Daerah Tujuan Wisata Terpopuler Jelang Ramadan

Sebelum memasuki bulan suci Ramadan, ada dua hari libur nasional di bulan Mei yang diperkirakan menjadi momen untuk berjalan-jalan. Kedua hari libur nasional itu adalah Hari Buruh (1 Mei) dan Kenaikan Isa Al Masih (10 Mei) dikutip dari CNN Indonesia.

Berdasarkan riset terbaru dari platform pemesanan pemesanan daring global, Agoda, masyarakat Indonesia mengambil kesempatan hari libur ini dengan berlibur ke beberapa daerah di Indonesia bahkan luar negeri. Berikut adalah daftarnya;

Yogyakarta, Indonesia

Tempat ini selalu menjadi pilihan wisatawan yang memiliki hasrat akan seni dan segala hal yang kreatif. Tak heran jika Yogyakarta menjadi salah satu tujuan utama saat liburan.

Bandung, Indonesia

Kota yang bisa ditempuh dalam waktu dua jam dari Jakarta ini selalu menjadi tempat pelarian kaum urban. Meskipun hanya untuk minum kopi sembari bercengkrama, namun Bandung tetap menarik hati banyak orang untuk berlibur.

Kuala Lumpur, Malaysia

Jika berkendara ke Bandung dari Jakarta hanya memerlukan waktu dua jam, maka dengan durasi yang sama wisatawan bisa tiba di Kuala Lumpur dengan moda transportasi pesawat. Jadi bukan hal yang mengherankan jika kota ini menjadi magnet saat momen liburan tiba.

Bangkok, Thailand

Salah satu yang menarik dari negeri gajah putih ini adalah kuliner, selain kawasan hiburan malam tentunya. Thailand selalu menjadi pilihan bagi mereka yang ingin memanjakan diri dengan keramaian.

Tokyo, Jepang

Berdasarkan riset, masyarakat Indonesia menghabiskan rata-rata 7 malam saat berlibur di Tokyo. Banyak sekali daerah yang bisa dijelajahi atau sekadar ingin bersantai di beberapa sudut kota ini.

Di sisi lain, Sebagai kota yang identik dengan festival dan perayaan, Pemerintah Kota Singkawang telah menyiapkan Pasar Juadah untuk merayakan datangnya bulan suci Ramadhan tahun ini. Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie, mengatakan nantinya Pasar Juadah akan dipusatkan di sebuah kawasan. "Untuk memeriahkan Ramadan Fair yang kita pusatkan di Mess Daerah Singkawang, kita juga sudah menyiapkan Pasar Juadah yang akan ditata di sekitar Mess," katanya seperti yang dikutip dari Antara.

Dia berharap apa yang dilakukan nanti dapat membuat masyarakat luar Singkawang seperti Sambas, Mempawah, Bengkayang, dan Pontianak berkunjung dan melihat bahkan berkenan untuk berbuka puasa di Kota Singkawang.

Pasar Juadah ini berkaitan dengan Ramadan Fair. Acara ini meruapakan usaha untuk memberikan peluang kepada pedagang yang selama ini berjualan di tempat terlarang.Terkait perayaan Ramadhan Fair Singkawang, Tjhai Chui Mie mengimbau masyarakat muslim untuk menghias rumah dan lingkungannya dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan dan hari raya Idul Fitri.

Menurutnya hal tersebut sesuai visi misi Pemerintah Kota yang berniat menjadikan Kota Singkawang sebagai kota pariwisata. Ramdhan fair, ia menambahkan, adalah salah satu cara untuk mendongkrak kunjungan wisatawan.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Singkawang, Hendryan, mengatakan tempat yang disediakan Pemerintah tidak di pungut biaya sepersen pun dan dilengkapi dengan tenda. "Kita siapkan untuk 100 pedagang Pasar Juadah," ujarnya.

BERITA TERKAIT

Ketua DPR RI - Ada Upaya Merusak Stabilitas Hankamnas Jelang Pemilu

Bambang Soesatyo Ketua DPR RI Ada Upaya Merusak Stabilitas Hankamnas Jelang Pemilu Jakarta - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menilai…

Serang dan Pandeglang Tidak Peroleh Dana Insentif Daerah

Serang dan Pandeglang Tidak Peroleh Dana Insentif Daerah NERACA Serang - Dua dari delapan daerah di Provinsi Banten yaitu Kota…

Wisata Hutan Mangrove dan Padang Lamun Bintan

Bintan memang memiliki banyak destinasi wisata yang menarik, salah satunya Pengudang Mangrove. Objek wisata ini menyajikan keindahan alam hutan mangrove…

BERITA LAINNYA DI WISATA INDONESIA

Taman Laut di Indonesia yang Jarang Terekpos

Secara geografis Indonesia merupakan negara kepulauan yang dua pertiga kawasannya adalah lautan. Panjang garis pantai di Indonesia mencapai 81 ribu…

Terumbu di Selat Pantar Diduga Rusak

  Bentang dan panorama alam bawah laut Indonesia merupakan permata yang diburu oleh para penyelam di seluruh dunia. Namun sayangnya…

Bogor Gaet Wisatawan dengan 'Tahun Kopi'

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bogor, Jawa Barat, merasa kalau kopi menjadi komoditi kaum milenial. Oleh sebab itu, pada tahun…