IIMS 2018 Bukukan Penjualan Hingga 12.402 Kendaraan

Sebanyak 12.402 unit kendaraan terjual selama pameran otomotif Internasional Motor Show (IIMS) di JIExpo Kemayoran, Jakarta, pada 19-29 April 2018. Berdasarkan keterangan tertulis dari Dyandra Promosindo selaku penyelenggara pameran, disebutkan bahwa nilai transaksi dari penjualan 11.179 unit mobil dan 1.223 unit motor selama IIMS 2018 itu mencapai Rp4,08 triliun.

Pameran yang dibuka Presiden Republik Indonesia Joko Widodo itu mengenalkan inovasi digital melalui pengaplikasian berbagai elemen digital, mengangkat karya anak bangsa yang diwakili belasan industri kreatif otomotif di booth Increase Indonesia, sekaligus memberikan dukungan terhadap hadirnya mobil listrik di area IIMS 2018.

"Kami ucapkan terima kasih kepada Bapak Presiden Republik Indonesia yang telah berkenan membuka IIMS 2018 dan menyediakan waktu cukup lama untuk melihat dan menikmati beberapa kegiatan utama dalam penyelenggaraan IIMS 2018," kata Direktur Dyandra Promosindo Hendra Noor Saleh dalam keterangannya sebagaimana disalin dari Antara.

"Pencapaian total pengunjung yang melebih target menjadi prestasi bagi Dyandra Promosindo selama 19 tahun menyelenggarakan pameran otomotif di Tanah Air," ujar pria yang akrab disapa Kohen itu.

Kehadiran jumlah pengunjung menjadi salah satu catatan terbesar dalam sejarah penyelenggaraan IIMS karena berdasarkan data hingga Minggu (29/4) tercatat total pengunjung selama pameran mencapai 526.431. Perolehan tersebut melampaui target yang telah ditetapkan dan meningkat 22.984 orang dibandingkan IIMS 2017.

Toyota menuntaskan keikutsertaannya pada pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) pada 19-29 April 2018 dengan membukukan sebanyak 3.328 surat pemesanan kendaraan (SPK).

Kendaraan serbaguna kecil (Low MPV) Toyota Avanza masih menjadi kontributor utama dengan terjual sebanyak 766 unit, unggul tipis sebanyak tujuh unit dari All New Rush yang mencetak SPK 759 unit.

"Selama IIMS lalu menunjukkan angka positif. Yang paling tinggi Avanza sebanyak 766 unit, diikuti Rush 759 unit, Kijang Innova 405 unit, Calya 389 unit dan Yaris 152 unit," kata Public Relation Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) Rouli Sijabat.

All New Rush yang tampil dengan desain serba baru pun menjadi salah satu kendaraan yang ramai didatangi pengujung selama IIMS, selain All New C-HR dan New Yaris yang diluncurkan pada kuartal pertama 2018.

Pemesanan All New Rush yang mencapai 759 unit pun menjadi catatan tersendiri karena naik tiga kali lipat ketimbang pameran tahun lalu sebanyak 251 unit. Rush anyar yang menjadi pesaing Daihatsu Terios, Honda BR-V dan Suzuki SX4 itu mendapatkan respon positif dari pelanggan sejak dipasarkan awal tahun ini. Sepanjang Januari-Maret 2018, penjualan Rush mencapai 12.018 unit secara wholesale atau meraih pangsa pasar 44,5 persen.

PT Toyota-Astra Motor (TAM) berupaya mempertahankan posisinya sebagai market leader dengan pangsa pasar (market share) wholesales di angka 34,4 persen, seperti yang mereka raih tahun lalu.

Sepanjang 2017, TAM menjadi pemimpin pasar (market leader) dengan penjualan kendaraan sebanyak 371.332 unit yang menyumbang 34,4 persen dari total penjualan kendaraan roda empat nasional sebanyak 1,079 juta unit.

Kepemimpinan Toyota di pasar otomotif Indonesia ditunjang produk kendaraan serbaguna kecil (Low MPV) Toyota Avanza yang terdistribusi sebanyak 116.311 unit atau rata-rata 9.693 unit per bulan pada 2017. Namun, upaya Toyota untuk mempertahankan pangsa pasar tidak akan mudah.

BERITA TERKAIT

IPCC Bukukan Laba Bersih Rp 95 Miliar

NERACA Jakarta – Di paruh pertama tahun ini, PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk (IPCC) berhasil mencetak laba (unaudited) Rp 95…

Pawai Obor AG 2018 Ikut Promosikan Pariwisata Indonesia

  Oleh : Agnes Ayu Permata, Mahasiswi Universitas Parahyangan Bandung Pawai obor menjadi agenda yang saat ini tengah dilakukan di…

OJK Targetkan Capai Rp 250 Triliun di 2018 - Pendanaan di Pasar Modal

NERACA Jakarta – Geliat transaksi saham di pasar modal seiring dengan pesatnya pertumbuhan investor dan jumlah emiten, menjadi keyakinan Otoritas…

BERITA LAINNYA DI OTOMOTIF

Produksi Alat Mekanis Multiguna Pedesaan Digenjot

Pemerintah terus memacu produktivitas dan daya saing industri otomotif di dalam negeri agar mampu memenuhi kebutuhan konsumen domestik dan semakin…

Kemenperin Sebut Laju Industri Otomotif Kian Melesat

Industri otomotif merupakan salah satu dari lima sektor manufaktur yang tengah diprioritaskan pengembangannya karena akan menjadi pionir dalam penerapan revolusi…

Industri Otomotif Siap Perluas Penggunaan B20

Industri otomotif menyatakan kesiapannya dalam memperluas penggunaan Biodiesel 20 untuk seluruh kendaraan bermesin diesel di Indonesia. "Kami siap mendukung implementasi…