Xpander Diyakini Masih Sokong Penjualan IIMS Mitsubishi

Low MPV andalan Mitsubishi, Xpander, diyakini bakal masih menjadi penyokong utama aktivitas penjualan anjungan pabrikan Jepang itu di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 yang berlangsung di JI Expo Kemayoran, Jakarta, 19-29 April.

Padahal, di hari pembukaan IIMS 2018, Mitsubishi memperkenalkan dua model baru dari lini produk andalan mereka di segmen SUV dan pickup double-cabin, yakni Pajero Sport Rockford Fostage Limited Edition serta New Triton Athlete.

Direktur Divisi Pemasaran dan Penjualan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia, Irwan Kuncoro, mengakui besar kemungkinan Xpander akan menyumbangkan sekurang-kurangnya 50 persen aktivitas penjualan mereka di IIMS 2018. "Ya. Sepertinya 50 persen akan disumbangkan oleh Xpander. Sisanya bakal terdistribusi dari model lain," kata Irwan, disalin dari Antara.

Perkiraan besarnya sumbangsih Xpander terhadap penjualan Mitsubishi di IIMS 2018 tentu bukan tanpa sebab, pasalnya data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan di dua bulan pertama 2018 Xpander telah mencatatkan penjualan 14.479 unit.

Angka itu bahkan mengantarkan Xpander sukses mewujudkan ambisinya sebagai "pembunuh" Toyota Avanza di segmen Low MPV, sebab mereka berhasil memegang keunggulan tipis dibandingkan pesaingnya yang "hanya" terjual 14.316 unit di dua bulan pertama 2018.

Di IIMS 2018, secara keseluruhan Mitsubishi menargetkan penjualan sebanyak 2.000 unit. Target tersebut melonjak 60 persen dibandingkan target 1.200 unit pada IIMS 2017 silam, meskipun realisasinya Mitsubishi berhasil melego 1.429 unit di ajang tersebut, kala itu masih mengandalkan Pajero Sport sebagai tulang punggung utama penjualan.

PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia mematok target penjualan produk terbaru mereka, New Triton Athlete, bisa mencapai 50 unit per bulan. Hal itu disampaikan oleh Direktur Divisi Pemasaran dan Penjualan MMKSI, Irwan Kuncoro, di sela-sela penyelenggaraan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Kamis (19/4), kala Mitsubishi meluncurkan Triton Athlete. "Targetnya 50-an unit per bulan," kata Irwan.

Angka tersebut masih tergolong kecil dibandingkan jumlah penjualan Triton yang berada di angka 900-an unit per bulan. Padahal, Triton Athlete, dihadirkan sebagai percobaan berikutnya bagi Mitsubishi untuk merebut hati kalangan pehobi pick-up double-cabin. Pasalnya, penjualan Triton masih lebih dari 80 persen disokong oleh sektor fleet ataupun semi-privat.

BERITA TERKAIT

Suzuki Indonesia Resmikan Jimny 3-Door

NERACA Jakarta – Masih tingginya pasar SUV (sport utility vehicle) di Indonesia maka produsen otomotif terus melakukan inovasi dalam memperoduksi mobil…

Daihatsu Tutup Kuartal I 2024 Dengan Kenaikan Penjualan Bulanan 17,1%

NERACA Jakarta – Menutup Kuartal I 2024, Daihatsu kembali catatkan raihan penjualan positif sejalan dengan kenaikan pasar otomotif nasional. Secara…

Hino Ranger Solusi Optimal untuk Pengangkutan Efisien

NERACA Jakarta – Hino Ranger telah lama menjadi pilihan utama dalam industri pengangkutan berat, terkenal karena kinerja andal dan desain…

BERITA LAINNYA DI Otomotif

Suzuki Indonesia Resmikan Jimny 3-Door

NERACA Jakarta – Masih tingginya pasar SUV (sport utility vehicle) di Indonesia maka produsen otomotif terus melakukan inovasi dalam memperoduksi mobil…

Daihatsu Tutup Kuartal I 2024 Dengan Kenaikan Penjualan Bulanan 17,1%

NERACA Jakarta – Menutup Kuartal I 2024, Daihatsu kembali catatkan raihan penjualan positif sejalan dengan kenaikan pasar otomotif nasional. Secara…

Hino Ranger Solusi Optimal untuk Pengangkutan Efisien

NERACA Jakarta – Hino Ranger telah lama menjadi pilihan utama dalam industri pengangkutan berat, terkenal karena kinerja andal dan desain…