Mazda Bidik Penjualan 8.000 Unit Mobil Hingga Akhir Tahun

Distributor resmi Mazda di Indonesia, PT Eurokars Motor Indonesia (EMI), mematok target penjualan sebanyak 8.000 unit hingga akhir tahun 2018. Presiden Direktur PT EMI Roy Arman Arfandy optimistis target tersebut dapat tercapai dengan proyeksi akan terjadi peningkatan penjualan pada kuartal kedua tahun ini. Adapun penjualan Mazda sepanjang 2017 hanya berjumlah 3.861 unit.

"Target di Indonesia 8.000 unit," kata Roy Arman Arfandy kepada wartawan di Jakarta Selatan, disalin dari Antara pekan lalu. Sepanjang periode Januari-April 2018, Mazda membukukan penjualan partai besar dari pabrik ke diler (wholesales) sebanyak 1.791 unit, atau rata-rata 448 unit per bulan. Padahal untuk mencapai 8.000 unit per bulan, Mazda  setidaknya membutuhkan penjualan rata-rata 670 unit per bulan.

Untuk itu, Roy meyakini akan ada kenaikan penjualan pada kuartal kedua menjadi rata-rata 500 sampai 600 unit per bulannya. Optimisme Mazda di Indonesia juga terlihat dari penjualan selama pameran IIMS 2018 yang di luar ekspektasi PT EMI.

"Kami lihat waktu di IIMS, itu di luar ekspektasi. Target 350, tercapainya 700. Ternyata animo masyarakat cukup bagus. Jadi harapan kami memang biasanya kuartal pertama agak sepi. Sekarang sudah naik terus," katanya.

Ia menambahkan, kenaikan penjualan itu akan tercapai dengan sejumlah strategi antara lain gencar melakukan promosi yang sesuai dengan segmen konsumen Mazda dan program "Extended Warranty" berupa penambahan masa garansi menjadi lima tahun.

PT Eurokars Motor Indonesia (EMI), mengumumkan pencapaian penjualan retail pada triwulan pertama 2018 yang meroket hingga 223,6 persen dibandingkan penjualan pada periode yang sama di tahun sebelumnya.

Mazda membukukan penjualan retail sebanyak 1.437 unit, dibanding 444 unit pada periode yang sama di tahun 2017. Artinya Mazda memperoleh kenaikan penjualan retail 223,6 persen dibanding tahun sebelumnya. "Kami sangat bangga melihat perkembangan merek Mazda di Indonesia," kata Direktur PT Eurokars Motor Indonesia, Roy Arman Arfandy.

"Sejak pengambilalihan distributorship dari Mazda Motor Corporation pada tahun 2017 dan bekerja keras untuk menyesuaikan segala sesuatu yang diperlukan mulai dari pilihan produk hingga jaringan distribusi Mazda, pada awal tahun ini kami merasakan kemajuan yang cukup memuaskan," tambah Roy Arman.

Roy menambahkan, pada 2017 EMI memusatkan aktivitas untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas dari segala sumber. Konsolidasi internal dilakukan guna melakukan beberapa pembenahan agar pada tahun 2018 usaha yang dilakukan menjadi lebih lancar sekaligus mencapai target yang ditetapkan. "Pada tahun 2017 kami fokus pada konsolidasi internal untuk membereskan permasalahan yang ada sebelum dan sesudah pengambilalihan distributorship," katanya.

Adapun berdasarkan data penjualan partai besar dari pabrik ke diler (wholesales) Gaikindo periode Januari-April 2018, penjualan Mazda mencapai 1.791 unit dengan model CX-5 dan Mazda2 menjadi penyokong utama penjualan mereka.

PT EMI juga berkomitmen melayani konsumen menjelang libur Lebaran 1439 H dengan menyiapkan program khusus yaitu Mazda Lebaran Campaign 2018. "PT EMI menyelenggarakan Mazda Lebaran Campaign 2018 yang bertujuan untuk memastikan mobil konsumen Mazda di Indonesia dalam kondisi prima sehingga memberikan rasa aman dan nyaman selama perjalanan mudik Lebaran," kata Customer Service Director PT EMI Igor Pandjaitan.

 

BERITA TERKAIT

Lindungi UKM Industri Otomotif

NERACA Jakarta – Sebagai upaya melindungi UKM (Usaha Kecil Menengah) industri otomotif khususnya produsen knalpot, Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM)…

Warna Baru Filano Hybrid-Connected Lebih Berkelas

NERACA Jakarta – Produk CLASSY Yamaha terus memiliki banyak peminat, seperti Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected. atas dasar itulah Yamaha Grand Filano…

ECSTAR Oil 0W-16 SN Siap Lindungi Komponen Mesin

NERACA Jakarta – Sebagai perusahaan otomotif yang bertanggung jawab dalam menyediakan layanan purna jual yang bertujuan untuk menjaga kualitas produknya,…

BERITA LAINNYA DI Otomotif

Lindungi UKM Industri Otomotif

NERACA Jakarta – Sebagai upaya melindungi UKM (Usaha Kecil Menengah) industri otomotif khususnya produsen knalpot, Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM)…

Warna Baru Filano Hybrid-Connected Lebih Berkelas

NERACA Jakarta – Produk CLASSY Yamaha terus memiliki banyak peminat, seperti Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected. atas dasar itulah Yamaha Grand Filano…

ECSTAR Oil 0W-16 SN Siap Lindungi Komponen Mesin

NERACA Jakarta – Sebagai perusahaan otomotif yang bertanggung jawab dalam menyediakan layanan purna jual yang bertujuan untuk menjaga kualitas produknya,…