Daerah Tujuan Wisata Terpopuler Jelang Ramadan

Sebelum memasuki bulan suci Ramadan, ada dua hari libur nasional di bulan Mei yang diperkirakan menjadi momen untuk berjalan-jalan. Kedua hari libur nasional itu adalah Hari Buruh (1 Mei) dan Kenaikan Isa Al Masih (10 Mei) dikutip dari CNN Indonesia.

Berdasarkan riset terbaru dari platform pemesanan pemesanan daring global, Agoda, masyarakat Indonesia mengambil kesempatan hari libur ini dengan berlibur ke beberapa daerah di Indonesia bahkan luar negeri. Berikut adalah daftarnya;

Yogyakarta, Indonesia

Tempat ini selalu menjadi pilihan wisatawan yang memiliki hasrat akan seni dan segala hal yang kreatif. Tak heran jika Yogyakarta menjadi salah satu tujuan utama saat liburan.

Bandung, Indonesia

Kota yang bisa ditempuh dalam waktu dua jam dari Jakarta ini selalu menjadi tempat pelarian kaum urban. Meskipun hanya untuk minum kopi sembari bercengkrama, namun Bandung tetap menarik hati banyak orang untuk berlibur.

Kuala Lumpur, Malaysia

Jika berkendara ke Bandung dari Jakarta hanya memerlukan waktu dua jam, maka dengan durasi yang sama wisatawan bisa tiba di Kuala Lumpur dengan moda transportasi pesawat. Jadi bukan hal yang mengherankan jika kota ini menjadi magnet saat momen liburan tiba.

Bangkok, Thailand

Salah satu yang menarik dari negeri gajah putih ini adalah kuliner, selain kawasan hiburan malam tentunya. Thailand selalu menjadi pilihan bagi mereka yang ingin memanjakan diri dengan keramaian.

Tokyo, Jepang

Berdasarkan riset, masyarakat Indonesia menghabiskan rata-rata 7 malam saat berlibur di Tokyo. Banyak sekali daerah yang bisa dijelajahi atau sekadar ingin bersantai di beberapa sudut kota ini.

Di sisi lain, Sebagai kota yang identik dengan festival dan perayaan, Pemerintah Kota Singkawang telah menyiapkan Pasar Juadah untuk merayakan datangnya bulan suci Ramadhan tahun ini. Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie, mengatakan nantinya Pasar Juadah akan dipusatkan di sebuah kawasan. "Untuk memeriahkan Ramadan Fair yang kita pusatkan di Mess Daerah Singkawang, kita juga sudah menyiapkan Pasar Juadah yang akan ditata di sekitar Mess," katanya seperti yang dikutip dari Antara.

Dia berharap apa yang dilakukan nanti dapat membuat masyarakat luar Singkawang seperti Sambas, Mempawah, Bengkayang, dan Pontianak berkunjung dan melihat bahkan berkenan untuk berbuka puasa di Kota Singkawang.

Pasar Juadah ini berkaitan dengan Ramadan Fair. Acara ini meruapakan usaha untuk memberikan peluang kepada pedagang yang selama ini berjualan di tempat terlarang.Terkait perayaan Ramadhan Fair Singkawang, Tjhai Chui Mie mengimbau masyarakat muslim untuk menghias rumah dan lingkungannya dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan dan hari raya Idul Fitri.

Menurutnya hal tersebut sesuai visi misi Pemerintah Kota yang berniat menjadikan Kota Singkawang sebagai kota pariwisata. Ramdhan fair, ia menambahkan, adalah salah satu cara untuk mendongkrak kunjungan wisatawan.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Singkawang, Hendryan, mengatakan tempat yang disediakan Pemerintah tidak di pungut biaya sepersen pun dan dilengkapi dengan tenda. "Kita siapkan untuk 100 pedagang Pasar Juadah," ujarnya.

BERITA TERKAIT

Anggota DPR: RUU Daerah Kepulauan Atasi Kesenjangan

Anggota DPR: RUU Daerah Kepulauan Atasi Kesenjangan NERACA Jakarta - Anggota Fraksi PDI Perjuangan Mercy Chriesty Barends menilai platform Rancangan…

Langkah Kemenpar Memulihkan Industri Wisata usai Gempa

Pemerintah mulai menyiapkan langkah pemulihan pariwisata di Lombok dan Bali dan cara mengembalikan kepercayaan wisatawan dunia. Menpar Arief Yahya menyatakan…

Geliat dan Tantangan Wisata Kapal Pesiar di Indonesia

Belum banyak wisatawan Indonesia yang melirik berwisata dengan kapal pesiar, pasalnya masih ada beberapa kesalahan penafsiran terkait kegiatan melancong itu.…

BERITA LAINNYA DI WISATA INDONESIA

Langkah Kemenpar Memulihkan Industri Wisata usai Gempa

Pemerintah mulai menyiapkan langkah pemulihan pariwisata di Lombok dan Bali dan cara mengembalikan kepercayaan wisatawan dunia. Menpar Arief Yahya menyatakan…

Geliat dan Tantangan Wisata Kapal Pesiar di Indonesia

Belum banyak wisatawan Indonesia yang melirik berwisata dengan kapal pesiar, pasalnya masih ada beberapa kesalahan penafsiran terkait kegiatan melancong itu.…

Wisman Peroleh Kemudahan Usai Gempa Lombok

Seorang turis asal Jerman, Barry memberikan kesaksiannya terkait bantuan yang didapatkannya usai gempa besar yang melanda Lombok pada pekan lalu.…