Toyota Optimistis Pertahankan Pangsa Pasar Sebesar 34 Persen

PT Toyota-Astra Motor (TAM) berupaya mempertahankan posisinya sebagai market leader dengan pangsa pasar (market share) wholesales di angka 34,4 persen, seperti yang mereka raih tahun lalu.

Sepanjang 2017, TAM menjadi pemimpin pasar (market leader) dengan penjualan kendaraan sebanyak 371.332 unit yang menyumbang 34,4 persen dari total penjualan kendaraan roda empat nasional sebanyak 1,079 juta unit.

Kepemimpinan Toyota di pasar otomotif Indonesia ditunjang produk kendaraan serbaguna kecil (Low MPV) Toyota Avanza yang terdistribusi sebanyak 116.311 unit atau rata-rata 9.693 unit per bulan pada 2017.

Namun, upaya Toyota untuk mempertahankan pangsa pasar tidak akan mudah karena segmen andalan mereka yang ditempati Avanza mendapat perlawanan ketat dari Mitsubishi Xpander.

Pada triwulan pertama tahun 2018, angka distribusi Avanza rata-rata sebanyak 7.000 unit setiap bulannya atau menurun dibandingkan tahun lalu, kendati Toyota juga memiliki amunisi baru, yaitu New Rush yang mengalami pertumbuhan penjualan.

Penjualan partai besar (wholesales) Rush dalam tiga bulan 2018 mencapai 12.000 unit, artinya pasokan ke agen penjualan rata-rata mencapai 4.000 unit per bulan, jauh lebih tinggi dibandingkan suplai Rush dalam tiga tahun terakhir, yang rata-rata 1.600-2.200 unit per bulan.

Untuk itu, Wakil Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor Henry Tanoto mengatakan walaupun tantangannya cukup berat, namun pihaknya yakin bisa mempertahankan pangsa pasar, seperti tahun lalu hingga akhir 2018.

"Kami berusaha bagaimana yang dicapai tahun lalu bisa dipertahankan. Tahun ini, dengan dinamika market yang ada, kami optimistis selalu," katanya, dalam sebuah perbincangan dengan wartawan pada pembukaan IIMS 2018 di JIExpo Kemayoran, disalin dari Antara.

Sementara itu, Toyota Indonesia akan mempelajari masukan-masukan dari konsumen terkait kemungkinan untuk memperkenalkan All New C-HR bermesin hibrida atau 1.200 cc turbo.Sebelumnya, Toyota Astra Motor (TAM) telah meluncurkan All New C-HR bermesin 1.800 cc pada pekan kedua April 2018 dan memperkenalkannya ke hadapan publik pada pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) di JIExpo Kemayoran, Jakarta, 19-29 April 2018.

Wakil Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto mengatakan pihaknya selalu mendengarkan masukan dan saran dari konsumen terkait produk-produk Toyota, termasuk C-HR. "Ini baru pengenalan (C-HR), jadi kami fokus yang ini dulu. Tapi kami mempelajari harapan dan masukan dari konsumen," kata Henry Tanoto. "Semuanya mungkin, di luar negeri C-HR tersedia model hybrid, kami masih pelajari tapi sekarang yang bensin dahulu," sambung dia.

Kendati demikian, Henry berharap agar konsumen fokus pada produk C-HR yang sudah ada di Indonesia, sebelum memikirkan C-HR bermesin hybrid maupun turbo. "Kami pastikan konsumen memahami C-HR yang baru ini, sambil kami mendengar masukan konsumen apakah ada turbo atau hybrid," katanya.

Toyota memboyong C-HR berstatus impor utuh (CBU) dari Thailand dengan mesin bensin 2ZR-FBE berkapasitas 1.800 cc berteknologi Dual VVT-i. Product General Manager PT Toyota Astra Motor, Bansar Maduma, menjelaskan Toyota Indonesia memilih mesin 1.800 cc untuk memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan bagi konsumen C-HR yang berasal kalangan menengah ke atas.

Iya menjelaskan, dengan menggendong mesin 1.800 cc maka tenaga yang disemburkan C-HR lebih besar 30 PS ketimbang menggunakan mesin 1.200 cc. Mesin 1.800 cc juga menghasilkan power maksimum 141 ps/6.400 rpm dan torsi 17,4 kgm/4.000 rpm yang menawarkan sensasi berkendara yang berbeda.

BERITA TERKAIT

Suzuki Indonesia Resmikan Jimny 3-Door

NERACA Jakarta – Masih tingginya pasar SUV (sport utility vehicle) di Indonesia maka produsen otomotif terus melakukan inovasi dalam memperoduksi mobil…

Daihatsu Tutup Kuartal I 2024 Dengan Kenaikan Penjualan Bulanan 17,1%

NERACA Jakarta – Menutup Kuartal I 2024, Daihatsu kembali catatkan raihan penjualan positif sejalan dengan kenaikan pasar otomotif nasional. Secara…

Hino Ranger Solusi Optimal untuk Pengangkutan Efisien

NERACA Jakarta – Hino Ranger telah lama menjadi pilihan utama dalam industri pengangkutan berat, terkenal karena kinerja andal dan desain…

BERITA LAINNYA DI Otomotif

Suzuki Indonesia Resmikan Jimny 3-Door

NERACA Jakarta – Masih tingginya pasar SUV (sport utility vehicle) di Indonesia maka produsen otomotif terus melakukan inovasi dalam memperoduksi mobil…

Daihatsu Tutup Kuartal I 2024 Dengan Kenaikan Penjualan Bulanan 17,1%

NERACA Jakarta – Menutup Kuartal I 2024, Daihatsu kembali catatkan raihan penjualan positif sejalan dengan kenaikan pasar otomotif nasional. Secara…

Hino Ranger Solusi Optimal untuk Pengangkutan Efisien

NERACA Jakarta – Hino Ranger telah lama menjadi pilihan utama dalam industri pengangkutan berat, terkenal karena kinerja andal dan desain…