Cara Mengatasi Baterai Smartphone Boros

Notifikasi "battery low" yang sering muncul di smartphone kamu pasti bakal bikin kesal, apalagi ketika kamu rasa baterai perangkat masih terisi penuh. Apple dan Samsung digadang-gadang memiliki teknologi yang mampu memperpanjang masa pakai baterai di deretan smartphone baru mereka. Namun nyatanya hal itu tidak selalu terjadi.

Beberapa pengaturan (Settings) yang tidak kamu sadari mampu menguras bateri smartphone kamu, bahkan saat tidak digunakan. Bagaimana cara mengatasinya? Berikut adalah beberapa rahasia kenapa baterai smartphone kamu boros, dan cara mengatasinya.

1. Update Smartphone

Entah menggunakan smartphone berbasis iOS atau Android, kamu pasti menyadari daya tahan baterai lebih pendek dari biasanya.

Kejadian ini lumrah dan sering dialami pengguna, dan banyak yang melaporkan masalah dengan baterai setelah pembaruan OS. Biasanya, hal ini terjadi karena OS secara otomatis mengembalikan pengaturan aplikasi ke konfigurasi aslinya. Jadi, kamu harus mengoptimalkan smartphone kembali agar performa baterai lebih hemat.

2. Aplikasi Beroperasi di Background

Saat membuka pengaturan (Settings) di smartphone, kamu bisa melihat aplikasi apa saja yang paling banyak menghabiskan daya baterai ponsel. Jika menemui aplikasi dengan label "background activity", kamu bisa menon-aktifkan fitur background app refresh, dan mengaturnya agar beroperasi saat digunakan saja. Jika tidak terlalu butuh setiap waktu, ada baiknya fitur background app refresh diubah ke manual.

3. GPS Selalu Aktif

Menyalakan fitur GPS di smartphone sudah barang tentu bakal menguras baterai. Saat fitur ini menyala, lokasi GPS kamu akan secara berkala diperbarui. Ada baiknya kamu mematikan fitur GPS di smartphone, atau mengalihkan pengaturan aplikasi sehingga hanya aktif saat aplikasi yang membutuhkan GPS dinyalakan. Dengan hal ini, baterai smartphone kamu tidak akan cepat habisnya.

4. Bluetooth Menyala

Pasti beberapa dari kamu pernah atau sering membiarkan fitur Bluetooth di smartphone menyala sepanjang hari. Seperti poin kedua dan ketiga, membiarkan Bluetooth menyala seharian dapat menguras baterai lebih cepat dari biasanya. Sebaiknya, kamu menon-aktifkan Bluetooth bila sudah tidak dipakai lagi agar baterai lebih hemat. Tak hanya itu, menggunakan WiFi daripada data seluler juga bisa menghemat baterai smartphone. Karena itu, sambungkan smartphone ke WiFi setiap kali ada kesempatan.

Selain itu, ada baiknya kamu menyalakan fitur Airplane Mode setiap kali berada di area dengan sinyal yang lemot atau tidak ada sinyal sekalipun. Karena dengan begini, smartphone tidak akan selalu mencari-cari sinyal.

5. Tingkat Keterangan Cahaya Layar

Hal paling jelas yang menyedot baterai smartphone kamu adalah tingkat kecerahan layar atau brightness. Usahakan untuk mengubah tingkat kecerahan layar kamu setiap kali baterai smartphone kamu hampir habis, dan gunakan fitur kecerahan otomatis (auto brightness). Dengan ini, tingkat kecerahan layar smartphone akan beradaptasi dengan pencahayaan di sekitar.

BERITA TERKAIT

Tips Menghasilkan Foto Bagus Dari Smartphone

Berhasil mendapatkan foto bagus lewat kamera smartphone kadang gampang-gampang susah. Apalagi jika memotret di dalam ruang seperti museum atau pameran…

Huawei Nova 3i Resmi Meluncur di Indonesia - Smartphone Empat Kamera

Huawei kembali merilis smartphone terbarunya di Indonesia. Setelah merilis flagship P20 Pro di Indonesia, Huawei menghadirkan andalan barunya Nova 3i.…

Cara Pintar dalam Berbisnis

  Setiap orang telah mendengar peringatan "bekerja lebih cerdas, tidak lebih keras," dan itu sebenarnya nasihat bijak. Etika kerja yang…

BERITA LAINNYA DI TEKNOLOGI

Satelit Merah Putih Milik Telkom Resmi Meroket Ke Angkasa

Satelit Merah Putih milik Telkom akhirnya resmi meroket di angkasa pada Selasa (7/8/2018), tepat pukul 12.15 WIB. Satelit tersebut lepas…

Jurus Menghemat Kuota Internet

Hidup tanpa gadget adalah hal yang cukup mustahil untuk banyak orang. Rasanya hidup jadi tidak seru jika tidak ada gadget…

Intip BlackBerry Evolve dan BlackBerry Evolve X

BlackBerry merilis smartphone terbarunya, yakni BlackBerry Evolve dan BlackBerry Evolve X. Kali ini, perangkat yang dirilis adalah besutan pemegang lisensi…