#BerburuBerkah, Cara Qlue Ajak Masyarakat Bangun Kota

#BerburuBerkah, Cara Qlue Ajak Masyarakat Bangun Kota

NERACA

Jakarta - #BerburuBerkah merupakan salah satu cara Qlue untuk meningkatkan kepedulian dan kebersamaan masyarakat dalam membangun kotanya. Di Jakarta Utara, Qlue turut berinisiatif membantu Dompet Dhuafa dalam acara buka puasa bersama kaum dhuafa di Kampung Akuarium, Penjaringan. Di Jakarta Timur, Qlue bersama Karang Taruna berinisiatif untuk memetakan surau dan mushala untuk dibersihkan.

Dalam kampanye #BerburuBerkah kali ini, Qlue ingin mengajak masyarakat untuk bersama-sama peduli terhadap sekitar sebagai bentuk dari peran aktif masyarakat membangun kotanya. Dengan ikut peduli dan berbagi, diharapkan terjadi sinergi yang baik antara masyarakat dan pemerintah untuk terus memajukan dan membangun kota.

Sebagai bentuk kepedulian dan kebersamaan, pada bulan Ramadan kali ini rekan-rekan Qlue menjadi relawan dalam acara buka puasa bersama yang diadakan di Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara. Dalam acara buka puasa ini, Qlue berkolaborasi dengan Dompet Dhuafa untuk turut ikut serta membagikan makanan buka puasa kepada warga Jakarta yang membutuhkan.

Lebih dari 85 kepala keluarga Kampung Akuarium menghadiri acara buka puasa bersama tersebut. Beberapa rekan-rekan Qlue ikut serta membagikan makanan berbuka puasa dan menyiapkan logistik serta sarana di lokasi acara.“Acara buka puasa bersama Dompet Dhuafa kali ini merupakan salah satu dari komitmen Qlue untuk turut serta aktif dan berkontribusi membantu masyarakat yang membutuhkan,’’ ujar Ibrahim, Community Lead dari Qlue, Jumat (8/6).

Senada dengan yang disampaikan Ibrahim, Norman Ganto, Direktur dari Qlue, menambahkan “Dalam program berburu berkah yang diadakan oleh Qlue kali ini, berbagi kebahagiaan melalui buka puasa bersama merupakan langkah sederhana yang dapat membuktikan bahwa masih banyak orang yang ingin berkontribusi dan peduli dengan sekitarnya.”

Acara buka puasa ini juga dihadiri oleh Walikota Jakarta Utara, Husein Murad, dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Dalam acara ini, Anies Baswedan juga meresmikan Dapur Keliling yang nantinya akan digunakan untuk program buka puasa kedepannya. Lebih lanjut, Anies mengajak seluruh warga Jakarta untuk ikut terlibat langsung dalam lebih banyak pelaksanaan program sosial untuk menunjukkan bahwa di Jakarta harus ada keadilan sosial.

Qlue Memetakan Musala bersama Karang Taruna Jakarta Timur untuk Diperbaiki dan Dibersihkan

Tidak hanya sebatas buka puasa bersama, Program #BerburuBerkah dari Qlue juga bekerja sama dengan Karang Taruna Jakarta Timur untuk melakukan pemetaan surau dan musala yang selanjutnya akan dibersihkan oleh Pemuda Karang Taruna Jakarta Timur.“Terdapat lebih dari 4 musala di daerah Jakarta Timur yang telah dipetakan dan dibersihkan oleh rekan-rekan Pemuda Karang Taruna Jakarta Timur. Kondisi musala ini pada awalnya sangat kotor dan tidak layak digunakan untuk beribadah. Qlue dan Pemuda Karang Taruna Jakarta Timur berinisiatif untuk memetakan dan membersihkan musala-musala tersebut sehingga kembali layak digunakan,” ujar Ibrahim, Community Lead dari Qlue.

Dalam aplikasi Qlue sendiri, Jakarta Timur merupakan kota administratif dengan aparat pemerintah paling aktif, presentase tindaklanjut laporan di Jakarta Timur merupakan yang paling tinggi di DKI Jakarta yakni sebesar 77% dalam 5 bulan terakhir. Selain pemetaan musala dan surau, Qlue juga mengadakan acara buka puasa bersama di Kramat Jati, Jakarta Timur.

Momen buka puasa bersama pada Jumat (8/6) dihadiri lebih dari 300 warga Kramat Jati dan sekitarnya. Selain itu, hadir Walikota Jakarta Timur, Bambang Musyawardana dan juga kepala kecamatan, dan lurah setempat. Acara buka puasa dan santunan dhuafa yang didukung oleh Qlue dan diselenggarakan oleh Karang Taruna bersama dengan tiga pilar sosial lainnya yakni Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS), Pekerja Sosial Masyarakat (PSM), dan Tenaga Kesejahteraan Sosial Masyarakat (TKSM). Acara buka puasa bersama warga Kramat Jati ini merupakan acara puncak dari kampanye #BerburuBerkah yang Qlue adakan selama bulan Ramadhan.

Dengan kampanye #BerburuBerkah ini, Qlue berharap dapat meningkatkan rasa kebersamaan dan kepedulian masyarakat terhadap keadaan sekitar untuk pembangunan kota yang lebih baik lagi. Mohar

BERITA TERKAIT

PBB di Kota Bekasi Naik 40%, Kenapa?

Kami sangat terkejut ketika menerima SPPT Pajak Bumi Bangunan (PBB) 2019 terlihat angka tagihannya meningkat sekitar 40% dari tahun sebelumnya…

BPKP Targetkan Audit Enam OPD Terbesar APBD 2018 Kota Depok - Selain ‎Audit Dana Bansos dan Hibah

‎BPKP Targetkan Audit Enam OPD Terbesar APBD 2018 Kota Depok Selain ‎Audit Dana Bansos dan Hibah NERACA Depok - ‎Badan…

Optimalkan Program CSR - Holcim Libatkan Masyarakat Dalam Rumuskan Program

Sejatinya progam tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR) harus berjalan berkesinambungan dan berkelanjutan dalam membangun dan memberdayakan…

BERITA LAINNYA DI EKONOMI DAERAH

#DengarYangMuda Tekankan Gaya Hidup Sehat untuk Generasi Muda

#DengarYangMuda Tekankan Gaya Hidup Sehat untuk Generasi Muda NERACA  Jakarta – Founder #DengarYangMuda Diaz Hendropriyono kembali menyelenggarakan talkshow #DengarYangMuda di…

Pemkot Sukabumi Terus Telusuri KTMDU PKB

Pemkot Sukabumi Terus Telusuri KTMDU PKB NERACA Sukabumi - Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi melalui Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) setempat,…

BPR Kuningan Terbaik dari 95 BPR/BPRS se-Indonesia - Dibawah Pimpinan Litawati

BPR Kuningan Terbaik dari 95 BPR/BPRS se-Indonesia Dibawah Pimpinan Litawati NERACA Kuningan – Perusahaan Daerah Bank Perkreditan Rakyat (PD BPR)…