KEB Hana Bank dan BPJS Kesehatan Kerjasama Pembiayaan

NERACA

Jakarta - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menjalin kerja sama dengan Bank KEB Hana dalam program pembiayaan tagihan fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan (Supply Chain Financing/SCF).

"Kami sangat mengapresiasi komitmen dan dukungan dari Bank KEB Hana dalam membantu pembiayaan faskes yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Kerja sama seperti ini akan mendorong pelayanan kesehatan kepada peserta JKN-KIS semakin berkualitas," kata Direktur Keuangan dan Investasi BPJS Kesehatan Kemal Imam Santoso saat menghadiri penandatanganan nota kesepahaman antara BPJS Kesehatan dengan Bank KEB Hana di Jakarta, Rabu (4/7).

Program SCF ialah pemberian fasilitas pembiayaan atas tagihan dari fasilitas kesehatan kepada BPJS Kesehatan sebelum tagihan tersebut jatuh tempo. Pembiayaan tersebut dimaksudkan untuk membantu likuiditas fasilitas kesehatan agar tetap terjaga sehingga layanan di klinik ataupun rumah sakit kepada peserta program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) berjalan dengan lancar.

"Melalui pembiayaan kepada faskes mitra BPJS Kesehatan, Bank KEB Hana berharap para faskes dapat melayani kebutuhan peserta JKN-KIS dengan kualitas layanan yang terus membaik," kata Direktur Utama Bank KEB Hana Lee Hwa Soo. Saat ini Bank KEB Hana sudah mulai melakukan penjajakan kepada para fasilitas kesehatan yang berminat untuk mendapatkan pembiayaan ini.

Dengan program SCF ini, pihak fasilitas kesehatan atau rumah sakit bisa mendapat dana talangan atas klaim biaya pelayanan yang diajukan pada BPJS Kesehatan lebih dulu sebelum pihak BPJS membayarkan klaim setelah proses verifikasi.

Direktur Utama Bank KEB Hana memastikan dana akan segera dicairkan begitu BPJS Kesehatan telah mengonfirmasi dokumen klaim dari rumah sakit diterima dan dinyatakan lengkap. Lee Hwa Soo juga mengatakan tidak memberikan batas pembiayaan yang akan diberikan kepada rumah sakit, melainkan sesuai dengan jumlah klaim yang ditagihkan.

Kemal menerangkan BPJS Kesehatan hanya bertugas mengonfirmasi dokumen klaim yang ditagihkan dari rumah sakit agar pembiayaan bisa diberikan oleh Bank KEB Hana. Administrasi dan proses pembiayaan merupakan kesepakatan bersama antara fasilitas kesehatan dengan Bank KEB Hana. Bank KEB Hana menjadi bank kelima yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan dalam program SCF setelah sebelumnya dilakukan kerja sama dengan Bank Mandiri, BRI, Mandiri, dan BTN.

BERITA TERKAIT

IIF Target Salurkan Pembiayaan Infrastruktur Rp10 Triliun

  NERACA   Jakarta – PT Indonesia Infrastructure Finance (IIF) menargetkan bisa menyalurkan pembiayaan untuk infrastruktur mencapai Rp10 triliun. Hal…

Sukseskan Asian Games, BMKG Luncurkan Aplikasi Cerdas Pantau Cuaca - Kerjasama BMKG-Esri Indonesia

Sukseskan Asian Games, BMKG Luncurkan Aplikasi Cerdas Pantau Cuaca Kerjasama BMKG-Esri Indonesia NERACA  Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika…

Anggaran Harus Transparan dan Taat Hukum Demi Kepentingan Publik - KUA dan PPAS 2019 Kota Depok

Anggaran Harus Transparan dan Taat Hukum Demi Kepentingan Publik KUA dan PPAS 2019 Kota Depok NERACA Depok - ‎Pemerintah Kota…

BERITA LAINNYA DI INFO BANK

Kinerja Positif, Bank DKI Raih Tiga Penghargaan

      NERACA   Jakarta - Catatkan kinerja keuangan positif pada triwulan II 2018, Bank DKI raih tiga penghargaan…

TunaiKita Ekspansi di 159 Kota dan Kabupaten Indonesia

      NERACA   Jakarta - Perusahaan Financial Lending Tunaikita mendukung target pemerintah mencapai finansial inklusi 75 persen di…

CIMB Niaga Bukukan Laba Konsolidasi Rp1,8 Triliun

      NERACA   Jakarta - PT Bank CIMB Niaga Tbk, membukukan perolehan laba bersih konsolidasi sebesar Rp 1,8…