Menyaksikan Keindahan Biota Laut Bunaken

Menyaksikan Keindahan Biota Laut Bunaken

Neraca. Suka snorkeling dan diving? Cobalah ke Bunaken. Kalau Anda baru dengar keindahannya dari cerita teman saja, rasanya belum lengkap. Soalnya kawasan konservasi laut yang sudah tersohor ini memang patut diselami.

Permukaan air laut Bunaken jelang siang di penuhi puluhan manusia berkaki katak sedang mengapung dengan pelampung berwarna orange. Mereka ada yang berkelompok, tak sedikit pula yang menyendiri. Tujuan mereka sama, menikmati keindahan bawah laut lewat masker bersnorkel.

Keindahan laut Bunaken sebenarnya sudah puluhan tahun terindentifikasi oleh para penyelam tanah air. Namun pemerintah baru sadar dan kemudian Taman Nasional Bunaken (TNB) secara resmi ditetapkan sebagai salah satu taman nasional laut di Indonesia pada Oktober 1991, setelah lebih kurang 20 tahun keindahannya ditemukan oleh 3 orang pelopor usaha penyelaman daerah, yakni dr Hanny Batuna, Loky Herlambang, dan Ricky Lasut. Baru setelah kawasan ini tersohor oleh para penyelam internasional, pemerintah sadar lalu secara bertahap menetapkan wilayah ini menjadi kawasan konservasi.

TNB terdiri dari beberapa pulau, yakni Pulau Bunaken, Pulau Siladen, Pulau Mantehage, Pulau Manado Tua, berikut beberapa anak pulaunya, dan Pulau Nain. Lokasi penyelamannya terbatas di masing-masing pantai yang mengelilingi kelima pulau itu. Tercatat lebih kurang 20 titik penyelaman (dive spot) dengan kedalaman bervariasi hingga 1.344 meter.

Lokasi yangsatu ini mempunyai luas 890.65 km² dimana hanya 3% yang berupa daratan, termasuk kedalamnya Perairan Taman Laut Nasional Bunaken berjarak 1.566 m dari Teluk Manado,dengan suhu berkisar antara 27-29 ° C menjadi salah satu objek bahari oleh banyak wisatawan domestik maupun internasional ketika datang ke Indonesia. Khususnya untuk para wisatawan yang ingin ke pulau ini untuk recreationalscuba divingdansnorkeling.

Keunikan dan yang khas daripesisir Bunakenadalah pasirnya yang kuning berbeda dengan pasir pantai pada umumnya yang berwarna putih. Selain itu di dalam laut bunaken terdapat berbagai keanekaragaman biota laut yang tinggi. Dalam satu zona, bisa terdapat 91 jenis ikan dengan warna yang beragam,echinodermata atau spons.

Sedikitnya 7 dari 8 spesies kerang raksasa yang ada di dunia, semuanya dapat ditemukan di sini. Parasnorkelerdi sekitarLekuanatauFukuiterdapat lebih dari 33 spesies ikan kupu-kupu dan berbagai jenis ikan kerapu dan ikan gobi. Di bawah dasar permukaan laut Bunaken ini makin semarak dengan warna- warni terumbu karang yang masih alami.

Sebagian besar dari 12 titik penyelaman di Pulau Bunaken berjajar dari bagian tenggara hingga bagian barat laut pulau tersebut. Di wilayah inilah terdapatunderwater great walls, yang disebut juga hanging walls, atau dinding-dinding karang raksasa yang berdiri vertikal dan melengkung ke atas. Dinding karang ini juga menjadi sumber makanan bagi ikan-ikan di perairan sekitar Pulau Bunaken.

Taman Laut Nasional Bunaken, menyediakan persewaan perlengkapan diving dan snorkeling. Lokasi snorkelling biasanya tidak terlalu dalam. Hanya sekitar 3-5 meter. Selain itu ada pemandu yang siap mengajarkan snorkeling dalam waktu singkat. Ikan-ikan yang terdapat di areal snorkeling biasanya sudah jinak dan gampang akrab dengan pengunjung. Hanya dengan berbekal remahan roti atau biskuit para wisatawan dapat mengundang sekumpulan ikan itu untuk datang.

Bagi para wisatawan yang tidak ingindivingatausnorkellingtak perlu kuatir. Para wisatawan tetap bisa menikmati pemandangan laut dengan menumpang kapal yang dilengkapi aquarium. Aquarium yang dimaksud di sini adalah lantai kapal yang dilengkapi kaca sehingga penumpang bisa melihat isi laut. Kapal aquarium ini akan membawa para wisatawan melintasi tiga titik dengan pemandangan terindah di bawah permukaan laut Bunaken.

BERITA TERKAIT

Festival Pesona Bunaken jadi Ujung Tombak Pariwisata

Festival Pesona Bunaken 2018, yang akan dilangsungkan pada 19 - 22 Juli 2018, kembali menjadi ujung tombak Provinsi Sulawesi uara…

Membendung China di Pasifik dan Laut China Selatan

  Oleh: Gigin Praginanto, Pemerhati Kebijakan Publik Seperti di Indonesia, China juga jorjoran dalam menggelontorkan utang ke negara-negara di Samudera…

ARLI: Rumput Laut RI Diberdayakan Secara Alami - Produk Kelautan

NERACA Jakarta – Asosiasi Rumput Laut Indonesia (ARLI) menyatakan komoditas rumput laut Indonesia diberdayakan secara alami sehingga aman untuk dikonsumsi…

BERITA LAINNYA DI WISATA INDONESIA

Ini Pilihan Tempat Menginap di Bandung

Bandung menjadi "pelarian" bagi warga Jakarta yang ingin liburan sambil merasakan hawa dingin. Di musim libur, seperti Lebaran, Paris van…

Menikmati Wisata Susur Sungai Martapura di Malam Ramadan

Bulan Ramadan bukan berarti menjadi berakhirnya aktivitas petualangan. Warga kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, justru memiliki tren wisata baru yakni…

Wisata Jalur Vulkanik Jadi Berkah dari Gunung Merapi

Pekan kemarin Gunung Merapi kembali menunjukkan statusnya sebagai gunung api teraktif di Indonesia. Gunung yang terletak di perbatasan Provinsi Jawa…