Toyota, Hyundai, Ford Pimpin Kenaikan Penjualan Mobil di Eropa

Penjualan mobil di Eropa naik 9,6 persen pada April berkat kinerja positif Toyota, Hyundai dan Ford, serta didorong peningkatan jumlah hari kerja, menurut data industri yang dipublikasikan.

Angka pendaftaran mobil baru di negara-negara Uni Eropa dan kawasan perdagangan bebas Eropa mencapai 1,349 juta unit pada bulan lalu, naik dari periode yang sama pada setahun sebelumnya sebesar 1,231 juta mobil, menurut asosiasi industri yang berbasis di Brussels, seperti dilansir Reuters, belum lama ini, disalin dari Antara.

Selain itu, hari kerja yang bertambah karena diler-diler tetap buka selama liburan Paskah membuat penjualan bulan April 2018 lebih berkembang ketimbang tahun lalu. Toyota dan Hyundai membukukan kenaikan penjualan masing-masing 20,3 persen dan 15,3 persen. Penjualan Ford naik 14 persen dan Volkswagen Group menanjak 13,1 persen.

Renault juga naik 10 persen, diikuti Peugeot yang melonjak 15,3 persen dan PSA Group membukukan peningkatan 6,9 persen. Sayangnya, peningkatan penjualan yang tinggi tidak dialami Fiat Chrysler yang hanya meraih kenaikan 2,3 persen, atau di bawah performa pasar akibat penurunan penjualan merek Fiat sebesar 4,5 persen, demikian Reuters.

Pasar kendaraan roda empat Indonesia kembali bergairah pada periode Januari-April 2018 dengan total penjualan partai besar pabrik ke diler (wholesales) sebanyak 394.421 unit, naik 5,6 persen ketimbang periode sama 2017 sebanyak 373.348 unit.

Kenaikan tertinggi terjadi pada April dengan total penjualan 102.256 unit atau naik 14 persen dari pada bulan yang sama tahun lalu sejumlah 89.588 mobil. Toyota masih memimpin penjualan mobil dalam empat bulan pertama tahun ini dengan 113.854 unit kendaraan, kendati jumlah itu menurun bila dibandingkan penjualan periode sama tahun lalu sebanyak 140.508 unit.

Mitsubishi merangsek ke posisi kedua sebagai merek kendaraan terlaris hingga April 2018 dengan penjualan 73.179 unit, melonjak dua kali lipat lebih dari penjualan periode yang sama tahun lalu sebesar 33.958 unit. Daihatsu menempati urutan ketiga dengan penjualan 70.479 unit kendaraan yang naik 8 persen dari tahun lalu, sedangkan penjualan mobil Honda berada pada urutan keempat berkat penjualan 53.274 unit kendaraan.

Suzuki melengkapi lima besar merek mobil terlaris di Indonesia dengan penjualan 40.860 unit mobil yang naik dari tahun lalu sebanyak 34.556 kendaraan.

Awal tahun ini, Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Jongkie Sugiarto, memprediksi penjualan mobil sepanjang tahun 2018 akan menembus angka 1,1 juta unit.

BERITA TERKAIT

Optimis, Tahun 2024 Penjualan Penjualan Mitsubishi X Force Ditargetkan Meningkat 15 Persen

NERACA Jakarta – Tingginya permintaan akan Mitsubishi X Force maka PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) optimis penjualan…

Standardisasi Dukung Industri Knalpot Aftermarket

NERACA Jakarta – Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki mengajak Kementerian/Lembaga (K/L) untuk berkolaborasi mendukung perkembangan industri komponen otomotif, salah…

New Honda Vario Tapil Makin Gaya

NERACA Jakarta – Tingginya pasar skutik di Indonesia, membuat para produsen motor untuk berinnovasi untuk merebut pasar. Salah saunya yakni…

BERITA LAINNYA DI Otomotif

Optimis, Tahun 2024 Penjualan Penjualan Mitsubishi X Force Ditargetkan Meningkat 15 Persen

NERACA Jakarta – Tingginya permintaan akan Mitsubishi X Force maka PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) optimis penjualan…

Standardisasi Dukung Industri Knalpot Aftermarket

NERACA Jakarta – Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki mengajak Kementerian/Lembaga (K/L) untuk berkolaborasi mendukung perkembangan industri komponen otomotif, salah…

New Honda Vario Tapil Makin Gaya

NERACA Jakarta – Tingginya pasar skutik di Indonesia, membuat para produsen motor untuk berinnovasi untuk merebut pasar. Salah saunya yakni…