HUT ke-491 Jakarta, Pemprov DKI Gratiskan Ancol dan Museum

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menggratiskan beberapa tempat wisata dalam rangka menyambut hari ulang tahun ke-491 Jakarta. Biaya masuk museum-museum yang dikelola pemprov yang digratiskan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta. Gratis biaya masuk museum itu hanya satu hari saja, yakni Selasa (26/6).

"Iya (masuk museum) gratis. Salah satu kegiatan dalam rangka HUT Kota Jakarta ke-491. Semua museum di bawah kelola Pemprov gratis," kata Kepala Disparbud Tinia Budiman dikutip dari CNNIndonesia.com.

Terdapat 11 museum yang dikelola Pemprov DKI. Museum Tekstil, Museum MH Thamrin, Museum Prasasti, Museum Joang '45, Museum Sejarah Jakarta, Museum Wayang, serta Museum Seni Rupa dan Keramik termasuk di antaranya. Museum-museum yang tidak dikelola Pemprov DKI pun diimbau ikut menggratiskan biaya masuk di hari yang sama. "Kami telah mengimbau melalui Asosiasi Museum Jakarta untuk ikut partisipasi. Sebagian mungkin ikut, sebagian belum aware," lanjut Tinia.

Selain museum, tempat wisata di pesisir pantai Jakarta, Taman Impian Jaya Ancol juga menggratiskan biaya masuk gerbang depannya hari ini, Senin (25/6). "Iya betul [gratis] khusus hari ini saja, mulai jam 6 pagi sampai jam 6 sore," tutur Corporate Communication Ancol Taman Impian Rika Lestari ketika dihubungi Senin (25/6).

Ancol juga menggelar beberapa acara terkait HUT ke-491 DKI Jakarta, seperti pertunjukan lenong, keroncong dan gambang keromong di Pasar Seni Ancol. Selain itu, ada pula pertunjukan ondel-ondel di bawah air."Ondel-ondel menyelam di akuarium utama Seaworld Ancol. Unik dan pertama kali di Seaworld Ancol," lanjutnya.

Hari jadi Jakarta sendiri diperingati pada Jumat (22/6), namun baru pekan ini-saat para pemudik sudah kembali usai Lebaran-beberapa tempat wisata digratiskan. Ancol sendiri termasuk tempat wisata yang ramai dikunjungi saat libur Lebaran kemarin.

Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta menyatakan siap mengantisipasi kenaikan volume sampah yang ibu kota usai musim libur Lebaran.

Sementara itu, Kepala Dinas LH DKI Isnawa Adji memperkirakan sampah di sudut-sudut kota Jakarta mulai menumpuk pada H+7 hingga H+10 Lebaran setelah berakhirnya masa libur cuti bersama.

"Langkah-langkah untuk mengantisipasi lonjakan volume sampah itu kami persiapkan betul-betul. Petugas gerobak sampah yang sudah kembali dari kampung halaman juga akan kami kerahkan," ujar Isnawa di Jakarta, seperti yang dikutip dari Antara pada Jumat (22/6). Dia menuturkan para petugas gerobak sampah yang sudah kembali itu akan mengangkut sampah-sampah yang sempat tertinggal di rumah-rumah warga. Sampah tersebut dibawa ke Tempat Penampungan Sementara (TPS).

"Jadi sampah-sampah yang masih ada di rumah-rumah warga akan kami bawa terlebih dahulu ke TPS. Setelah itu dengan menggunakan truk akan diangkut ke Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang," ujar Isnawa.

Selain mengangkut sampah, pihaknya juga berencana menggelar aksi simpati berupa kampanye untuk mengajak seluruh warga Jakarta untuk sadar diri menjaga kebersihan di sejumlah lokasi wisata, salah satunya di Kawasan Kota Tua. "Melalui kampanye itu, kami mengimbau kepada seluruh pengunjug maupun pedagang yang ada di lokasi-lokasi wisata agar tidak membuang sampah sembarangan. Para petugas juga akan membagi-bagikan kantong sampah di setiap lokasi wisata," kata Isnawa.

BERITA TERKAIT

Hari Ini Penyampaian Visi dan Misi Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi yang Baru

Hari Ini Penyampaian Visi dan Misi Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi yang Baru NERACA Sukabumi - Ketua Badan Musyawarah (Banmus)…

Pentingnya Literasi dan Edukasi Keuangan untuk Mahasiswa

Pentingnya Literasi dan Edukasi Keuangan untuk Mahasiswa NERACA Jakarta - PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk (“WOM Finance” atau “Perseroan”), hari…

Tersangka Mantan Walkot dan Sekda Depok Terkesan Janggal Tidak Ditahan - Proses Penyidikan Tersangka Korupsi APBD-P 2015 Jalan Nangka

Tersangka Mantan Walkot dan Sekda Depok Terkesan Janggal Tidak Ditahan Proses Penyidikan Tersangka Korupsi APBD-P 2015 Jalan Nangka NERACA Depok…

BERITA LAINNYA DI WISATA INDONESIA

Kemenpar Perluas Pasar Wisata Lewat Pameran di Luar Negeri

Kementerian Pariwisata serius menggarap potensi MICE (Meeting, Incentive, Convention, dan Exhibition), salah satunya dengan mengikuti pameran Incentive Travel & Convention,…

Pariwisata NTB Dipastikan Segera Pulih

Pariwisata Nusa Tenggara Barat (NTB) dipastikan segera pulih karena proses pemulihannya berjalan sesuai rencana yang dikawal langsung oleh dua Menteri…

Desa Wisata di Tobasa Siap Sambut Pengunjung

Jalan-jalan ke Danau Toba, tidak lengkap rasanya jika belum mengunjungi desa adat, salah satunya Desa Wisata Meat, Kecamatan Tampahan di…