Untung Jawa, Unik & Menarik Untuk Dijelajahi

Neraca. Jika anda berkantung cekak, cobalah mampir ke Pulau Untung Jawa. Suasana pulau yang berbeda dengan daratan membuat kita melupakan sedikit ketegangan akibat bekerja selama satu minggu.Wisata pantai memang sudah banyak di seputar Jakarta, namun wisata pantai yang indah dan lengkap dengan harga murah hampir tidak ada. Pulau Untung Jawa Kepulauan Seribu lah jawabannya, terletak di bagian barat teluk Jakarta tepatnya Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu.

Pulau yang memiliki luas yang memadai ini sangatlah menarik untuk dijelajahi. Pada area sekitar dermaga terdapat tempat yang dirancang pemerintah setempat sebagai tempat wisata. Masuknyapun melalui jalan konblok yang rapi dengan petugas tiket di ujung dermaga. Masuk ke dalamnya akan ditemui masjid dan tempat-tempat wisata. Jika mau terus menyelusuri pantainya, kita akan menemukan hutan bakau dengan kanopi yang memadai sehingga memudahkan pengunjung untuk menjelajahinya.

Walaupun kanopi telah berakhir, jelajahi terus pantainya. Kita akan menemukan pohon-pohon bakau yang cukup tua, bahkan tumbuh sendiri-sendiri di air yang dangkal. Bagi pecinta fotografi, tempat ini cukup menarik untuk diabadikan.

Pulau ini bisa ditempuh dengan waktu satu sampai satu setengah jam perjalanan dengan estimasi biaya Rp 20.000,- hingga Rp 30.000,- per-orang. Kapal-kapal penyeberangan dengan rute Muara Angke- Pulau Pramuka, Muara Angke-Pulau Tidung selalu menyediakan kesempatan bagi siapapun untuk singgah sebentar di Pulau Untung Jawa. Ini dikarenakan letak Pulau Untung Jawa yang terdapat di tengah-tengah, di antara pulau-pulau yang dilewati kapal penyeberangan.

Dari Tangerang pun bisa dijangkau dengan mudah. Trip Tanjung Pasir – Pulau Untung Jawa dapat ditempuh hanya lima belas sampai dua puluh menit perjalanan yang memakan biaya Rp 10.000,- per-orang atau jika anda lebih memilih untuk menggunakan satu kapal sendiri, anda akan lebih sedikit mahal untuk mengeluarkan kocekRp 150.000 per-satu kali sewa kapal. Kemudahan inilah yang membuat Pulau Untung Jawa menjadi pilihan yang tepat di hari libur bagi turis-turis lokal yang berkantong cekak tetapi menginginkan liburan yang berkualitas. Sebuah pilihan wisata yang menarik sekaligus murah meriah.

Pulau ini juga menyajikan beberapa tawaran fasilitas berlibur yang cukup menarik, di antaranya gazebo pinggir pantai, penginapan, taman-taman bermain, deretan kios ikan bakar, taman bermain, hingga beragam fasilitas olah raga air juga tersaji di pulau ini. Harganya pun relatif murah, maklum semua itu merupakan hasil dan olahan langsung dari masyarakat sekitar.

Untuk berkeliling pulau Untung Jawa, anda juga dapat menyewa sepeda Rp.5.000,- per-jam yang tersedia di beberapa kios penyewaan sepeda. Setelah anda lelah berkeliling mengitari pulau dengan sepeda, anda juga dapat menikmati suasana dan keindahan pulau Untung Jawa melalui sisi lain pulau yaitu rindangnya hutan bakau di seputar bibir pantai sambil menyeruput es kelapa muda.

Untuk olah raga airnya anda juga dapat melakukan diving, Snorkeling dan Banana boat lengkap dengan perlengkapannya yang dapat disewa dengan biaya sewa yang variatif tergantung tempat penyewaannya sendiri. Bagi para pengunjung yang gemar akan ketinggian, di pulau ini juga menyediakan flying fox. Dengan kesemua fasilitas tersebut maka wajar jika pulau Untung Jawa Kepulauan Seribu dikatakan menawarkan sejuta kenikmatan.

Setelah lelah seharian anda berwisata, di pulau Untung jawa ini juga menyediakan fasilitas penginapan dengan harga kisaran Rp 200.000,- hingga Rp 300.000,- per malamnya. Dengan lokasi penginapan di pinggir pantai, akan menambah sensasi tersendiri saat-saat berwisata anda.

BERITA TERKAIT

Pemerintah Akan Terapkan B30 untuk Kurangi Porsi Impor Bahan Bakar

Pemerintah Akan Terapkan B30 untuk Kurangi Porsi Impor Bahan Bakar  NERACA  Jakarta – Kepala Litbang Kementerian Energi dan Sumber Daya…

HIMBARA UNTUK PAJAK

Menkeu Sri Mulyani Indrawati (tengah) bersama (kiri ke kanan) Direktur Keuangan BNI Anggoro Eko Cahyo, Dirjen Pajak Kemenkeu Robert Pakpahan,…

Rekonsiliasi Politik, Rekonsiliasi Ekonomi untuk Indonesia

Oleh: Ir. Yahya Agung Kuntadi MM, Institute of Research and Community LPPM UGM Belum pernah terjadi sebelumnya di Indonesia, suatu…

BERITA LAINNYA DI WISATA INDONESIA

Marak Pemandu Wisata Asing Ilegal di Bali

Demi memberantas pemandu wisata asing yang beraktivitas di Bali secara ilegal, Dinas Pariwisata Provinsi Bali membentuk satgas yang terdiri dari…

Indonesia Harap 'Persahabatan Magellan' Untungkan Pariwisata

Pemerintah Indonesia berharap Jaringan Kota-kota Magellan (Global Network of Magellan Cities/GNMC) bisa berkembang menjadi sebuah kemitraan ekonomi, sosial budaya, dan…

Presiden Soroti Toilet Umum di Objek Wisata Indonesia

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan pihaknya akan fokus terlebih dahulu untuk mengembangkan 5 destinasi wisata prioritas, dari sebelumnya ingin menciptakan…