Masyarakat Antusias Ramaikan Pawai Obor Asian Games 2018

 

Oleh : Rizki Aditya, Mahasiswa Universitas Lancang Kuning Pekanbaru

Pertandingan Asian Games menjadi acara yang dinantikan pada 18 Agustus 2018 mendatang. Meski belum dimulai, namun gaungnya telah ada dan dibicarakan di berbagai kesempatan. Tidak hanya di Indonesia saja, tapi acara ini juga menjadi acara yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang terutama di wilayah Asia.

Sebelum acara ini benar-benar akan diselenggarakan pada 18 Agustus nanti, sejumlah kegiatan telah digalakan sebagai bentuk penyambutan terhadap Asian Games. Sejumlah acara olahraga di berbagai daerah digelar demi mempromosikan Asian Games kepada masyarakat Indonesia dan dunia.

Tidak ketinggalan pula acara penyambutan-penyambutan Asian Games marak digelar di berbagai kota demi memperkenalkan kepada masyarakat tentang acara besar ini. Promosi-promosi mengenai Asian Games sudah sejak lama dilakukan dengan berbagai cara. Baik melaui event-event maupun iklan di media-media sosial, surat kabar, dan televisi.

Tak hanya itu, Asian Games juga bekerja sama dengan para sponsornya untuk menghadirkan acara yang meriah. Bahkan acara penyambutan Asian Games 2018 ini pun tergolong spektakuler yang telah diadakan di sejumlah kota. Tentunya hal tersebut pun tak bisa lepas dari dukungan pejabat daerah setempat dalam mempersiapkan penyambutan bagi Asian Games di kota mereka.

Yang paling menarik adalah pawai obor Asian Games 2018 yang akan melewati beberapa kota di Indonesia. Start pawai obor Indonesia akan dimulai dari kota Yogyakarta dan  diselenggarakan mulai 18 Juli 2018. Nantinya pawai obor akan digelar di Prambanan, kemudian setelah Jogja barulah pawai obor ini akan berkeliling juga di beberapa tempat di Indonesia. Sebelumnya obor di bawa dari India, tepatnya di New Delhi. Pawai obor itu dimeriahkan pula 500 atlet India.

Memang India menjadi tempat ahirnya Asian Games pada 1951. Setelah melakukan pawai obor di India, barulah nanti akan diadakan pawai obor yang dimulai dari Yogyakarta kemudian melintasi daerah-daerah di nusantara.

Mengenai hal ini, Erichk Thohir mewakili Inasgoc mengatakan, acara pawai obor akan bertempat di Prambanan yang  dibuka dengan tari kecak api mengisahkan tentang sendra tari ramayana. Hal ini juga menjadi momentum Indonesia untuk menunjukkan seni budaya daerahnya yang berbeda-beda di tiap wilayah.

Kemudian setelah acara di Yogyakarta usai, pawai obor tersebut akan melakukan perjalanan ke arah timur Indonesia melintasi Banyuwangi, Bali, hingga sampai ke Lombok. Kemudian akan dibawa ke Raja Ampat, Sorong. Lalu melintasi arah Barat Indonesia melewati sejumlah kota di Kalimantan. Pawai obor pun akan singgah di Aceh, Padang, hingga sampai ke Palembang. Terakhir Pawai obor akan dilangsungkan di Jakarta dan dimulailah pembukaan Asian Games 2018.

Mengenai pelaksanaan pawai obor di sejumlah kota, tentunya akan ada hal berbeda di setiap daerahnya. Pawai obor di tiap daerah akan menonjolkan kebudayaan daerah masing-masing. Bahkan sebelum acara pawai obor di gelar, sudah direncanakan segala macam kegiatan yang akan ditampilkan pada pawai obor tersebut.

Salah satu kota yang mempersiapkan diri pada pawai obor nanti, yakni Bandung. Wali kota Bandung Ridwan Kamil menyambut rencana pawai obor ini dengan suka cita. Rencananya pawai obor Asian Games 2018 akan masuk ke kota Bandung melalui Tol Pasteur dengan dikawal kendaraan dan diarak menuju pendopo kota Bandung. Nantinya juga akan disiapkan iring-iringan bus wisata Bandung tour on Bus. Ridwan Kamil juga meminta pembawa obor tidak berlari, namun berjalan kaki. Karena nantinya dibelakangnya akan diisi oleh sejumlah komunitas seni.

Pawai obor Asian Games 2018 di Bandung akan dibuat semeriah karnaval yang dulunya juga pernah ada dalam peringan konferensi Asia Afrika. Banyak hal yang akan ditampilkan dari kota Bandung. Tidaknya budaya yang akan ditampilkan oleh sejumlah komunitas pegiat seni dan budaya, namun ada juga berbagai kreatifitas lainnya yang akan membuat masyarakat Bandung lebih semangat dalam menyambut Asian Games 2018.

Setelah Bandung, nantinya obor akan dilepas menuju Garut.  Untuk pembawa obornya tidaklah sembarangan. Para pembawa obor adalah olahragawan Indonesia yang memiliki prestasi atau legenda di dalam bidang olahraga. Pemilihan pawai obor ini pun tidak semua kota. Hanya kota pilihan yang dilintasi oleh pawai obor Asian Games 2018 mewakili daerah nusantara.

Acara pawai obor juga mendapatkan dukungan dari sponsor, termasuk Indofood. PT Indofood Sukses Makmur Tbk  mendukung pawai obor terselenggara di 6 kota dengan 7 rute. Yakni, Malang, Denpasar, Makassar, Palembang, Bandung, dan Jakarta. Bentuk dukungan ini disampaikan melalui Fierman Authar selaku staff Indofood di bidang Marketing. Dirinya juga meminita masyaraat luas untuk mendukung atlet Indonesia yang akan berlaga di Asian Games.

Seperti yang diketahui, Indofood menjadi salah satu sponsor penting dalam Asian Games. Hal ini pun terlihat dalam kemasan produk barunya yang menampilkan gambar maskot Asian Games 2018.  Diantaranya: Chitato, Indomilk, Indomie dan Pop Mie.

Mengenai pawai obor yang akan diadakan di sejumlah kota ini, Mendagri pun telah mengintruksikan pada pejabat daerah untuk mempermudah perizinan dan mengerahkan masyarakat serta pelajar untuk turut berpartisipasi. Bukan hanya untuk menyambut Asian Games 2018, tapi juga dalam rangka memperkenalkan budaya daerahnya.  Tentunya akan ada dokumentasi mengenai pawai obor tersebut, dan hal itu bisa menjadi ajang di dalam memperkenalkan kota-kota di Indonesia. Pawai obor ini juga bertujuan untuk memperkenalkan pariwisata Indonesia yang kental dengan keindahan alam dan tradisi budayanya. Dan tentunya tak ketinggalan pula masyarakat yang saling bahu-membahu di dalam mensukseskan acara sebesar Asian Games.

Perjalanan Api dalam pawai obor Asian Games 2018 dari India, kemudian dibawa ke Indonesia untuk berkeliling nusantara, lalu berakhir di Jakarta yang akan menandai dibukanya Asian Games 2018 akan menjadi serangkaian acara yang membuat sejarah baru. Akan ada banyak tradisi dan budaya dari kota-kota di Indonesia yang ditampilkan dalam pawai tersebut. Hal itu juga akan mengekspos kota-kota Indonesia yang berpotensi sebagai kota Pariwisata. Tak hanya media lokal, namun peliputan pawai obor ini juga akan tersiar ke mancanegara. Tentunya hal ini akan memperbesar potensi Indonesia untuk mengembangkan bidang pariwisata.

Selain itu, dihararapkan dengan adanya pawai obor ini akan lebih banyak masyarakat Indonesia yang tahu akan diadakannya acara besar Asian Games 2018 di Indonesia. Minat masyarakat Indonesia untuk menyaksikan pertandingan Asian menjadi lebih menggebu dibandingkan sebelumnya. Diharapkan pula adanya dukungan seluruh masyarakat Indonesia kepada para atlet yang nantinya akan berlaga demi mengharumkan Indonesia.

Wah, tak sabar ya rasanya menantikan pawai Asian Games yang akan melewati 53 kabupaten-kota di Indonesia. Sebagai masyarakat Indonesia, yuk dukung acara tersebut bisa berjalan dengan lancar dan pembukaan Asian Games 2018 menjadi sangat meriah. Kita doakan ya agar para atlet Indonesia menunjukkan kemampuan terbaiknya di Asian Games 2018 dan banyak mendapatkan medali emas. Terus Sukseskan Asian Games dan  jaga perdamaian, kerukunan di Indonesia sehingga Asian Games bisa berjalan dengan lancar di Indonesia. Setuju?

 

BERITA TERKAIT

Bansos Pangan atau Beras oleh Bapanas dan Bulog Langgar UU Pangan dan UU Kesejahteraan Sosial?

  Oleh: Anthony Budiawan, Managing Director PEPS (Political Economy and Policy Studies) Presiden Joko Widodo memutuskan perpanjangan pemberian Bantuan Sosial…

Pembangunan Papua Jadi Daya Tarik Investasi dan Ekonomi

  Oleh : Clara Anastasya Wompere, Pemerhati Ekonomi Pembangunan   Bumi Cenderawasih memang menjadi fokus pembangunan yang signifikan di era…

Pastikan Stabilitas Harga dan Stok Beras, Pemerintah Komitmen Ketahanan Pangan

  Oleh : Nesya Alisha, Pengamat Pangan Mewujudkan ketahanan pangan di Indonesia sangat penting karena memiliki dampak besar pada stabilitas…

BERITA LAINNYA DI Opini

Bansos Pangan atau Beras oleh Bapanas dan Bulog Langgar UU Pangan dan UU Kesejahteraan Sosial?

  Oleh: Anthony Budiawan, Managing Director PEPS (Political Economy and Policy Studies) Presiden Joko Widodo memutuskan perpanjangan pemberian Bantuan Sosial…

Pembangunan Papua Jadi Daya Tarik Investasi dan Ekonomi

  Oleh : Clara Anastasya Wompere, Pemerhati Ekonomi Pembangunan   Bumi Cenderawasih memang menjadi fokus pembangunan yang signifikan di era…

Pastikan Stabilitas Harga dan Stok Beras, Pemerintah Komitmen Ketahanan Pangan

  Oleh : Nesya Alisha, Pengamat Pangan Mewujudkan ketahanan pangan di Indonesia sangat penting karena memiliki dampak besar pada stabilitas…