Empat Concept Car Toyota di Geneva Motor Show

Tidak kurang dari empat mobil konsep dan hybrid akan dihadirkan Toyota di Geneva Motor Show, termasuk mobil konsep Toyota FT-Bh yang tampil perdana. Model lain yang akan tampil pada pekan kedua Maret 2012 itu adalah Yaris Hybrid, GT-86, NS4 dan FCV-R concepts, serta tidak ketinggalan Toyota Diji.

Toyota akan menampilkan Yaris Hybrid di kota ini sebelum mulai dipasarkan ke seluruh Eropa mulai Juni mendatang. Yaris Hybrid menampilkan penyempurnaan teknologi Hybrid Synergy Drive yang sudah proven selama ini.

Bersama Yaris Hybrid ditampilkan juga GT86 yang akan dipasarkan mulai musim panas mendatang. Sports car ini menjanjikan peforma dan keasyikan berkendara dipadukan dengan desain menarik.

Di area mobil konsep akan hadir Toyota FT-Bh. Hadir dengan sosok city car yang menggambarkan upaya Toyota untuk mengembangkan teknologi material ringan yang bertujuan untuk menekan emisi gas buang. Tujuan utama dari mobil konsep ini adalah menghasilkan mobil yang rendah emisi, layak diproduksi, tidak menggunakan material mahal serta proses manufacturing tidak rumit.

FT-Bh akan didamping Toyota NS4 concept, yang akan menjadi basis pengembangan kendaraan plug-in hybrid serta FCV-R kendaraan berbahan bakar hydrogen. Toyota NS4 tampil pertamakali di Detroit Motor Show, namun di Eropa, Geneva menjadi yang pertama. Sementara FCV-R yang menggunakan teknologi fuel cell –emisinya hanya air- akan menjadi basis dari sedan fuel cell yang akan diluncurkan Toyota 2015.

Mobil konsep lainnya adalah Toyota diji, yang sebelumnya dikenal sebagai Toyota Fun-Vii yang ditampilkan di Tokyo Motor Show. Seperti yang ditampilkan di Tokyo, mobil ini juga menampilkan display di sekujur tubuhnya dan juga prototype car-to-car networking.

Toyota GT 86 Racikan TOMS

Toyota GT 86 mulai menarik minat tuner-tuner Jepang mendandaninya. Setelah TRD (Toyota Racing Development) kini TOMS menghadirkan body kits untuk sport car berukuran ringkas ini.

TOMS menghadirkan serangkaian aerodynamic body kit yang membuat tampilan GT 86 makin sporty sekaligus makin aerodinamis. Mulai dari bumper baru, redesain front fascia dan alloy wheel dengan delapan palang berbobot ringan.

Tuner ini juga menawarkan sejumlah modifikasi teknis seperti satu set rem baru dan sistem exhaust custom. Tapi soal mesin, tampaknya sudah dianggap mumpuni karena TOMS tidak menawarkan modifikasi.

Toyota GT 86 yang juga dipasarkan sebagai Scion FR-S menggunakan mesin 2.0 liter boxer D4-S injection. Mesin ini memproduksi 197bhp dan torsi 200Nm. Sistem transmisi 6-speed manual transmission atau 6-speed automatic.

Paling Awet

Reputasi Toyota awet, kembali terbukti lewat survey J.D. Power Automotive Dependability Study 2012. Survei ini mengukur jumlah masalah yang dialami pemilik dalam tiga tahun usia mobil. Pemilik mobil-mobil Toyota melaporkan sangat sedikit masalah yang muncul dalam tiga tahun bersama Toyota.

Lexus, merek mobil mewah buatan Toyota menjadi yang paling sedikit masalahnya dibandingkan 32 merek lain yang menjual mobilnya di Amerika Serikat. Pemilik-pemilik Lexus melaporkan hanya 86 problem per 100 mobil. Dibandingkan tahun lalu turun 21% dan termasuk salah satu merek yang mengalami perbaikan terbesar.

Dua merek lainnya, Toyota dan Scion berada di kelompok lima besar. Toyota Motor Corp. juga paling banyak menempatkan model-modelnya sebagai jawara di kelasnya masing-masing. Yaitu sedan Lexus ES 350, crossover Lexus RX 350, Toyota Prius hybrid, pickup Toyota Tundra dan minivan Toyota Sienna.

J.D. Power melibatkan 31.000 responden. Mereka dipilih yang menggunakan mobilnya sejak dibeli tahun 2009 dari benar-benar baru. Jadi mereka merasakan sendiri masalah-masalah yang muncul dari mobilnya selama tiga tahun sejak keluar dari halaman showroom hingga hari ini.

Dependability -menurut J.D. Power- sangat mempengaruhi brand image. Juga jadi pertimbangan utama konsumen untuk loyal. Tahun ini rata-rata industry adalah 132 problem per 100 kendaraan. Turun dari tahun lalu, 151 problem per 100 kendaraan. Dari 32 brand yang disurvei, 25 di antaranya mengalami perbaikan.

BERITA TERKAIT

Adira Insurance Optimis Asuransi Motor Roda Dua Tumbuh

      NERACA   Jakarta - PT Asuransi Adira Dinamika (Adira Insurance) optimis bisnis asuransi kendaraan bermotor roda dua…

Sepanjang Januari- Juli 2018, Toyota Ekspor 117 Ribu Mobil

PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mengumumkan capaian positif ekspor kendaraan sepanjang Januari-Juli 2018 mencapai 117.200 unit, meningkat 1,3 persen,…

Empat Warna Baru Dihadirkan untuk All New Satria F150

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memberikan penyegaran kepada motor All New Satria F150, dengan menghadirkan empat pilihan warna baru, yaitu…

BERITA LAINNYA DI OTOMOTIF

Harga Mobil CBU Honda Terpapar Pelemahan Kurs Rupiah

PT Honda Prospect Motor (HPM) menyatakan penguatan nilai tukar dolar AS terhadap rupiah yang terjadi belakangan  ini berimbas pada naiknya…

Truk Fuso Siap Gunakan Bahan Bakar Biodiesel 20

Direktur Pemasaran dan Penjualan PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors ( KTB) mengatakan truk Mitsubishi Fuso produksi mulai tahun 2016…

Lexus Kenalkan Teknologi Digital Side-View Monitors

Lexus, belum lama ini memperkenalkan teknologi Digital Side-View Monitors pertama di dunia untuk tipe mobil ES terbaru. Dengan menginstal kamera…