Unilever Peduli Membidik Kesehatan Masyarakat

Neraca. Tanggung jawab sosial perusahaan atau CSR (Corporate Social Responsibility), kini telah menjadi prioritas utama para pemimpin perusahaan di setiap Negara, termasuk Indonesia. Hal ini karena CSR telah menjadi perhatian dari kalangan pemerintah, aktivis, media, pemimpin masyarakat, karyawan perusahaan hingga para akademisi. Fenomena ini menandakan bahwa CSR merupakan hal penting dalam aktivitas perusahaan di suatu wilayah tertentu.

Dengan adanya ketentuan CSR sebagai sebuah kewajiban dapat merubah pandangan maupun perilaku dari pelaku usaha, sehingga CSR tidak lagi dimaknai sekedar tuntutan moral an-sich, tetapi diyakinkan sebagai kewajiban perusahaan yang harus dilaksanakan.

Kesadaran ini memberikan makna bahwa perusahaan bukan lagi sebagai entitas yang mementingkan diri sendiri, eksklusifitas dari lingkungan masyarakat, merupakan sebuah usaha yang wajib melakukan adaptasi kultural dengan lingkungan sosial. Sehingga tidak berkelebihan jika ke depan CSR harus dimaknai bukan lagi hanya sekedar responsibility karena bersifat voluntary, tetapi harus dilakukan sebagai mandatory dalam makna liability karena disertai dengan sanksi.

Dari tujuan diatas terlihat perusahaan memfokuskan kepada lingkungan dan masyarakat, sebenarnya hal ini merupakan salah satu strategi perusahaan. Dengan adanya ketentuan CSR sebagai sebuah kewajiban dapat merubah pandangan maupun perilaku dari pelaku usaha, sehingga CSR tidak lagi dimaknai sekedar tuntutan moral an-sich, tetapi diyakinkan sebagai kewajiban perusahaan yang harus dilaksanakan.

PT Unilever Indonesia, Tbk melalui brand sabun kesehatan Lifebuoy sebagaico-founderHari Cuci Tangan Pake Sabun (HCTPS) ingin menginformasikan hasil penelitian dari riset untuk memperoleh informasi kaitan antara keselamatan bayi baru lahir dengan perilaku cuci tangan pakai sabun (CTPS) pada ibu-ibu dan bidan.

Riset yang diadakan sebagai bentuk kerjasama Unilever dengan USAID melalui program MCHIP (Maternal and Child Health Integrated Program) ini memfokuskan pada motivasi dan permasalahan dalam perilaku CTPS yang bertujuan untuk menyusun program intervensi perubahan perilaku CTPS pada ibu-ibu dan bidan, agar intervensi yang dibuat dapat efektif membantu pencegahan kematian bayi baru lahir.

Membudayakan CTPS menjadi sangat penting seperti sebelum makan dan setelah dari toilet, hal ini dapat menyelamatkan lebih banyak jiwa daripada melakukan vaksin atau intervensi medis lainnya. Penyelenggaraan CTPS sangat penting bagi Indonesia mengingat kondisi kesehatan masyarakat yang umumnya masih memperihatinkan. Seperti tingkat kematian dan kesakitan akibat penyakit yang berkaitan dengan air, sanitasi serta perilaku hidup bersih dan sehat.

Program seperti ini, selain sebagai program tanggung jawab perusahaan terhadap masyarakat (CSR), juga sebagai salah satu strategi pemasaran produk Unilever. Selain menawarkan sebuah produk, perusahaan tersebut juga menawarkan sebuah program yang bisa membantu masyarakat menghadapi permasalahan-permasalahan kesehatan yang muncul di tengah-tengah mereka. Hal seperti ini memang sudah menjadi strategi pemasaran PT Unilever, dengan target pemasaran Ibu-ibu, dengan asumsi kalau ibu-nya sudah mau cuci tangan, biasanya anggota keluarga lainnya akan mengikuti.

Kebiasaan cuci tangan pakai sabun (CTPS) adalah perilaku sederhana yang paling murah dan mudah untuk dilakukan, namun faktanya tidak semua orang kelakukannya. Padahal, perilaku ini berdampak besar untuk menghindari atau mencegah berbagai penyakit. Seperti yang dilansir di beberapa media, Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) menunjukan sebagian besar atau hampir 55% penyakit penyebab kematian bayi usia 29 hari sampai 11 tahun dapat dicegah dengan intervensi lingkungan dan perilaku. Di antaranya pneumonia atau penyakit radang paru-paru sebanyak 23% dan diare sekitar 31%. “Proporsinya sama pada anak usia 4-11 tahun.

BERITA TERKAIT

BI: Bukan Alat Pembayaran Sah di RI - MASYARAKAT DIMINTA HATI-HATI BERTRANSAKSI BITCOIN

Jakarta-Bank Indonesia menegaskan Bitcoin bukan merupakan alat pembayaran yang sah untuk digunakan di Indonesia. Masyarakat diminta untuk tidak memakai Bitcoin…

KPK-KAI Ajak Masyarakat Banyumas Budayakan Antikorupsi

KPK-KAI Ajak Masyarakat Banyumas Budayakan Antikorupsi NERACA Purwokerto - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bersama PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengajak…

KOTA PALEMBANG - Praktisi: Masyarakat Harus Kenali Modus Investasi Bodong

KOTA PALEMBANG Praktisi: Masyarakat Harus Kenali Modus Investasi Bodong NERACA Palembang - Masyarakat dinilai harus mengenali modus kejahatan berkedok investasi…

BERITA LAINNYA DI CSR

Dukung Pertumbuhan Wirausaha Sosial - Mitra Sociopreneurs Muda DBS Berbagi Kiat Sukses

Membangun kemandirian ekonomi kaum wanita saat ini bukan lagi menjadi pilihan tetapi juga kebutuhan. Oleh karena itu, dalam rangka memberdayakan…

Berdayakan Ekonomi Perempuan - Commonwealth Siapkan Akses Permodalan Praktis

Masih dalam rangka meningkatkan literasi serta memberikan kemudahan akses jasa keuangan kepada 40 ribu perempuan pengusaha Indonesia, PT Bank Commonwealth…

Langkah Kongkrit Untuk Warga Kupang - Ada Virus Positif Astra di Festival Kampung Berseri

Berangkat dari kepedulian terhadap keterbelakangan dunia pendidikan bagi siswa di Indonesia timur, khususnya di Kupang membuat Astra Grup untuk terjun…