Inovasi Layanan Adira Finance - Ketika Semua Kemudahan Ada Dalam Genggaman

Wanto (25) salah satu pegawai perusahaan bank swasta di Jakarta Selatan sibuk dengan smartphonenya sendiri disela istrirahat jam makan siang. Kesibukannya dengan smartphone bukan hanya sekedar komunikasi dengan temannya saja atau bermain game sambil menunggu waktu senggang, tetapi juga dilakukannya untuk bertransaksi belanja online hingga pembayaran asuransi dan angsuran kredit mobilnya. Tercatat menjadi nasabah Adira Finance sejak dua tahun terakhir, dirinya mengakui, cukup dimanjakan dengan fasilitas layanan AKSES Adira Finance yang belum lama ini diluncurkan.

Maklum saja, di sela kesibukannya sebagai bankir, tentunya tidak ada waktu untuk ngantri dan bermacet ria dalam segala urusan transaksi selama bisa dilakukan secara online, “Untung saja, sejak hadirnya layanan AKSES Adira Finance, segala transaksi pembayaran angsuran mobil tidak perlu lagi ngantri di Indomart atau Alfamart, serta datang ke kantor Adira, tetapi cukup lewat aplikasi ini di smartphone,”ceritanya.

Dirinya menuturkan, menjadi bagian dari generasi milenial yang melek digital menuntut segala bentuk layanan transaksi secara online agar lebih praktis dan efisien, baik itu pembayaran angsuran bulanannya cicilan rumah, asuransi hingga kredit mobil sehingga bisa dilakukan dimanapun dan kapan pun. Hal senada juga disampaikan, Santi (40), ibu dari dua anak ini menyadari betul keuntungan transaksi secara online untuk pembayaran angsuran kredit motor. Menjadi nasabah setia Adira Finance sejak lima tahun silam, dirinya menceritakan selalu tepat waktu dalam membayaran angsuran motor. “Sejak ngambil motor pertama dan kedua saat ini, saya leasingnya di Adira aja,”tuturnya.

Pedagang sayuran di pasar Ciputat ini, benar-benar memanfaatkan segala macam keunggulan produk Adira Finance dan termasuk layanan aplikasi AKSES Adira Finance. Santi mengungkapkan, selama ini setiap bayar anggusuran motor selalu lewat Indomart atau kantor pos yang dekat dengan lapak dagangannya. Namun sejak bertemu dengan sales Adira Finance belum lama ini, terkait informasi layanan AKSES Adira Finance, dirinya mulai membiasakan transaksi angsuran bulanan lewat aplikasi AKSES yang diunduh dari smartphone miliknya. “Saya diajari ama sales Adira dan dibantu mengunduh aplikasi ini hingga dibuatkan email. Awalnya sih ribet, tetapi karena terus dituntun, akhirnya bisa dan mulai terbiasa kaya anak zaman sekarang,”ungkapnya.

Hebatnya lagi, kata Santi, layanan AKSES Adira Finance ada fitur informasi untuk mengingatkan tanggal jatuh tempo pembayaran. Meskipun dirinya sendiri mengklaim selalu disiplin dan tidak pernah telat membayar angsuran. Sementara Iwan (27) yang berniat mengajukan kredit kendaraan bermotor (KKB) di Adira Finance mengatakan, sangat dibantu dan memudahkan untuk mengajukan aplikasi pembiayaan lewat AKSES Adira Finance. “Lewat layanan ini mulai pengajuan kredit hingga simulasi kredit sudah tersedia, jadi benar-benar one stop service yang lengkap,”tandasnya.

Ya, suka tidak suka pesatnya kemajuan teknologi informasi saat ini membawa perubahan gaya hidup masyarakat yang menuntut cara kerja yang lebih efisien, cepat dan praktis. Tak ayal, saat ini hampir semua pelayanan dituntut untuk menghadirkan berbasis digital, tidak hanya industri perbankan atau asuransi, namun juga perusahaan multifinance. Agar tidak ditinggal para konsumennya, maka inovasi layanan dan transaksi berbasis digital menjadi mutlak adanya seiring dengan dinamisnya perubahan prilaku masyarakat yang gemar berbelanja online berbasis digital.

Perubahan gaya hidup masyarakat yang sudah dimanjakan dengan kecanggihan smartphone yang ada digenggaman memaksa perubahan atau bahkan revolusi bisnis multifinance ke aral digital. Terlebih di zaman modern ini hampir setiap orang memiliki telepon seluler alias ponsel atau telephon pintar yang lebih dikenal dengan handphone atau smartphone dan internet. Penggunaan HP ini sendiri tidak terbatas pada segmen tertentu saja. Berbagai kalangan mulai dari kalangan atas hingga kalangan bawah, bahkan sampai dengan anak-anak saat ini sudah menggunakan HP. Penggunaan HP sendiri pada akhirnya meningkat pesat dari hari ke hari .

CEO Bukalapak.com, situs jual beli online, Achmad Zaky pernah bilang, saat ini bisa dikatakan adalah eranya smartphone dan internet. Bagaimana tidak, perangkat mobile ini sudah digunakan oleh semua kalangan masyarakat, baik tua, muda, di desa maupun di kota. Bukan hanya untuk komunikasi, tapi juga untuk berbisnis. "HP tampaknya sudah menjadi sebuah kebutuhan primer bagi masyarakat modern. Ibarat makanan dan minuman, pengguna HP seolah sangat membutuhkan benda tersebut. Kenyataannya bahwa HP sangat dibutuhkan oleh masyarakat modern memang sangat membantu dalam segala bidang, bahkan bisa dikatakan seperti senjata,"ujarnya.

 

Menjawab Kebutuhan Pasar

 

Meningkatnya angka pengguna smartphone ini juga didorong oleh makin terjangkaunya harga smartphone. Ibu-ibu rumah tangga, tukang ojek, tukang bakso dan penyedia jasa informal lainnya semakin banyak yang menggunakan smartphone. Maka menjawab kebutuhan layanan konsumen akan kemudahan transaksi di era digital saat ini, PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (Adira Finance) meluncurkan AKSES Adira Finance.”AKSES Adira Finance merupakan inovasi kami untuk meningkatkan pelayanan kepada konsumen yang beralih ke digital,’’kata Direktur Utama Adira Finance, Hafid Hadeli.

AKSES Adira Finance, jelas Hafid, merupakan komitmen perusahaan dalam memberikan kontribusi terbaik dengan menghadirkan beragam inovasi produk dan layanan pembiayaan untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Lebih lanjut, Hafid menuturkan bahwa AKSES Adira Finance berkembang mengikuti kebutuhan konsumen di era teknologi digital, disamping memberikan nilai tambah pada pelayanan bertransaksi yang cepat, aman, dan mudah bagi para konsumen.

Menurutnya, hal ini selaras dengan aspirasi Adira Finance untuk menjadi Multifinance Digital Company di Indonesia pada tahun 2020. Maka bagi konsumen yang ingin melakukan transaksi digital bisa mengakses aplikasi AKSES Adira Finance dari smartphone Android melalui Google Playstore atau portal www.aksesadirafinance.com. AKSES Adira Finance merupakan penyempurnaan versi Beta yang kali pertama diperkenalkan September 2017.

Aplikasi AKSES Adira Finance memiliki fitur lebih lengkap dengan beragam manfaat yang memberikan informasi dan layanan kepada konsumen ataupun calon konsumen. Ketika konsumen mengklik AKSES Adira Finance, konsumen akan mendapatkan fitur-fitur bermanfaat seperti notifikasi dan reminder tempo dan overdue cicilan, informasi detail kontrak konsumen, informasi pelayanan, simulasi kredit untuk calon konsumen, dan jejak angsuran.

Dirinya mengungkapkan, ada lima keuntungan menggunakan aplikasi AKSES Adira Finance. Pertama notifikasi dan reminder jatuh tempo dan overdue cicilan. Dimana konsumen akan mendapatkan reminder untuk pembayaramn angsuran di H-7, H-3, dan pada saat hari H jatuh tempo. Kedua informasi detail kontrak konsumen. Nantinya, nasabah akan mendapatkan nomor perjanjian kontrak, jumlah angsuran, obyek pembiayaan, dan tanggal jatuh tempo pembayaran. Ketiga informasi pelayanan,”Pada fitur ini, nasabah bisa mengetahui alamat lokasi cabang dan Contact Care Adira Finance, alternative pilihan pembayaran angsuran, dan informasi produk dan layanan Adira Finance serta promo yang berlangsung,”ungkapnya.

Selanjutnya, manfaat lainnya simulasi kredit untuk calon konsumen. Nsabah bisa melakukan simulasi kredit melalui aplikasi. Nasabah yang sudah melakukan simulasi kredit bisa mengkonfirmasi untuk mengambil pengajuan kredit melalui aplikasi kredit dan terakhir informasi jejak angsuran. Nasabah bisa mengetahui secara detail angsuran yang sudah dibayarkan termasuk informasi apabila terkena denda.

Sebagai perusahaan pembiayaan terbesar di Indonesia, kata Hafid, Adira Finance mengedepankan kepuasan kepada konsumen setianya di era digital. Pasalnya, dengan AKSES Adira Finance bisa memberikan pilihan bagi konsumen yang tidak memiliki waktu datang ke kantor Adira Finance apabila ingin mengajukan kredit pembiayaan.”AKSES Adira Finance menjadi jawaban dari Adira Finance dalam memenangi persaingan dunia usaha di era digital yang semakin berkembang pesat. Ke depan, Adira Finance terus melakukan inovasi menghadapi tantangan di era teknologi digital dengan target utama memberikan kemudahan pelayanan kepada konsumen dalam melakukan transaksi pembiayaan,”ungkapnya.

 

 

BERITA TERKAIT

IHSG Melemah di Tengah Penguatan Bursa Asia

NERACA Jakarta – Mengakhiri perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) Rabu (17/4) sore, indeks harga saham gabungan (IHSG) ditutup…

Danai Refinancing - Ricky Putra Globalindo Jual Tanah 53 Hektar

NERACA Jakarta – Perkuat struktur modal guna mendanai ekspansi bisnisnya, emiten produsen pakaian dalam PT Ricky Putra Globalindo Tbk (RICY)…

Libur Ramadan dan Lebaran - Trafik Layanan Data XL Axiata Meningkat 16%

NERACA Jakarta – Sepanjang libur Ramadan dan hari raya Idulfitr 1445 H, PT XL Axiata Tbk (EXC) atau XL Axiata…

BERITA LAINNYA DI Bursa Saham

Sukses Pengembangan Karyawan - BTN Tempati Posisi Top 3 Untuk Pengembangan Karier

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) menempati posisi Top 3 tempat kerja terbaik untuk pengembangan karir di Indonesia versi…

Atlantis Subsea Bidik Pendapatan Tumbuh 20%

NERACA Jakarta – Resmi mencatatkan sahamnya di pasar modal, PT Atlantis Subsea Indonesia Tbk (ATLA) membidik pendapatan tumbuh 20% pada…

Tensi Politik Timur Tengah Penyebab Anjloknya IHSG

NERACA Jakarta- Tensi ketegangan politik di kawasan timur tengah menjadi sentimen negatif terhadap indeks harga saham gabungan (IHSG) di Bursa…