Jasindo Telah Layani Asuransi untuk 47.755 Nelayan - Sulawesi Selatan

NERACA

Makasar - PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero) atau Jasindo telah mengasuransikan dalam kurun tahun 2017 sebanyak 47.755 nelayan di Provinsi Sulawesi Selatan. Wakil Ketua Jasindo Cabang Makassar Wahyu di Makassar, Rabu (18/4), mengatakan pihaknya bisa berharap kembali untuk mendapatkan kucuran anggaran dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dalam upaya melayani kebutuhan nelayan yang belum terdaftar asuransi itu.

"Untuk asuransi nelayan memang tidak sama dengan produk asuransi lain karena waktu layanannya terbatas. Kami belum tahu apakah bisa melayani kembali asuransi nelayan tahun ini karena masih menunggu anggaran dari Kementerian Kelautan dan Perikanan," ujarnya.

Ia menjelaskan PT Jasindo Makassar selama dua tahun terakhir ini telah dipercaya untuk memberikan layanan asuransi bagi nelayan di Sulawesi Selatan. Menurut dia, anggaran asuransi nelayan itu biasanya baru dikucurkan pada bulan September dan berakhir hingga Desember. "Makanya untuk triwulan ini memang belum ada yang tercatat dalam data kami," ujarnya.

Ia menyebutkan jaminan yang ditanggung dalam asuransi tersebut antara lain nelayan yang mengalami kecelakaan dan memerlukan biaya pengobatan, mengalami cacat tetap, meninggal dunia karena kecelakaan dalam bekerja, dan nelayan meninggal yang disebabkan bukan karena aktivitas penangkapan ikan.

Nelayan yang memiliki asuransi mendapatkan santunan kecelakaan akibat melakukan aktivitas penangkapan ikan sebesar Rp200 juta apabila meninggal dunia, dan sebesar Rp 100 juta apabila mengalami cacat tetap dan untuk biaya pengobatan sebesar Rp20 juta.

BERITA TERKAIT

KPPU: Pentingnya Competition Compliance untuk Asosiasi

KPPU: Pentingnya Competition Compliance untuk Asosiasi NERACA Jakarta – Untuk ketiga kalinya, Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menyelenggarakan executive forum…

Maybank Sediakan Fasilitas Pinjaman Rp3 Triliun untuk AP II

      NERACA   Jakarta - PT Bank Maybank Indonesia Tbk (Maybank Indonesia) meningkatkan kemitraan strategis dengan PT Angkasa…

Bank Dunia Tawarkan Utang untuk Rekonstruksi Bencana

      NERACA   Bali - Bank Dunia menyiapkan bantuan pinjaman sebesar satu miliar dolar AS untuk membantu Indonesia…

BERITA LAINNYA DI INFO BANK

Titik Keseimbangan Rupiah Di Posisi Rp15.000

      NERACA   Jakarta - Ekonom Agustinus Prasetyantoko menilai level Rp15.000-an per dolar AS saat ini merupakan titik…

Peringkat Daya Saing Indonesia Diurutan ke 45

    NERACA   Jakarta - Indeks Daya Saing Global atau Global Competitiveness Index 4.0 dengan metodologi baru edisi 2018…

BI Perkirakan Anggaran Penerimaan Operasional Naik 7,9%

    NERACA   Jakarta - Bank Indonesia (BI) memperkirakan anggaran penerimaan operasional meningkat 7,9 persen menjadi RpRp29,1 triliun pada…