HUT ke-491 Jakarta, Pemprov DKI Gratiskan Ancol dan Museum

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menggratiskan beberapa tempat wisata dalam rangka menyambut hari ulang tahun ke-491 Jakarta. Biaya masuk museum-museum yang dikelola pemprov yang digratiskan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta. Gratis biaya masuk museum itu hanya satu hari saja, yakni Selasa (26/6).

"Iya (masuk museum) gratis. Salah satu kegiatan dalam rangka HUT Kota Jakarta ke-491. Semua museum di bawah kelola Pemprov gratis," kata Kepala Disparbud Tinia Budiman dikutip dari CNNIndonesia.com.

Terdapat 11 museum yang dikelola Pemprov DKI. Museum Tekstil, Museum MH Thamrin, Museum Prasasti, Museum Joang '45, Museum Sejarah Jakarta, Museum Wayang, serta Museum Seni Rupa dan Keramik termasuk di antaranya. Museum-museum yang tidak dikelola Pemprov DKI pun diimbau ikut menggratiskan biaya masuk di hari yang sama. "Kami telah mengimbau melalui Asosiasi Museum Jakarta untuk ikut partisipasi. Sebagian mungkin ikut, sebagian belum aware," lanjut Tinia.

Selain museum, tempat wisata di pesisir pantai Jakarta, Taman Impian Jaya Ancol juga menggratiskan biaya masuk gerbang depannya hari ini, Senin (25/6). "Iya betul [gratis] khusus hari ini saja, mulai jam 6 pagi sampai jam 6 sore," tutur Corporate Communication Ancol Taman Impian Rika Lestari ketika dihubungi Senin (25/6).

Ancol juga menggelar beberapa acara terkait HUT ke-491 DKI Jakarta, seperti pertunjukan lenong, keroncong dan gambang keromong di Pasar Seni Ancol. Selain itu, ada pula pertunjukan ondel-ondel di bawah air."Ondel-ondel menyelam di akuarium utama Seaworld Ancol. Unik dan pertama kali di Seaworld Ancol," lanjutnya.

Hari jadi Jakarta sendiri diperingati pada Jumat (22/6), namun baru pekan ini-saat para pemudik sudah kembali usai Lebaran-beberapa tempat wisata digratiskan. Ancol sendiri termasuk tempat wisata yang ramai dikunjungi saat libur Lebaran kemarin.

Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta menyatakan siap mengantisipasi kenaikan volume sampah yang ibu kota usai musim libur Lebaran.

Sementara itu, Kepala Dinas LH DKI Isnawa Adji memperkirakan sampah di sudut-sudut kota Jakarta mulai menumpuk pada H+7 hingga H+10 Lebaran setelah berakhirnya masa libur cuti bersama.

"Langkah-langkah untuk mengantisipasi lonjakan volume sampah itu kami persiapkan betul-betul. Petugas gerobak sampah yang sudah kembali dari kampung halaman juga akan kami kerahkan," ujar Isnawa di Jakarta, seperti yang dikutip dari Antara pada Jumat (22/6). Dia menuturkan para petugas gerobak sampah yang sudah kembali itu akan mengangkut sampah-sampah yang sempat tertinggal di rumah-rumah warga. Sampah tersebut dibawa ke Tempat Penampungan Sementara (TPS).

"Jadi sampah-sampah yang masih ada di rumah-rumah warga akan kami bawa terlebih dahulu ke TPS. Setelah itu dengan menggunakan truk akan diangkut ke Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang," ujar Isnawa.

Selain mengangkut sampah, pihaknya juga berencana menggelar aksi simpati berupa kampanye untuk mengajak seluruh warga Jakarta untuk sadar diri menjaga kebersihan di sejumlah lokasi wisata, salah satunya di Kawasan Kota Tua. "Melalui kampanye itu, kami mengimbau kepada seluruh pengunjug maupun pedagang yang ada di lokasi-lokasi wisata agar tidak membuang sampah sembarangan. Para petugas juga akan membagi-bagikan kantong sampah di setiap lokasi wisata," kata Isnawa.

BERITA TERKAIT

Volkswagen-Ford Berunding Mobil Listrik dan Swakemudi

Volkswagen AG dan Ford Motor Co tengah melakukan pembicaraan terkait kemungkinan kerjasama untuk mengembangkan kendaraan swakemudi dan listrik dalam sebuah…

Xiaomi Redmi Note 6 Pro dan Xiaomi Mi 8 Lite Resmi Dirilis

Seperti dirumorkan beberapa waktu ke belakang, Xiaomi akhirnya resmi meluncurkan dua smartphone terbarunya. Keduanya yakni Xiaomi Redmi Note 6 Pro…

Asus Zenfone 4 Selfie Dan Selfie Pro Banting Harga

Dua smartphone unggulan Asus untuk kategori selfie sekarang turun harga. Baik Zenfone 4 Selfie maupun Selfie Pro bisa didapatkan masyarakat…

BERITA LAINNYA DI WISATA INDONESIA

Menpar Targetkan Cross Border Sumbang 20 Persen Kunjungan Wisman di 2019

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya akan meningkatkan potensi pariwisata perbatasan (cross border tourism) di tahun 2019 dalam upaya mencapai target…

Taksi London Jadi Ajang Promosi Wonderful Indonesia

Kementerian Pariwisata selalu memiliki cara tersendiri untuk memperkenalkan pariwisata Indonesia ke mancanegara. Yang terbaru, adalah saat acara  World Travel Mart…

Menpar Ajak Arsitek Ikut Sayembara Desain Pusat Cenderamata

Menyukai desain interior atau seorang arsitek? Jangan sampai ketinggalan kompetisi ini, karena total hadiahnya mencapai Rp1 miliar. Kementerian Pariwisata dengan…