HUT ke-491 Jakarta, Pemprov DKI Gratiskan Ancol dan Museum

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menggratiskan beberapa tempat wisata dalam rangka menyambut hari ulang tahun ke-491 Jakarta. Biaya masuk museum-museum yang dikelola pemprov yang digratiskan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta. Gratis biaya masuk museum itu hanya satu hari saja, yakni Selasa (26/6).

"Iya (masuk museum) gratis. Salah satu kegiatan dalam rangka HUT Kota Jakarta ke-491. Semua museum di bawah kelola Pemprov gratis," kata Kepala Disparbud Tinia Budiman dikutip dari CNNIndonesia.com.

Terdapat 11 museum yang dikelola Pemprov DKI. Museum Tekstil, Museum MH Thamrin, Museum Prasasti, Museum Joang '45, Museum Sejarah Jakarta, Museum Wayang, serta Museum Seni Rupa dan Keramik termasuk di antaranya. Museum-museum yang tidak dikelola Pemprov DKI pun diimbau ikut menggratiskan biaya masuk di hari yang sama. "Kami telah mengimbau melalui Asosiasi Museum Jakarta untuk ikut partisipasi. Sebagian mungkin ikut, sebagian belum aware," lanjut Tinia.

Selain museum, tempat wisata di pesisir pantai Jakarta, Taman Impian Jaya Ancol juga menggratiskan biaya masuk gerbang depannya hari ini, Senin (25/6). "Iya betul [gratis] khusus hari ini saja, mulai jam 6 pagi sampai jam 6 sore," tutur Corporate Communication Ancol Taman Impian Rika Lestari ketika dihubungi Senin (25/6).

Ancol juga menggelar beberapa acara terkait HUT ke-491 DKI Jakarta, seperti pertunjukan lenong, keroncong dan gambang keromong di Pasar Seni Ancol. Selain itu, ada pula pertunjukan ondel-ondel di bawah air."Ondel-ondel menyelam di akuarium utama Seaworld Ancol. Unik dan pertama kali di Seaworld Ancol," lanjutnya.

Hari jadi Jakarta sendiri diperingati pada Jumat (22/6), namun baru pekan ini-saat para pemudik sudah kembali usai Lebaran-beberapa tempat wisata digratiskan. Ancol sendiri termasuk tempat wisata yang ramai dikunjungi saat libur Lebaran kemarin.

Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta menyatakan siap mengantisipasi kenaikan volume sampah yang ibu kota usai musim libur Lebaran.

Sementara itu, Kepala Dinas LH DKI Isnawa Adji memperkirakan sampah di sudut-sudut kota Jakarta mulai menumpuk pada H+7 hingga H+10 Lebaran setelah berakhirnya masa libur cuti bersama.

"Langkah-langkah untuk mengantisipasi lonjakan volume sampah itu kami persiapkan betul-betul. Petugas gerobak sampah yang sudah kembali dari kampung halaman juga akan kami kerahkan," ujar Isnawa di Jakarta, seperti yang dikutip dari Antara pada Jumat (22/6). Dia menuturkan para petugas gerobak sampah yang sudah kembali itu akan mengangkut sampah-sampah yang sempat tertinggal di rumah-rumah warga. Sampah tersebut dibawa ke Tempat Penampungan Sementara (TPS).

"Jadi sampah-sampah yang masih ada di rumah-rumah warga akan kami bawa terlebih dahulu ke TPS. Setelah itu dengan menggunakan truk akan diangkut ke Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang," ujar Isnawa.

Selain mengangkut sampah, pihaknya juga berencana menggelar aksi simpati berupa kampanye untuk mengajak seluruh warga Jakarta untuk sadar diri menjaga kebersihan di sejumlah lokasi wisata, salah satunya di Kawasan Kota Tua. "Melalui kampanye itu, kami mengimbau kepada seluruh pengunjug maupun pedagang yang ada di lokasi-lokasi wisata agar tidak membuang sampah sembarangan. Para petugas juga akan membagi-bagikan kantong sampah di setiap lokasi wisata," kata Isnawa.

BERITA TERKAIT

Saham CPRI dan HRME Masuk Efek Syariah

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam siaran persnya di Jakarta, kemarin menetapkan saham PT Capri Nusa Satu Properti Tbk (CPRI) dan…

KKP Permudah Pelayanan Perijinan Pakan dan Obat Ikan

NERACA Jakarta - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) percepat pelayanan perijinan pakan dan obat ikan. Ketentuan ini tercantum dalam Peraturan…

Komponen Pendukung dan TKDN AMMDes akan Ditingkatkan

NERACA Jakarta – Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kemenperin Putu Juli Ardika menambahkan, dalam upaya perluasan pemanfaatan…

BERITA LAINNYA DI WISATA INDONESIA

Gua Batu Cermin, Wisata ke Perut Bumi di Labuan Bajo

Saat memutuskan untuk pergi berwisata ke Labuan Bajo, NTT, sebagian besar pasti sudah membayangkan tentang keindahan pantai, keindahan bawah laut…

Ragam Atraksi Wisata di Pantai Bido

Menghabiskan waktu di pantai sembari menikmati suara debur ombak, desir angin, dan limpahan sinar mentari yang tidak ada habisnya adalah…

Jumlah Wisatawan yang Menginap di Banten Mulai Meningkat

Bencana tsunami yang melanda Kabupaten Serang dan Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, akhir Desember 2018 menyebabkan banyak sektor, termasuk pariwisata, harus…