Penggunaan Fiskal Diminta Tepat Sasaran

NERACA

Jakarta--- Pemerintah diminta memperhatikan jumlah subsidi yang terlalu besar pada APBN. Karena  ini merupakan “kelalaian” kebijakan pemerintah. Padahal seharusnya pemberian subsidi demi menjaga keseimbangan antara penyesuaian harga agar  masyarakat terhindar dari kenaikan harga yang berlebihan.  “Tetapi, pada saat yang sama sumber daya fiskal APBN tidak dibiarkan boros dan hilang sia-sia karena subsidi yang salah arah,” kata Ketua Umum Yayasan Paramadina, Didik J Rachbini kepada wartawan di Jakarta,14/2

Menurut Didik, beban subsidi yang terlalu besar dalam APBN bisa menyebabkan peran negara menjadi tak optimal. Sehingga tak bisa mensejahterakan rakyat. Karena itu perlu mencari solusi agar APBN tidak terlalu dibebani dengan tujuan mengefisienkan perekonomian Indonesia. “Karena beban subsidi yang terlalu besar dapat berakibat pemerintah tidak dapat menjalankan fungsi atau peran untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat,” terangnya

Mantan Rektor Universitas Mercu Buana ini malah mempertanyakan penikmati subsidi dalam jumlah besar. Dari hasil kajian ternyata penyebaran BBM bersubsidi tersebut, dipakai  kendaraan pribadi atau mobil pribadi sebanyak 53 %, motor 40 % dan sisanya sangat sedikit oleh kendaraan umum sebesar 3%. “Jadi yang menikmati BBM adalah golongan menengah yang mampu,” tambahnya

Berdasarkan hasil studi tim UGM, ITB dan UI subsidi energi meningkat dua kali lipat selama dua tahun (2010-2011) terakhir ini dari Rp 140 triliun rupiah menjadi RP 250 triliun. Sehingga total subsidi dua tahun ini menjadi Rp 390 triliun.

Didik menjelaskan fakta ini menunjukkan pemerintah dan DPR telah menyebabkan sumber daya fiskal menjadi boros karena subsidi yang salah arah. Kebanyakan yang menggunakan subsidi tersebut adalah pemilik kendaraan pribadi baik mobil maupun motor. Kendaraan pribadi mengkonsumsi hampir 11 juta kilo liter sehingga menghabiskan tidak kurang dari Rp45-50 triliun setahun.

Sementara Direktur Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Enny Sri Hartati M. Si mengatakan esensi subsidi adalah untuk memenuhi asas keadilan dan pemerataan. Subsidi merupakan pajak negatif, jadi subsidi dapat sebagai instrumen distribusi pendapatan.  Subsidi dapat digunakan untuk mengatasi kegagalan pasar (market failure). Eksternalitas Negatif Subsidi menciptakan misalokasi sumber daya dan distorsi harga. “Karena konsumen membayar barang dan jasa pada harga yang lebih rendah daripada harga pasar maka cenderung terjadi pemborosan dalam penggunaan sumber daya yang disubsidi,” katanya.

Ketimpangan Sasaran Alokasi subsidi BBM yaitu 25% Kelompok rumah tangga dengan penghasilan (pengeluaran) per bulan tertinggi menerima alokasi subsidi sebesar 77%. Dari 25 kelompok rumah tangga dengan penghasilan (pengeluaran) per bulan terendah hanya menerima subsidi sekitar 15%. Subsidi justru tidak dinikmati oleh mereka yang sebenarnya berhak, aksas Pemerataan dan Keadilan tidak tercapai.

Enny menjelaskan bahwa BBM Bersubsidi terbesar adalah untuk Premium (60%), dengan penggunaan terbesar adalah untuk Tranportasi Darat (89%). Konsumsi BBM terus meningkat rata-rata 5% per tahun, mencapai sekitar 1,3 juta barel per hari. “Subsidi BBM tidak menguntungkan diterapkan di negara yang merupakan importer neto BBM,” ujarnya.

Peningkatan efisiensi pemakaian BBM di sektor transportasi dilakukan dengan memperbaiki sistem transportasi publik yang layak dan memadai. Subsidi transportasi publik lebih efisien untuk meningkatkan pendapatan riil masyarakat, dibandingkan dengan memberikan subsidi BBM. Harus ada upaya mengurangi/mensubstitusi ketergantuan BBM dengan mengembangkan dan diversifikasi energi alternatif yang lebih efisien (batu bara, Gas, dsb). **mohar

 

 

 

 

 

 

 

BERITA TERKAIT

Bijak Bermedia Sosial, Bebas Berekspresi Secara Bertanggung Jawab

Bijak Bermedia Sosial, Bebas Berekspresi Secara Bertanggung Jawab  NERACA Probolinggo - Dalam rangka mewujudkan Indonesia Makin Cakap Digital, Kementerian Komunikasi…

Perhatikan Batasan dalam Berkonten di Media Sosial

  NERACA Jember - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo RI) berkomitmen meningkatkan literasi digital masyarakat menuju Indonesia #MakinCakapDigital2024. Dalam rangka…

Infobrand.id Gelar Indonesia Digital Popular Brand Award untuk ke 32 Kalinya

Infobrand Gelar Indonesia Digital Popular Brand Award untuk ke 32 Kalinya NERACA Jakarta – Di tengah persaingan yang semakin sengit,…

BERITA LAINNYA DI Ekonomi Makro

Bijak Bermedia Sosial, Bebas Berekspresi Secara Bertanggung Jawab

Bijak Bermedia Sosial, Bebas Berekspresi Secara Bertanggung Jawab  NERACA Probolinggo - Dalam rangka mewujudkan Indonesia Makin Cakap Digital, Kementerian Komunikasi…

Perhatikan Batasan dalam Berkonten di Media Sosial

  NERACA Jember - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo RI) berkomitmen meningkatkan literasi digital masyarakat menuju Indonesia #MakinCakapDigital2024. Dalam rangka…

Infobrand.id Gelar Indonesia Digital Popular Brand Award untuk ke 32 Kalinya

Infobrand Gelar Indonesia Digital Popular Brand Award untuk ke 32 Kalinya NERACA Jakarta – Di tengah persaingan yang semakin sengit,…