Riangnya Beternak Lele Sangkuriang

Neraca. Para pengusaha ternak lele maupun pebisnis yang bergerak dalam budidaya lele kini mulai melirik dan meyakini keunggulan Lele Sangkuriang. Hasil modifikasi lele dumbo keluaran terbaru ini memang pantas untuk diminati oleh berbagai kalangan karena memang telah terbukti memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan lele dumbo pendahulunya.

Dan konon rasa daging lele sangkuriang memiliki rasa yang lebih enak dan gurih, tak heran permintaannya semakin banyak. Selain rasa yang enak didukung pula dengan pertumbuhannya yang lebih cepat dari Lele Dumbo. Untuk benih yang ditabur dengan ukuran 5-8 cm dalam masa pemeliharaan 130 hari sudah bisa dipanen dengan bobot 200 gram sampai 250 gram per ekor.

Umumnya lele sangkuriang yang memiliki pertumbuhan lebih cepat dari ikan lainnya, secara berkala misalnya satu bulan sekali, lele sangkuriang dipisahkan berdasarkan ukurannya. Hal ini dilakukan agar ikan yang pertumbuhannya lebih lambat tidak kalah dalam bersaing mengkonsumsi makanan. Selain itu ikan yang pertumbuhannya cepat bisa dipanen dalam waktu yang lebih cepat.

Pada dasarnya lele sangkuriang merupakan ikan yang bersifat omnivora. Makanan yang diberikan bisa makanan alami yang bisa diperoleh dari sekitar kolam atau tempat tinggal kita. Pemberian makanan tambahan berupa pelet bisa diberikan jika tidak mau repot mencari makanan alami.

Dalam budidaya lele sangkuriang jumlah besar cara ini lebih praktis dilaksanakan. Jumlah makanan yang diberikan sebanyak 2%-5% per hari dari berat total ikan yang ditebar di kolam.

Cara menghitungnya dengan mengambil sampel beberapa lele sangkuring kemudian ditimbang. Untuk mempercepat pertumbuhan dan meningkatkan efisiensi pemberian pakan, makanan dicampurkan dengan probiotik.

Menurut pengamatan beberapa petani dan peneliti, probiotik mampu meningkatkan efisiensi pencernaan makanan sehingga ikan lele menjadi cepat besar dan bobot bertambah, pemberian pakan pun dengan frekuensinya 3-4 kali setiap hari. Sedangkan komposisi makanan buatan dapat dibuat dari campuran dedak halus dengan ikan rucah dengan perbandingan 1:9 atau campuran dedak halus, bekatul, jagung, cincangan bekicot dengan perbandingan 2:1:1:1 campuran tersebut dapat dibuat bentuk pelet.

Keberhasilan budidaya ikan lele ditentukan oleh beberapa faktor antara lain benih yang unggul atau berkualitas baik, makanan yang memiliki kandungan gizi tinggi, kondisi air yang baik dan pola pemeliharaan yang tepat.

Faktor genetik benih lele sangat mempengaruhi pertumbuhan ikan lele sampai ukuran konsumsi. Lele dumbo yang dikenal memiliki pertumbuhan yang cepat ternyata mengalami penyimpangan genetik karena kesalahan dalam membudidayakannya, sehingga ditemukan lele strain baru yang dikenal dengan lele sangkuriang.

Beberapa petani telah menerapkan sistem pemberian probiotik yang dicampurkan pada pakan ikan lele, sehingga pertumbuhan ikan lele dapat lebih cepat, masa panen lebih singkat sehingga efisiensi pakan juga meningkat. Imbas lebih lanjut adalah keuntungan budi daya ikan lele yang meningkat. (ade)

BERITA TERKAIT

Produksi Lele Bioflok Sokong Suplai Pangan Berbasis Ikan

NERACA Sleman- Menteri Kelautan dan Perikanan yang diwakili Sekjen KKP, Rifky E Hardijanto melakukan panen perdana budidaya lele sisitem bioflok…

Program Lele Bioflok Sasar Daerah Perbatasan

NERACA Belu- Kementerian Kelautan dan Perikanan kembali kenalkan program unggulan budidaya lele bioflok ke berbagai daerah. Jika sebelumnya Pemerintah berhasil…

Bantuan Minapadi dan Lele Sistem Bioflok Direalisasikan

NERACA Sukabumi – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) lakukan penebaran benih ikan pada percontohan minapadi dan budidaya lele sistem bioflok…

BERITA LAINNYA DI PELUANG USAHA

Intip Indahnya Potensi Bisnis Aquascape

Bermula dari kesenangannya terhadap ikan, Wendy Kurniawan akhirnya menekuni seni menata aquarium atau yang saat ini lebih dikenal dengan istilah…

Langkah Memulai Bisnis Restoran

  Banyak orang yang bermimpi membuka restoran mereka sendiri. Tapi, mengelola restoran tidak bisa sembarangan jika Anda ingin meraup sukses.…

Kerjasama Syariah - Gurihnya Untung Usaha Seblak Raja Pedas

Usaha seblak adalah pilihan tepat bagi Andri Waryadi. Pasalnya dengan tawaran kerja sama dan berbagai kelebihan yang mulai dari varian…