasilitas kesehatan saja. Rail Clinic merupakan bagian program Coorporate Social Responsibility (CSR) PT. KAI dalam bentuk penyediaan layanan kereta yang gerbongnya memiliki fasilitas kesehatan dasar dan menjangkau daerah-daerah terpencil yang memiliki stasiun. Dalam gerbong kereta Rail Clinic ini ada sejumlah fasilitas kesehatan seperti laboratorium yang dilengkapi untuk cek kadar gula darah dan cek air seni. Ada pula apotek, juga ruang periksa mata, ruang periksa umum, dan ruang bersalin serta laktasi di gerbong paling depan.

Sedangkan di gerbong bagian tengah terdapat ruang tindakan, ruang pemeriksaan gigi dan ruang pemulihan. Sedangkan di bagian belakang terdapat ruang perpustakaan elektornik yang memiliki enam computer layar sentuh dengan database berbagai bacaan untuk anak-anak. Manajer Hubungan Masyarakat PT KAI Daerah Operasi 6, Eko Budiyanto menuturkan, adanya rail clinic ini menyasar daerah-daerah terpencil yang selama ini kurang maksimal mendapat layanan bidang kesehatan juga pendidikan. “Termasuk jika ada daerah terpencil yang kena bencana, selama di wilayah itu ada rel kereta maka bisa dijangkau untuk distribusi obat-obatan, makanan, dan layanan kesehatan bagi warga,” ujar Eko.

Dalam kereta rail clinic ini, ruang perupstakaan juga difungsikan sebagai pembelajaran bagi anak-anak di wilayah terpencil untuk belajar mengenal teknologi informasi sejak dini. Seperti mengenal pembelian tiket secara online dan layanan berbasi aplikasi lain. Kereta Rail Clinic empat ini merupakan alih fungsi dari kereta jenis Nippon Sharyo Sidotopo. Kereta ini memiliki tiga unit kereta penggerak dan satu kereta idle.

Kereta KAI ini didukung catudaya listrik genset 300 KVA dan tujuh unit Air Conditioner Package Thermoral sebagai sistem pendingin.Kereta Rail Clinic pertama sendiri diluncurkan pertama untuk operasional di wilayah Jawa, yang kedua di Palembang Sumatera Selatan, dan rail clinic ketiga di Tanjung Karang Lampung.

BERITA TERKAIT

Kota Pintar Harus Berikan Layanan Cepat, Akurat dan Murah

    NERACA   Tangerang - Program "smart city" atau kota pintar yang sedang didorong pemerintah untuk dapat diterapkan di…

Kebijakan PT KAI Tidak Konsisten

Ada yang menarik jika melihat perbandingan akses keluar masuk di stasiun Cikini dan Gondangdia, dimana akses pintu Utara dan Selatan…

Dishub Jabar Gelar Mudik Gratis "Selamanya"

Dishub Jabar Gelar Mudik Gratis "Selamanya" NERACA Bandung - Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Barat…

BERITA LAINNYA DI CSR

Tingkatkan Kualitas Budidaya Ikan Lele - Indah Kiat Berikan Bantuan 24 Ribu Bibit Lele Sangkuriang

Ciptakan produktivitas budidaya ikan lele yang berkualitas guna menunjang peningkatan kesejahteraan warga, unit industri Asia Pulp & Paper (APP) Sinar…

Sumbangkan Dana US$ 1 Juta - Google.org Bantu Persiapan Bencana di Indonesia

Menyadari Indonesia menjadi negara rawan bencana dan bencana sendiri tidak bisa diprediksi kapan datangnya, maka kesadaran masyarakat akan potensi bencana…

Peduli Sentani Jayapura - Gandeng PMI, Indosat Terjunkan Mobil Klinik

Musibah banjir bandang di Sentani, Kabupaten Jayapura Papua menjadi duka bagi bangsa ini. Berdasarkan data, Rabu (20/3), korban meningal dunia…