Targetkan 440 Ribu Nasabah Baru - BTN Gelar Roadshow Tabungan e'Batara Pos

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. menggandeng PT Pos Indonesia (Persero) untuk memperluas inklusi keuangan ke seluruh lapisan masyarakat lewat produk Tabungan e’Batarapos. Produk tabungan yang dirilis sejak 2005 tersebut ditargetkan bisa menarik nasabah dan meningkatkan dana pihak ketiga (DPK) Bank BTN. Salah satu strateginya adalah menggelar roadshow ke sejumlah provinsi di tanah air, setelah sebelumnya digelar di Makassar, sasaran selanjutnya adalah Sumatera Utara,”Khusus di Medan, Sumatera Utara, kami berikan tabungan gratis dengan saldo Rp. 25 ribu melalui program Gratis Tabungan dengan target kurang lebih 7.500 nasabah baru selama event,” kata Direktur Consumer Banking BTN, Budi Satria di Binjai, Sumatera Utara, kemarin.

Dirinya optimis strategi untuk mendorong produk hasil sinergi dengan Pos Indonesia itu akan tercapai. Menurutnya, ada tiga faktor pendukung optimisme itu. Pertama, potensi ekonomi di wilayah Sumatera Utara yang cukup besar karena ditunjang sektor infrastruktur dan komoditas. Kedua, laju pertumbuhan kredit di Sumatera Utara cukup tinggi, yang diprediksi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bisa menembus 9% atau masih dalam 3 besar provinsi dengan tingkat pertumbuhan kredit tertinggi. Terakhir, adalah bonus demografi Sumatera Utara yang kelak pada tahun 2020-2035 akan memiliki penduduk usia produktif yang dominan.

Tabungan e’Batarapos, kata Budi, menjadi salah satu produk unggulan bagi masyarakat Sumut karena kemudahannya, misalnya setoran awal yang hanya Rp 50 ribu, bebas biaya administrasi jika saldo di atas Rp 1 juta dan yang penting nasabah bisa tetap menikmati fasilitas perbankan di hari Sabtu dan Minggu di kantor pos online. Oleh karena itu, kolaborasi dengan Pos Indonesia tentu akan memudahkan akses nasabah karena Pos Indonesia memiliki 2.933 loket Kantorpos yang telah terkoneksi secara realtime (on-line system).

Kolaborasi yang positif dengan Pos Indonesia memungkinkan Bank BTN untuk mengejar targetnya mendongkrak dana pihak ketiga. Tahun 2018 ini Bank BTN menargetkan peningkatan Tabungan e’Batarapos sebesar Rp 1,44 triliun menjadi sebesar Rp 4,37 triliun atau melejit lebih dari 49% dibandingkan tahun 2017 lalu yang mencapai Rp 2,93 triliun. Angka tersebut dapat dicapai dengan peningkatan saldo minimal Rp 1,39 juta per nasabah. Adapun jumlah nasabah Tabungan e’Batarapos saat ini mencapai lebih dari 1 juta penabung.

Sebagai informasi, per April 2018 dana Tabungan BTN mencapai Rp 40,19 triliun atau naik sebesar 43,24% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Tabungan e’Batarapos diharapkan bisa meningkatkan porsi dana murah Bank BTN sekaligus meningkatkan kontribusinya atas tabungan yang saat ini masih di bawah 10% dari total dana tabungan di Bank BTN.

BERITA TERKAIT

Laba Bersih Rukun Raharja Melonjak 150%

Di tahun 2023, PT Rukun Raharja Tbk (RAJA) membukukan laba bersih yang melonjak 150% year on year (yoy) menjadi senilai US$ 27,1…

Transformasi, WTON Luncurkan Logo Baru

Masuki hari jadinya ke-27, PT Wijaya Karya Beton Tbk (WTON) atau WIKA Beton resmi meluncurkan logo baru yang menjadi simbol…

Pakuwon Jati Cetak Laba Bersih Rp2,1 Triliun

Emiten properti, PT Pakuwon Jati Tbk (PWON) membukukan laba bersih sebesar Rp2,105 triliun pada tahun 2023 atau naik 36,8% dibanding…

BERITA LAINNYA DI

Laba Bersih Rukun Raharja Melonjak 150%

Di tahun 2023, PT Rukun Raharja Tbk (RAJA) membukukan laba bersih yang melonjak 150% year on year (yoy) menjadi senilai US$ 27,1…

Transformasi, WTON Luncurkan Logo Baru

Masuki hari jadinya ke-27, PT Wijaya Karya Beton Tbk (WTON) atau WIKA Beton resmi meluncurkan logo baru yang menjadi simbol…

Pakuwon Jati Cetak Laba Bersih Rp2,1 Triliun

Emiten properti, PT Pakuwon Jati Tbk (PWON) membukukan laba bersih sebesar Rp2,105 triliun pada tahun 2023 atau naik 36,8% dibanding…