Penjualan mobil di Eropa naik 9,6 persen pada April berkat kinerja positif Toyota, Hyundai dan Ford, serta didorong peningkatan jumlah hari kerja, menurut data industri yang dipublikasikan.
Angka pendaftaran mobil baru di negara-negara Uni Eropa dan kawasan perdagangan bebas Eropa mencapai 1,349 juta unit pada bulan lalu, naik dari periode yang sama pada setahun sebelumnya sebesar 1,231 juta mobil, menurut asosiasi industri yang berbasis di Brussels, seperti dilansir Reuters, belum lama ini, disalin dari Antara.
Selain itu, hari kerja yang bertambah karena diler-diler tetap buka selama liburan Paskah membuat penjualan bulan April 2018 lebih berkembang ketimbang tahun lalu. Toyota dan Hyundai membukukan kenaikan penjualan masing-masing 20,3 persen dan 15,3 persen. Penjualan Ford naik 14 persen dan Volkswagen Group menanjak 13,1 persen.
Renault juga naik 10 persen, diikuti Peugeot yang melonjak 15,3 persen dan PSA Group membukukan peningkatan 6,9 persen. Sayangnya, peningkatan penjualan yang tinggi tidak dialami Fiat Chrysler yang hanya meraih kenaikan 2,3 persen, atau di bawah performa pasar akibat penurunan penjualan merek Fiat sebesar 4,5 persen, demikian Reuters.
Pasar kendaraan roda empat Indonesia kembali bergairah pada periode Januari-April 2018 dengan total penjualan partai besar pabrik ke diler (wholesales) sebanyak 394.421 unit, naik 5,6 persen ketimbang periode sama 2017 sebanyak 373.348 unit.
Kenaikan tertinggi terjadi pada April dengan total penjualan 102.256 unit atau naik 14 persen dari pada bulan yang sama tahun lalu sejumlah 89.588 mobil. Toyota masih memimpin penjualan mobil dalam empat bulan pertama tahun ini dengan 113.854 unit kendaraan, kendati jumlah itu menurun bila dibandingkan penjualan periode sama tahun lalu sebanyak 140.508 unit.
Mitsubishi merangsek ke posisi kedua sebagai merek kendaraan terlaris hingga April 2018 dengan penjualan 73.179 unit, melonjak dua kali lipat lebih dari penjualan periode yang sama tahun lalu sebesar 33.958 unit. Daihatsu menempati urutan ketiga dengan penjualan 70.479 unit kendaraan yang naik 8 persen dari tahun lalu, sedangkan penjualan mobil Honda berada pada urutan keempat berkat penjualan 53.274 unit kendaraan.
Suzuki melengkapi lima besar merek mobil terlaris di Indonesia dengan penjualan 40.860 unit mobil yang naik dari tahun lalu sebanyak 34.556 kendaraan.
Awal tahun ini, Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Jongkie Sugiarto, memprediksi penjualan mobil sepanjang tahun 2018 akan menembus angka 1,1 juta unit.
NERACA Jakarta – Sebagai upaya melindungi UKM (Usaha Kecil Menengah) industri otomotif khususnya produsen knalpot, Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM)…
NERACA Jakarta – Produk CLASSY Yamaha terus memiliki banyak peminat, seperti Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected. atas dasar itulah Yamaha Grand Filano…
NERACA Jakarta – Sebagai perusahaan otomotif yang bertanggung jawab dalam menyediakan layanan purna jual yang bertujuan untuk menjaga kualitas produknya,…
NERACA Jakarta – Sebagai upaya melindungi UKM (Usaha Kecil Menengah) industri otomotif khususnya produsen knalpot, Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM)…
NERACA Jakarta – Produk CLASSY Yamaha terus memiliki banyak peminat, seperti Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected. atas dasar itulah Yamaha Grand Filano…
NERACA Jakarta – Sebagai perusahaan otomotif yang bertanggung jawab dalam menyediakan layanan purna jual yang bertujuan untuk menjaga kualitas produknya,…