Wisata Jalur Vulkanik Jadi Berkah dari Gunung Merapi

Pekan kemarin Gunung Merapi kembali menunjukkan statusnya sebagai gunung api teraktif di Indonesia. Gunung yang terletak di perbatasan Provinsi Jawa Tengah itu mengalami peningkatan aktivitas dengan terjadinya sejumlah letusan.

Meski demikian, kegiatan pariwisata maupun mobilitas warga di Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah tetap berjalan seperti biasa. Di desa yang terletak di sisi tenggara Merapi ini, terdapat sebuah lokasi wisata baru yang mengusung konsep ekowisata.

Tempat itu berada persis di tepian Kalitalang, yang merupakan jalur aliran material vulkanik dari Merapi, lokasi ekowisata ini memiliki sejumlah bangunan semi permanen yang sengaja dirancang menarik. Menurut koordinator pengelolaan, Jainu, konsep pembuatan lokasi wisata di Balerante muncul dari ide mandiri sekelompok pemuda di desa itu.

"Melihat lokasi desa yang apik karena terdiri atas medan berlembah, sejuk, dan menghadap ke arah Merapi, mendorong para pemuda desa untuk mendirikan lokasi swafoto sederhana," ujar Jainu, seperti yang dikutip dari Antara.

Bangunan awalnya, ia melanjutkan, hanyalah menara setinggi lima meter yang terbuat dari rangkaian bambu, dengan berlatar belakang kawah Merapi sehingga menjadi spot yang sangat menarik untuk berfoto.

Akan tetapi, mengingat lokasi desa yang berada dalam Kawasan Rawan Bencana 2 dan Area Terdampak Langsung 1 bencana Merapi, maka konsep wisata lokal pun berkembang menjadi ekowisata yang termasuk di dalamnya menerapkan upaya mitigasi, konservasi, dan ekonomi.

Bagi warga setempat, Jainu melanjutkan, membuat pengunjung senang dengan lokasi wisata merupakan hal mudah dan lazim, namun misi yang harus dicapai adalah menyisipkan wawasan kebencanaan ke dalam pariwisata. "Dengan semangat ini, saya dan beberapa orang mendorong warga Balerante untuk bergotong royong menyukseskan misi tersebut," ujarnya.

Jainu menuturkan meskipun tidak adanya dukungan finansial dari pemerintah daerah, namun hal itu tidak membuat warga Balerante patah semangat. Segala material, bahan baku, hingga logistik disebutnya sebagai murni berasal dari sumbangan dan swadaya masyarakat setempat.

Dari yang awalnya hanya memiliki satu titik swafoto saat awal pendiriannya pada 2016, kini ekowisata Kalitalang memiliki paling tidak tiga titik untuk berfoto dan trek sepeda gunung yang masih dalam tahap pengerjaan. Meski berbasis lokasi wisata, para pengunjung juga mendapat arahan untuk tetap menjaga lingkungan dan diberikan pemahaman tentang kebencanaan di kawasan Merapi.

Dari upaya pemahaman konservasi ini diharapkan warga sekitar Kalitalang dan pengunjung bisa menjaga alam, terutama pepohonan, yang memiliki fungsi alami sebagai pagar penghalang awan panas jika suatu saat terjadi erupsi. Terkait peningkatan aktivitas Merapi yang terjadi sekarang, Desa Balerante memiliki pengalaman yang didapat dari peristiwa erupsi pada 2010.

Dari peristiwa pada 2010, sekaligus mewaspadai ancaman erupsi yang akan datang, Jainu dan pegiat ekowisata Kalitalang lainnya terus mengingatkan warga sekitar akan pentingnya kearifan lokal.

Salah satunya berupa kentongan yang telah terbukti efektif saat erupsi 2010 di mana kala itu seluruh desa mengalami pemadaman listrik sehingga praktis tidak ada perangkat komunikasi elektronik yang dapat berfungsi.

BERITA TERKAIT

Bappenas: Pertumbuhan RI Relatif Stagnan - AKIBAT PRODUKTIVITAS TERTINGGAL DARI NEGARA LAIN

Jakarta-Pejabat Bappenas mengungkapkan, pertumbuhan ekonomi Indonesia dinilai relatif stagnan dan masih jauh di bawah rata-rata. Salah satu faktor penyebabnya adalah…

Go-Jek Lebih Dari Sekedar Alat Transportasi - Gelar Pelatihan Kewirausahaan

Sukses dan maju bersama para mitranya menjadi prinsip besar Go-Jek sebagai platform on-demand terdepan di Indonesia. Hal tersebut ditunjukkan Go-Jek…

Dibuka Keran Impor Jagung 100.000 Ton - USULAN DATANG DARI KEMENTERIAN PERTANIAN

Jakarta-Gara-gara harga jagung melambung tinggi hingga lebih dari Rp 5.000 per kg belakangan ini, pemerintah akhirnya membuka keran impor jagung…

BERITA LAINNYA DI WISATA INDONESIA

Menpar Targetkan Cross Border Sumbang 20 Persen Kunjungan Wisman di 2019

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya akan meningkatkan potensi pariwisata perbatasan (cross border tourism) di tahun 2019 dalam upaya mencapai target…

Taksi London Jadi Ajang Promosi Wonderful Indonesia

Kementerian Pariwisata selalu memiliki cara tersendiri untuk memperkenalkan pariwisata Indonesia ke mancanegara. Yang terbaru, adalah saat acara  World Travel Mart…

Menpar Ajak Arsitek Ikut Sayembara Desain Pusat Cenderamata

Menyukai desain interior atau seorang arsitek? Jangan sampai ketinggalan kompetisi ini, karena total hadiahnya mencapai Rp1 miliar. Kementerian Pariwisata dengan…