Cara Mempertahankan Konsumen

Untuk  memperdalam karakter konsumen, kita memang perlu mengetahui psikologis mereka. berikut strategi dahsyat mempertahankan pelangggan bisnis atau konsumen anda agar tetap setia dan loyal:

 

1. Siapkan tempat saran atau masukan

Secara umum pelanggan sifatnya ingin diperhatikan, mereka tidak mau tahu apakah kita mempunyai pelanggan ratusan atau ribuan tiap hari, mereka hanya berpikir ingin dilayani full service. Salah satu bentuk perhatian kita ialah mendengar keluhan konsumen dengan membuat tempat khusus, bisa dengan kotak suara, nomor untuk menerima keluhan, dan lain-lain. Dilain sisi kita bisa melihat apa yang kurang dari produk kita, entah bisa dari produk sendiri atau dari sisi pelayanan yang kurang layak, itu salah satu cara mempertahankan pelanggan.

 

2.      Follow up setelah membeli

Ucapan terima kasih untuk membeli atau memberikan informasi yang menarik (adanya diskon, promo, launching produk, dll) dapat kita lakukan setelah pelanggan membeli produk, dengan tujuan konsumen merasa dihargai, karena kita masih mengingatnya walaupun yang menjadi pelanggan sangat banyak, apalagi jika kita menyebut nama mereka satu persatu (bukan secara umum). Bagaimana  melakukannya? Kita bisa membuat daftar buku tamu, dengan mengisi nama, no hp, dan email, bagi saya ini strategi yang penting dalam cara mempertahankan pelanggan bisnis.

 

3.      Ajak aktif di sosial media atau blog

Dengan membludaknya pengguna internet khususnya di Indonesia, maka kita sebagai pemilik produk sudah kebutuhan mutlak untuk membuat akun disocial media (facebook atau twitter) atau website produk, tujuannya ialah menunjukkan eksistensi kita yang tetap hadir untuk semua kalangan dan memperluas pemasaran agar menjadi banyak yang mengetahui.

 

4. Mengajak pelanggan untuk membuat testimoni

Buatlah pengumuman bahwasanya akan diambil  5 komentar terbaik testimoni dan akan ditampilkan di website atau timeline kita, mereka pasti senang jika menjadi pen-testimoni karena bakal mejeng di hal depan website atau timeline. Strategi ini membuat pelanggan kita aktif dan memberi dampak viral marketing yang membuat produk kita dilihat orang banyak.

 

5. Mencari orang yang berpengaruh untuk memberikan testimoni

Meneruskan dari strategi yang ke-4, akan tetapi kali ini kita mencari orang yang berpengaruh (memiliki banyak fans). Mengapa harus demikian? Karena akan berdampak juga fansnya yang banyak mencoba produk kita, contoh=> kita menjual bakso, kemudian kita minta testimoni dari Rafi Ahmad dan Raditya Dika, dengan testimoni yang diberikan oleh ke 2 orang tersebut, maka dengan sendirinya fans mereka akan mencoba bakso kita, tanpa disuruh dan dengan dahsyat akan mendongkrak penjualan.

BERITA TERKAIT

Data Analitik Strategi Bisnis Skala Kecil Pacu Penjualan

Berdasarkan studi Georgia Small Business Development Center (SBDC) mengungkapkan bisnis yang memanfaatkan analisis data, rata-rata mengalami peningkatan penjualan sebesar 15%…

Hadirkan solusi DOOH yang Lebih Dinamis, AMG Jalin Kemitraan Strategis dengan DMMX

  Hadirkan solusi DOOH yang Lebih Dinamis, AMG Jalin Kemitraan Strategis dengan DMMX  NERACA  Jakarta – AMG (Alternative Media Group)…

InfoEkonomi.id Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024

  InfoEkonomi.id Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024 NERACA Jakarta - InfoEkonomi.ID, portal berita seputar…

BERITA LAINNYA DI Keuangan

Data Analitik Strategi Bisnis Skala Kecil Pacu Penjualan

Berdasarkan studi Georgia Small Business Development Center (SBDC) mengungkapkan bisnis yang memanfaatkan analisis data, rata-rata mengalami peningkatan penjualan sebesar 15%…

Hadirkan solusi DOOH yang Lebih Dinamis, AMG Jalin Kemitraan Strategis dengan DMMX

  Hadirkan solusi DOOH yang Lebih Dinamis, AMG Jalin Kemitraan Strategis dengan DMMX  NERACA  Jakarta – AMG (Alternative Media Group)…

InfoEkonomi.id Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024

  InfoEkonomi.id Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024 NERACA Jakarta - InfoEkonomi.ID, portal berita seputar…